Rekomendasi Sekolah Pilot di Indonesia

gurune.net – Rekomendasi Sekolah Pilot di Indonesia . Halo sobat guru! Adakah sobat guru yang memilik cita-cita menjadi pilot? Kali ini gurune akan membahas sekolah pilot yang ada di Indonesia.

Sekolah pilot berbeda dengan teknik dirgantara dan teknik penerbangan. Sekolah pilot biasanya menjadi sekolah khusus yang berbeda dengan perguruan tinggi lain di Indonesia.

Tips Memilih Sekolah Pilot

Ada banyak pilihan sekolah pilot yang ada di Indonesia maupun diluar negeri. Tentunya sobat guru tidak ingin salah memilih agar bisa mendapat tempat belajar berkualitas.

Nah berikut ini adalah hal yang perlu dipertimbangkan ketika hendak memilih sekolah pilot:

1. Cek Lisensi apa saja yang ditawarkan

Sekolah pilot umumnya menawarkan lisensi dasar seperti PPL, CPL, IR, dan ME.

Dulu, lisensi ME (Multi Engine) bukan sesuatu yang penting untuk diambil saat masa sekolah. Namun beberapa tahun belakangan, lisensi ME menjadi salah satu pertimbangan maskapai dalam proses penerimaan pilot mereka.

Bahkan di 2019 ada maskapai yang meminta ATPL Frozen sebagai salah satu kriteria untuk melamar pekerjaan. Oleh karena itu, sobat guru disarankan untuk mengambil lisensi PPL, CPL, IR, ME, dan ATPL Frozen selama sekolah pilot.

Baca Juga :  Jawaban Dari Bacaan Konvensi Hak-Hak Anak Buku Siswa Kelas V Tema 6

2. Bahasa yang digunakan dalam pembelajaran

Seorang pilot harus bisa komunikasi dengan tower ATC (Air Traffic Controller) dalam bahasa Inggris walaupun penerbangan lokal. Sehingga untuk membiasakan dan melatih diri pada percakapan berbahasa inggris, carilah sekolah yang menggunakan bahasa Inggris dalam proses belajarnya.

3. Jam terbang yang didapatkan

Jam terbang bagi seorang calon pilot menjadi point yang paling dinilai. Semakin banyak jam terbang yang sobat guru miliki, artinya semakin banyak pengalamanya. Tentunya Ini bisa menjadi nilai plus terutama saat melamar kerja di maskapai.

Carilah sekolah yang menawarkan jam terbang misal 180 jam atau 200 jam lebih sehingga akan banyak memberikan pengalaman untuk sobat guru semua.

Berapa lama durasi sekolah pilot?

Umumnya durasi sekolah pilot antara 1 – 2 tahun, tergantung lisensi yang Anda ambil (PPL. CPL, IR, MER, atau bahkan hingga FI) dan fasilitas sekolah (jumlah pesawat latih dan traffic bandara).

Daftar Sekolah Pilot di Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya ada 7 rekomendasi sekolah pilot di Indonesia. Berikut daftarnya :

1. Bali International Flight Academy (BIFA)

Sekolah penerbangan BIFA menjadi pilihan paling favorit di Indonesia.

Tempat pelatihan penerbangan BIFA dilaksanakan di Bandara Buleleng Bali.
BIFA juga menawarkan program untuk empat lisensi, termasuk MER dengan durasi pelatihan dua tahun. Nantinya, Sobat guru akan mendapatkan program pelatihan Commercial Pilot License (CPL), lisensi pilot pribadi (PPL), dan izin terbang tambahan CPL (IR).

2. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug

STPI Curug juga dikelola langsung oleh Pemerintah. Lokasinya sendiri berada di Legok Kewedanaan Curug, Tangerang, Banten.

STPI Curug menawarkan empat program pendidikan, yaitu jurusan teknik penerbangan, keselamatan penerbangan, penerbangan, dan manajemen penerbangan.

