Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Inspiratif : Kemdikbud RI

Dalam Kata Pengantarnya didalam buku RPP Inspiratif yang disusun oleh Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerangkan bahwa mereka merespon keluahan dari pendidik yang menyatakan bahwa beban administrasi terlalalu banyak dan berat, khususnya dalam menyusun RPP. 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Inspiratif : Kemdikbud RI

Beban banyak dan berat, sebetulnya hanya pendidi atau guru sendiri yang tahu, karena pendidiklah yang mengalami semua hal itu. 

Para guru atau pendidik merasa bahwa RPP yang dibuat selama ini memiliki komponen yang terlalu banyak oleh karena itu pusat kurikulum dan pembelajaran menyusun RPP Inspiratif untuk guru atau pendidik. RPP Inpiratif untuk pendidik yang dikeluarkan oleh kemdikbud merupakan RPP Satu Lembar dengan komponen utama tujuan pembelajaran, aktivitas dan asesment atau penilaian. 

Tujuan pembelajaran disarikan dari KD dan dirumuskan dengan kalimat yang mudah dipahami. Aktivitas berisi kegiatan aktif siswa selama pembelajaran. Sdangkan penilaian sebagai gambaran secara umum tagihan untuk mengukur ketercapaian KD.

Penyusunan RPP inspiratif yang dikeluarkan oleh pusat kurikulum dan perbukuan kemdikbud tidak hanya sekedar mengurangi banyaknya halaman menjadi satu halaman saja. 

Guru diberikan kemerdekaan menyusun RPP bukan karena banyaknya halaman, tetapi bagaimana mengonstruksi rencana itu secara global dan mudah dipahami dalam menerjemahkanya pada saat KBM berlangsung. Jika RPP inspratif ini masih diperdebatkan karena jumlah halamanya, pendidik atau guru perlu meninjau kembali profesionalismenya sebagai pendidik. 

Dengan adanya RPP Satu Lembar diharapkan tidak ada lagi keluhan diantara guru atau pendidik karena beban berat dalam administrasi.

RPP Inspiratif yang disusun pusat kurikulum dan perbukuan kemdikbud RI disusun dari PAUD, SD,SMP,SMA. 

Lebih jelas tentang RPP Inspiratif bisa sobat dapatkan dalam bentuk file yang bisa sobat download pada tautan dibawah ini.

Download RPP Inspiratif

Demikian pembahasan RPP Inspiratif yang disusun oleh Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar