Ringkasan Bab Tekanan Zat Padat . Materi IPA SMP Kelas 8

gurune.net – mengapa pada waktu menancapkan paku runcing lebih mudah daripada paku tumpul? Atau pisau yang lebih tajam lebih mudah digunakan untuk memotong suatu benda? Atau pernahkah kamu melihat mobil yang diangkat menggunakan sebuah alat yang kecil di tempat pencucian mobil? Mengapa mobil tersebut bisa terangkat dengan alat sekecil itu? Ternyata hal tersebut dipengaruhi oleh tekanan dan luas benda.

Tekanan dipengaruhi oleh gaya (F) dan luas bidang (A). Semakin besar gaya yang diberikan pada benda, tekanan yang dihasilkan semakin besar pula. Semakin luas permukaan suatu benda, tekanan yang dihasilkan semakin kecil.

Secara sistematis, tekanan dapat dituliskan sebagai berikut :

Dengan :
P = tekanan (N/mdisebut juga pascal (Pa))
F = gaya (Newton)
A = luas bidang (m2)

Persamaan matematis di atas menunjukkan bahwa:

  • Tekanan berbanding lurus dengan gaya
    artinya ketika gaya yang bekerja semakin besar, maka tekanannya juga semakin besar dan ketika gaya yang bekerja semakin kecil, maka tekanannya juga semakin kecil.
  • Tekanan berbanding terbalik dengan luas permukaan
    artinya semakin besar luas permukaan atau bidang tekannya maka tekanannya semakin kecil dan ketika luas permukaan semakin kecil maka tekanannya semakin besar.

Contohnya ketika menggunakan pisau untuk memotong buah. Ketika kita memberikan tenaga pada pisau untuk memotong buah, artinya kita memberikan gaya pada pisau. Karena adanya gaya pada pisau, maka buah yang terkena pisau itu akan mengalami tekanan. Apabila luas permukaan pisau semakin kecil, tekanan yang dihasilkan semakin besar.

Pisau yang tajam memiliki permukaan yang kecil. Semakin tajam dan semakin kecil luas permukaannya, semakin besar pula tekanannya. Semakin besar tekanan yang terjadi pada buah, sehingga semakin mudah pula kita memotongnya.

Baca Juga :  Ringkasan Bab Tekanan Gas. Materi IPA SMP Kelas 8

Satuan tekanan

Satuan sistem intenasional (SI) dari tekanan adalah Pascal atau N/m2, akan tetapi satuan tekanan ini dapat dikonversikan (diubah) menjadi beberapa bentuk satuan lain seperti yang dituliskan berikut ini :

Tekanan 1 atm digunakan sebagai standart untuk tekanan udara luar (P0) yakni tekanan udara ketika di atas permukaan air laut.

Demikian ringkasan materi Tekanan pada benda padat. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.