Pelepasan atau Penglepasan ?

Pelepasan atau Penglepasan ? Menjadi sesuatu yang setiap tahunya diperdebatkan, nah kita cek yuk bersama – sama arti dari masing – masing kata

Beberapa bulan kedepan akan bermunculan status di medsos tentang ” Pelepasan” siswa baik SD,SMP,SMA jika melihat di baner – baner yang mereka unggah sering terlihat kata ” Penglepasan ” dari situ timbul pertanyaan apakah yang benar kata “Pelepasan” atau ” Penglepasan”. Mimin penasaran akhirnya hal tersingkat masuk ke web daring KBBI. Akhirnya muncul jawaban seperti gambar diatas. Kata Penglepasan dalam KBBI daring tidak diketemukan arti, sedangkan kata Pelepasan terdapat definisi sebagai berikut :

lepas » pe.le.pas.an

  1. n proses, cara, perbuatan (hal dan sebagainya) melepas(kan)
  2. n pemecatan (dari tugas)
  3. n dubur; anus
  4. n Geo pengurangan atau penghilangan awan, baik secara alami maupun secara buatan.

Penjelasan lain mengenai perdebatan “pelepasan” dan “penglepasan” bisa ditemukan dalam sebuah artikel di Kompasiana yang ditulis kompasianer Eko Prasetyo. Dalam tulisannya berjudul Pelepasan atau Penglepasan? kompasianer Eko menyatakan bahwa jika imbuhan peng- + -an bertemu kata lepas, bentuknya adalah pelepasan. Inilah bentuk baku berdasar kaidah pembentukan kata dalam bahasa Indonesia. lepas —> pelepas —> pelepasan.(*) ( sumber : http://duajurai.co )

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Inggris SMA Kelas XII Kurikulum Merdeka Halaman 166

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.