Baca Juga :  Menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan

Proses seleksi yang diadakan oleh STPI Curug cukup ketat, karena hanya meluluskan sekitar 20 siswa berkualitas setiap tahunnya.

Saat ini STPI Curug memiliki beberapa Program Studi yang terdapat di 4 (empat) jurusan, yakni Jurusan Penerbangan, Jurusan Teknik Penerbangan, Jurusan Keselamatan Penerbangan, Jurusan Manajemen Penerbangan.

3. Aero Flyer Institute Tangerang

Sekolah penerbangan Aero Flyer sudah berdiri sejak 2006 dan menjadi salah satu sekolah pilot swasta paling tua di Indonesia.

Sekolah penerbangan ini bermarkas di Bandara Budiarto Tangerang. Pelatihan penerbangannya dilakukan di tiga lokasi, yaitu Bandara Budiarto Tangerang, Fatmawati Soekarno Airport Bengkulu, dan Bandara Cakrabhuwana Cirebon.

Aero Flyer Institute menawarkan empat program pelatihan, Commercial Pilot License (CPL), lisensi pilot pribadi (PPL), Instrumen Rating (IR), dan izin terbang pesawat multi-engine (MER).

4. Genesa Flight Academy Cilacap

Sekolah ini sudah berdiri sejak 2012 lalu.

Genesa Flight Academy menawarkan empat program pelatihan, seperti lisensi pilot pesawat komersial (CPL), izin terbang pesawat multi-engine (MER), Private Pilot License (PPL), dan Instrument Rating (IR).

Durasi pelatihan yang ditawarkan genesha lebih singkat dibandingkan sekolah lainnya . Genesa menyediakan program hanya dalam 14 bulan.

5. Nusa Flying International Bekasi

Nusa Flying International Bekasi telah berdiri sejak 2008. Saat ini, markas sekolah Nusa Flying berada di Kalimalang, Bekasi dan tempat pelatihannya dilakukan di Bandara Raden Inten II, Ahmad Yani Airport, dan Bandar Lampung.

Nusa Flying memberikan pelatihan Commercial Pilot License (CPL), Private Pilot License (PPL), dan Instrument Rating (IR). Perlu sobat guru ketahui, NFI belum menyediakan program pelatihan untuk lisensi MER.

6. Bandung Pilot Academy

Bandung Pilot Academy (BPA) menggunakan teknologi canggih dan pusat latihannya berada di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. BPA berdiri sejak tahun 2008.

Baca Juga :  Pengolahan Susu Sapi, Kelas 3 SD

BPA menawarkan program pelatihan dengan durasi yang cukup singkat, yaitu hanya 12 bulan.

Beberapa pelatihan yang diberikan di BPA ini adalah Commercial Pilot License (CPL), lisensi pilot pribadi (PPL), izin terbang tambahan CPL (IR), dan Multi-Engine Rating (MER).

7. Deraya Flying School

Sekolah penerbangan Halim ini sudah berdiri sejak 1972 dan menjadi yang tertua di Indonesia. Tempat pelatihan Deraya Flying School berada di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Deraya menawarkan dua paket program pendidikan, yaitu tiga lisensi dan empat lisensi.

Syarat masuk sekolah pilot

Berikut persyaratan umum masuk sekolah pilot baik di Indonesia maupun di luar negeri:
a. Umur minimal 17 tahun dan telah lulus SMA
b. Tinggi minimal 160 cm
c. Lulus tes kesehatan (MEDEX)
d. TOEIC minimal 400
e. Lulus tes aptitute (bakat terbang)
f. Lulus tes akademik (hanya di beberapa sekolah)
g. Lulus psikotes

Beberapa sekolah mempunyai persyaratan khusus. Jangan lupa cek pada laman resmi sekolah masing-masing atau datang langsung untuk mengetahui informasi lebih lengkap.

Penutup

Demikian informasi Rekomendasi Sekolah Pilot di Indonesia yang bisa gurune bagikan. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.