Pengertian Gambar Poster kelas 6 Tema 6

Gurune.net –  Sob, kalian masih ingat pembahasan kita tentang cara membuat poster? Kalian masih ingat cara atau langkah-langkah membuat poster bukan? Nah, hari ini kita akan membahas mengenai Pengertian Gambar Poster. Yuk kita bahas bersama-sama.

Apakah yang dimaksud dengan poster?

Coba tuliskan pengetahuanmu tentang poster pada kolom berikut!

Poster adalah karya seni yang berbentuk gambar dan tulisan yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat yang nelihat. Poster biasanya ditempel di dinding atau papan pengumuman yang mudah dilihat oleh orang.

Perhatikan gambar poster berikut!

Pengertian Gambar Poster

sumber: http://arkananugroho.blogspot.com/2015 tanggal 3 Juli 2017 pukul 20.35 WIB

Pernahkah kamu melihat gambar yang serupa dengan gambar tersebut?

Ya saya pernah melihat gambar yang serupa dengan gambar tersebut.

Di manakah kamu melihat gambar tersebut?

Saya melihat gambar tersebut di papan majalah dinding yang ada di sekolah

Pengertian Gambar Poster

Gambar tersebut merupakan poster. Poster adalah plakat yang dipasang di tempat -tempat umum. Poster umumnya berisi gambar, pesan, atau informasi tentang  suatu topik bagi para pembacanya.

Apabila informasi atau gambar pada poster mudah dipahami oleh pembaca, maka poster tersebut dapat dikatakan baik dan informatif. Poster banyak dijumpai di tempat-tempat umum yang strategis.

Contohnya di rumah sakit, puskesmas, sekolah, kantor, atau pusat-pusat perbelanjaan. Poster pada gambar tersebut memberikan informasi kepada kita tentang pubertas pada anak laki-laki. Selain itu, poster tersebut juga memberikan informasi tentang cara menyikapi pubertas. Pubertas terjadi pada anak laki-laki dan perempuan.

Unsur yang Harus diperhatikan dalam membuat poster

Perhatikan kembali gambar poster tersebut. Untuk membuat poster, terdapat berbagai unsur yang harus diperhatikan. Berikut unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam pembuatan poster.

1. Judul

Judul poster harus singkat, padat, dan jelas. Judul poster juga harus mencakup keseluruhan isi poster. Selain itu, perhatikan juga ukuran huruf yang digunakan dalam membuat poster. Judul poster sebaiknya dapat terbaca dari jarak sekitar 2 meter. Contoh judul poster yang dapat dibuat adalah Cara Menyikapi Ciri-ciri Pubertas.

2. Informasi (Isi)

Isi poster berisi penjelasan tentang judul poster. Isi poster sebaiknya dibuat dalam bentuk poin-poin sehingga lebih efektif dan efisien. Ukuran huruf yang digunakan dalam isi poster juga harus diperhatikan. Isi poster sebaiknya dapat terbaca dari jarak sekitar 1 meter. Contoh isi poster yang dapat dibuat berdasarkan judul di atas yaitu pengertian pubertas, ciri kelamin sekunder pada pubertas, dan cara  menyikapi ciri-ciri pubertas.

3. Gambar

Gambar membuat poster menjadi lebih menarik. Selain itu, gambar juga memperjelas isi poster. Carilah atau buatlah gambar yang sesuai dengan judul poster. Hal tersebut bertujuan agar gambar poster sesuai dan dapat memperjelas isi poster.

4. Sumber (Daftar Pustaka)

Informasi dan gambar yang digunakan dalam pembuatan poster dapat berasal dari berbagai sumber. Sumber-sumber tersebut dapat berasal dari buku atau internet. Pada bagian sumber (daftar pustaka) ini, cantumkanlah sumber-sumber pustaka dari isi dan gambar yang digunakan dalam poster. Contoh penulisan daftar pustaka dari buku dengan satu orang penulis sebagai berikut.

Nama penulis. Tahun. Nama buku. Kota penerbit: Nama penerbit.

Nama penulis ditulis nama belakangnya terlebih dahulu, lalu diikuti tanda koma dan nama depan penulis. Judul buku ditulis miring (italic).

Kamu sudah mengetahui unsur-unsur poster. Kemudian, bentuklah kelompok yang terdiri atas empat anak. Diskusikan bersama kelompokmu tentang kerangka  perencanaan) poster dengan tema pubertas.

Kamu dapat mengembangkan tema tersebut untuk dibuat judul. Contohnya tentang tanda-tanda pubertas, cara  mengatasi permasalahan pubertas dari sisi kesehatan, serta cara mengatasi atau permasalahan pubertas dari sisi perilaku atau sikap.

Tulislah juga nama-nama anggota kelompokmu dalam kerangka (perencanaan) poster tersebut. Tuliskan perencanaan kelompokmu pada selembar kertas. Kemudian, kumpulkan pada gurumu. Jika kamu telah memasuki masa pubertas, isilah masa-masa itu dengan kegiatan yang positif.

Apa kegiatan positif yang dapat kamu lakukan?

Kegiatan positif yang dapat saya lakukan adalah belajar dengan giat. Mau mempelajari kegiatan atau pengetahuan baru yang berguna bagi masa depan. Serta aktif dalam kegiatan kemasyarakatan.


Rancangan Poster

Demikianlah pembahasan materi kita tentang Pengertian Gambar Poster. Sekarang cobalah kalian buat rancangan poster. Dengan teman-teman kalian coba kalian buat rancangan poster yang berisi kegiatan positif yang dapat kalian lakukan pada masa puberitas. Catatlah rancangan kalian pada selembar kertas. Selamat berdiskusi.

Materi Terkait


Satu pemikiran pada “Pengertian Gambar Poster kelas 6 Tema 6”

Tinggalkan komentar