Ringkasan Bab Tekanan Gas. Materi IPA SMP Kelas 8

gurune.net – Tekanan Gas . Udara atau zat gas juga memiliki tekanan. Pada tekanan zat gas kita akan mempelajari bagaimana tekanan udara saat berada di ruang terbuka (seperti pegunungan, pantai, dataran renda) dan tekanan udara saat berada di dalam ruang tertutp (seperti tekanan pada bola, tekanan pada roda sepeda, tekanan pada balon)

Tekanan zat gas pada ruang terbuka

Tekanan udara standart disebut dengan tekanan atmosfer (atm) yang diukur di atas permukaan air laut dengan percobaan yang dilakukan oleh  Torricelli seorang fisikawan asal Italia menggunakan barometer air raksa

Ia menggunakan air raksa (Hg) sebagai zat cairnya, ketika barometer tersebut diletakkan di permukaan laut ternyata tinggi air raksa sebesar 76 cm. nilai ini kemudian yang pada sebagai tekanan atmosfer atau tekanan udara luar (P) dimana :

Tekanan zat gas pada ruang tertutup

Tekanan gas pada ruang tertutup biasa kita lihat saat kita akan memompa bola, bola yang awalnya kempes ketika di pompa akan mengembang menjadi lebih besar, pada saat memompa itu sebenarnya menggunakan prinsip hukum Boyle yakni “hasil kali antara tekanan dan volume gas pada ruang tertutup adalah tetap, asalkan tidak terjadi perubahan suhu”

Perhatikan ilustrasi gambar berikut :

sumber gambar : kemendikbud

Ketika air dalam enlemeyer ditutup dengan balon karet kemudian dipanaskan akan membuat balon karet mengembang. Hal ini dikarenakan partikel gas dalam erlenmeyer menerima kalor dari pemanasan, akibatnya gerakan partikel gas dalam enlemeyer semakin cepat dan terjadilah pemuaian sehingga tekanannya besar. Tekanan dalam enlemeyer diteruskan sama besar menuju balon, sehingga tekanan didalam balon lebih besar daripada tekanan gas diluar balon yang mengakibatkan balon mengembang.

Baca Juga :  Perajin Batik Osing

Prinsip tekanan gas juga dipakai pada pembuatan balon udara.

sumber : buku BSE IPA kelas 8

Balon udara dapat terbang karena massa jenis balon udara lebih rendah daripada massa jenis udara disekitarnya. Ketika bara api pembakar memanaskan udara dalam balon, berat balon menjadi lebih kecil dari gaya ke atas sehingga balon akan bergerak ke atas. Jika ingin turun, maka pemanasan udara dalam balon dikurangi atau dihentikan sehingga suhu udara dalam balon menurun. gaya ke atas pada balon adalah sama dengan berat udara dingin yang dipindahkan oleh balon tersebut.

Demikian ringkasan materi tekanan gas yang dipelajari pada Mata Pelajaran IPA SMP Kelas 8 Semester 2. Semoga Bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.