Poster Cinta Lingkungan

Setelah membacanya dengan saksama, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

  1. Berkisah tentang apakah puisi tersebut?

Puisi tersebut berkisah tentang menjaga dan melestarikan alam

  • Usaha apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga alam?

Usaha yang harus dilakukan untuk menjaga alam antara lain: membuang sampah pada tempatnya, tidak mencemari sungai, melakukan reboisasi, memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tumbuhan, tidak melakukan perburuan liar

  • Mengapa alam dalam puisi di atas disebut sebagai ibu?

Alam disebut sebagai ibu karena alam merupakan tempat dimana manusia dibesarkan dengan segala apa yang ada didalamnya, yang diberikan kepada manusia agar dapat bermanfaat. Seperti ibu yang selalu dapat menjadi tempat untuk tinggal dan memberikan segalanya bagi anak-anaknya.

Tahukah Kamu

Deklamasi merupakan salah satu cara membacakan puisi tanpa menggunakan teks puisi. Biasanya, orang yang mendeklamasikan puisi harus menghafalnya terlebih dahulu.

Membaca puisi memerlukan pelafalan yang jelas dan intonasi yang tepat. Selain itu, pemenggalan kalimat juga harus diperhatikan. Dengan demikian, puisi tersebut akan enak didengar dan mudah dipahami isinya.

Contoh menentukan jeda:

Kau // adalah / para penyelamat negeri //

Catatan:

  1. / berhenti sebentar untuk bernapas, biasanya pada koma atau di tengah baris.
  2. // berhenti agak lama/biasanya koma di akhir baris yang masih berhubungan dengan baris berikutnya.
  3. /// berhenti lama sekali biasanya pada titik baris terakhir atau pada akhir puisi.

Ayo Mencoba!

  • Bacalah kembali puisi “Penjaga Alamku”.
  • Berikan tanda jeda pada bagian-bagian yang diperlukan.
  • Latihkan kembali cara membacanya dengan menggunakan tanda jeda yang kamu buat.
  • Jika kurang tepat kamu dapat memindahkan tanda jeda tersebut.
  • Hafalkan dan deklamasikan puisi tersebut. Kali ini, minta teman sebangkumu untuk memerhatikan tanda jedanya pada saat kamu mendeklamasikannya.
  • Lalu, deklamasikan puisi tersebut di depan kelas dengan percaya diri.

Tahukah Kamu

Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan hidup seluruh warga penduduknya. Sumber daya alam hayati dan sumber daya alam mineral dalam berbagai rupa tersedia melimpah di Indonesia. Akan tetapi, tidak berarti sumber daya alam itu dapat dikuras habis untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Sumber daya alam mineral merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Jenis sumber daya alam tersebut memerlukan waktu yang sangat lama dalam pembentukannya. Waktunya tidak sebanding dengan cepatnya sumber daya alam itu digunakan untuk kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam mineral yang dimaksud berupa batuan dan tambang. Batuan dapat berupa pasir, tanah liat, dan semen. Bahan tambang berupa emas, besi, batu bara, dan minyak bumi.

Sumber daya alam hayati berupa tumbuhan dan hewan yang menjadi sumber makanan manusia. Selain itu, tumbuhan dan hewan berperan untuk menjaga keseimbangan alam. Bencana alam yang terjadi salah satunya karena keseimbangan alam terganggu. Banjir di Jakarta karena sungai-sungai yang tidak dipelihara, dan dijadikan tempat pembuangan sampah. Hal ini menyebabkan kerugian yang sangat besar. Baik bagi manusia maupun bagi makhluk hidup lainnya.

Alam dan sumber daya alam memang harus dijaga agar lestari. Semua orang dapat melakukan sesuatu untuk menjaga dan memeliharanya. Jika alam rusak, manusia dan makhluk hidup lainnya akan kehilangan tempat tinggal dan sumber kehidupan. Oleh karenanya, manusia harus berusaha menjaganya. Salah satunya adalah dengan mengampanyekan usaha sederhana memelihara lingkungan melalui poster.

Ayo Berlatih!

Buatlah sebuah poster dengan memilih satu dari dua tema berikut.

  1. Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (tumbuhan)

sumber: lahartman.blogspot.com/2018/10/paling-keren-poster-melestarikan-sumber.html

  • Pentingnya melestarikan sumber daya alam hayati (hewan)

sumber: www.google.com/imgres

Bersama dengan teman sekelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut!

  1. Pilihlah salah satu tema yang tersedia.
  2. Carilah beberapa informasi tentang pentingnya sumber daya alam tersebut dengan menggunakan beberapa pertanyaan berikut.
  3. Bagaimana manusia dan makhluk hidup lainnya memanfaatkan sumber daya alam tersebut?

Memanfaatkan sumber daya alam sesuai dengan kebutuhan, mencari alternative sumber daya yang mudah untuk diperbarui kembali

  • Mengapa sumber daya alam tersebut harus dilestarikan?

Sumber daya alam harus dilestarikan agar sumber daya alam dapat terus terjaga keberadaannya dan tidak cepat habis

  • Akibat apa sajakah yang akan timbul jika sumber daya alam tersebut tidak dilestarikan?

Sumber daya alam yang tidak dilestarikan dapat mengakibatkan semakin menipisnya keberadaan sumber daya tersebut dan tidak menutup kemungkinan akan habis

  • Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjawab pertanyaan tersebut.
  • Rancanglah sebuah poster untuk menyampaikan pesanmu pada buku tulismu. Tuliskan kalimat yang mewakili pesan yang hendak kamu sampaikan. Rancanglah sebuah gambar yang akan mendukung isi pesanmu.
  • Gunakan kertas ukuran A3 untuk mulai memindahkan gagasanmu dari buku tulis ke kertas poster tersebut. Gunakan pensil warna untuk mempertegas pesan yang disampaikan. Bermainlah dengan paduan warna yang baik untuk memperkuat pesanmu. Lihatlah contoh poster di bawah ini untuk membantumu.
  • Tunjukkan hasil karya postermu di depan kelas dengan percaya diri.
  • Tempelkan postermu di gedung sekitar sekolahmu.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar