Perbedaan Universitas, Institut, Politeknik, Akademi, dan Sekolah tinggi

gurune.net – Perbedaan Universitas, Institut, Politeknik, Akademi, dan Sekolah tinggi . Halo sobat guru, perguruan tinggi di Indonesia ini mempunyai banyak model. Ada universitas, institute, politeknik, sekolah tinggi dan akademi. Apa perbedaannya? Apakah menunjukan kualitas dari perguruan tinggi tersebut?

Bagi sobat guru yang saat ini masih duduk di bangku SMA/SMK dan berencana melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, apakah sudah punya pilihan untuk memilih jenis perguruan tinggi yang mana?

Agar sobat guru bisa mempunyai pilihan yang tepat, Kali ini gurune akan membahas perbedaan universitas, institute, politeknik, sekolah tinggi, dan akademi. Menurut permendikbud-no-7-tahun-2020 , masing-masing model perguruan tinggi mempunyai ciri-ciri khusus. Berikut penjelasannya :

Universitas

Universitas menyelenggarakan jenis pendidikan akademik, dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi, dan/atau profesi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada universitas ini , menyelenggarakan program diploma tiga hingga doktor termasuk program profesi

Universitas mempunyai paling sedikit 5 (lima) Program Studi pada program sarjana yang mewakili 3 (tiga) Program Studi :

a) rumpun ilmu alam,
b) rumpun ilmu formal
c) rumpun ilmu terapan

yang meliputi pertanian, arsitektur dan perencanaan, teknik, kehutanan dan lingkungan, kesehatan, dan transportasi,

selain itu juga memiliki 2 (dua) Program Studi dari :

a) rumpun ilmu agama,
b) rumpun ilmu humaniora,
c) rumpun ilmu sosial, dan/atau rumpun ilm terapan

yang meliputi bisnis, pendidikan, keluarga dan konsumen, olahraga, jurnalistik, media massa dan komunikasi, hukum, perpustakaan dan permuseuman, militer, administrasi publik, dan pekerja sosial.

Contoh : Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada , Universitas Negeri Semarang, Universitas Sriwijaya, dll

Institut

Institut menyelenggarakan jenis pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dan/atau profesi dalam sejumlah rumpun ilmu pengetahuan dan teknologi tertentu.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal OSN SD Mapel IPA

Seperti universitas, Institut juga menyelenggarakan program diploma tiga hingga program doktor termasuk program profesi, yang terdiri atas paling sedikit 3 (tiga) Program Studi pada program sarjana.

Contoh nya ; ITB , IPB , Itera , Itenas

Sekolah Tinggi

Sekolah tinggi hanya terdiri dari satu fakultas, dan terbagi menjadi beberapa jurusan yang berkaitan dengan fakultas tersebut.

Misalnya Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi. Sekolah tinggi ini hanya menyediakan jurusan-jurusan yang berkaitan dengan Fakultas Komunikasi, seperti Humas (Hubungan Masyarakat), Penyiaran, Periklanan, dan sebagainya.

Contoh sekolah tinggi di Indonesia adalah ; Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) .

Politeknik

Selanjutnya , politeknik ialah perguruan tinggi yang hanya menyediakan pendidikan berbasis vokasi sehingga politeknik tidak menyelenggarakan pendidikan akademik.

Politeknik ini memiliki visi dan misinya sendiri menyiapkan peserta didiknya menjadi lulusan dengan kemampuan profesional yang mampu menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar bisa bersaing dengan para lulusan di perguruan tinggi di dunia pekerjaan.

Contohnya : Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Bandung (Polban),  Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dan masih banyak lagi.

Politeknik mempunyai paling sedikit 3 (tiga) Program Studi pada program diploma tiga dan/atau program diploma empat atau sarjana terapan.

Akademi

Perbedaan universitas institut politeknik akademi dan sekolah tinggi

Akademi adalah perguruan tinggi dengan hanya menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi yang terdiri satu atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni tertentu.

Perbedaan antara akademi dan politeknik ialah jika politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi yang berasal dari beberapa rumpun ilmu. Sedangkan akademi hanya menyelenggarakan pendidikan vokasi dari satu cabang ilmu.

Akademi paling sedikit 1 (satu) Program Studi pada program diploma tiga.

Baca Juga :  Perubahan Energi dan Pemanfatannya

Contoh akademi di Indonesia adalah : Akademi Kepolisian Republik Indonesia (Akpol), Akademi Militer Republik Indonesia (Akmil).

Penutup

Demikian penjelasan tentang Perbedaan Universitas, Institut, Politeknik, Akademi, dan Sekolah tinggi. Semoga sobat guru yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tidak akan salah pilih. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.