Sekolah Fashion Designer di Indonesia

gurune.net – Sekolah fashion designer di Indonesia. Halo sobat guru! Adakah yang memiliki passion di dunia desainer dan fashion? Sekolah ini mungkin cocok untuk mendukung hobi dan passion sobat guru.

Pada sekolah Fashion Design, sobat guru tak hanya belajar tentang teknik desain baju, celana, atau rok. Tetapi dijurusan ini sobat guru akan belajar setiap produk fashion yang bersifat ready to wear, seperti topi, selendang, sepatu, bahkan tas.

Agar sobat guru bisa menghasilkan rancangan yang bagus, unik, dan fungsional dibutuhkan kreativitas dan kemampuan artistik yang cukup tinggi

Untuk menekuni bidang Desain Mode, tak hanya kemampuan untuk membuat model pakaian saja melainkan dibuthkan juga kemampuan untuk menggunakan berbagai jenis bahan atau tekstil.

Beberapa sekolah desain merupakan sekolah khusus yang terpisah dari perguruan tinggi negeri pada umumnya. Sekolah fashion biasanya merupakan cabang dari sekolah fashion lain di seluruh dunia.

Nah, berikut ini beberapa kampus di dalam negeri bidang Fashion atau Mode:

1.  ESMOD Jakarta

Dilansir dari laman resmi, Beberapa program yang ditawarkan ESMOD diantaranya Fashion Design & Creations (3 tahun), International Fashion Business (3 tahun), Fashion Design & Pattern Drafting (program intensif 1 tahun).

Selain itu, ESMOD juga membuka kelas kursus selama 4—6 minggu dari tingkat pemula sampai expert. Kursus yang tersedia di antaranya adalah kursus menjahit, desain, kebaya dan couture.

2. LaSalle College Internationalle

LaSalle Collage International Jakarta (LCI), merupakan salah satu perguruan tinggi fashion bertaraf internasional terbaik di Jakarta.
Sekolah ini merupakan bagian dari LCI Education yang berasal dari Kanada.

Baca Juga :  Apa Si Program 7K di Sekolah Dasar ?

LaSalle College menyediakan Program Diploma dan Program Internasional Bersertifikat.

Terdapat enam pilihan jurusan yang bisa kamu pilih, yakni Fashion Bisnis, Fashion Desain, Artistik Makeup, Digital Media Desain, Desain Interior, dan Fotografi.

Di Indonesia LCI memiliki dua kampus yang terletak di Jakarta dan Surabaya.

Selain pendidikan formal, LaSalle juga sering mengadakan kompetisi desain untuk melatih jiwa kompetitif bagi mahasiswanya.

3. Raffles Institute of Higher Education

Sekolah fashion ini berpusat di Singapura, namun saat ini memiliki 33 kampus yang tersebar di 13 negara Asia, Eropa, Arab, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, Raffles Institute of Higher Education terletak di Jakarta, Medan, dan Surabaya.

Raffles Design Institute di Indonesia menawarkan sejumlah program yang variatif. Seperti Fashion Design, Interior Design, Fashion Marketing & Management, dan Artificial Intelligence.

Selain itu Raffles Design Institute juga memiliki program master untuk Business of Administration.

4. Binus Northumbria School of Design

Binus Northumbria School of Design (BNSD) merupakan sekolah desain bertaraf international, kolaborasi antara BINUS UNIVERSITY dengan Northumbria University, Newcastle, Inggris.

BNSD memiliki empat jurusan yaitu Fashion Design, Fashion Management, Graphic Design New Media dan Interactive Digital Media.
Selain itu, BNSD merupakan satu-satunya sekolah desain di Indonesia yang memberikan dua gelar (dual-awards) S1 dari BINUS University dan Northumbria University

5. Bunka School of Fashion

Berdiri pada tahun 1919 di Tokyo Jepang, Bunka School of Fashion berekspansi ke Indonesia pada tahun 1977.

Bunka memiliki program Fashion Division yang dibuat untuk murid dasar hingga expert.

Di program ini, siswa bisa mempelajari pola, fashion design, teknik menjahit, pop cutting, fashion handicraft dan merchandising.
Selain itu Bunka School of Fashion memiliki 4 departemen yang terdiri diri Fashion Creation Department, Fashion Technology Department, Fashion Marketing and Distribution Department dan Fashion accessories and Textiles Department.

6. Akademi Seni Rupa dan Desain (ASRIDE) ISIWI

ASRIDE ISWI merupakan perguruan tinggi swasta yang berkonsentrasi di bidang fashion design dan terakreditasi diploma III.

Baca Juga :  Daftar Universitas negeri di Kendari dan Sekitarnya

Desainer papan atas di Indonesia banyak yang lahir dari ISWI, salah satu diantaranya adalah Susan Budiharjo yang kemudian mendirikan juga sekolah desain terbaik di Indonesia

7.  Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budiharjo

Sekolah fashion yang didirikan sejak tahun 1980 ini, menjadi salah satu sekolah mode berpengaruh di Indonesia lainnya. Didirikan oleh desainer kenamaan Susan Budihardjo, selain di Jakarta juga telah memiliki cabang di Surabaya, Semarang dan Bali.

Program yang tersedia di LPTB Susan Budiharjo adalah Textile Design Class, Fashion Design Class, Anatomy Drawing Class, Fashion History Class, Sewing and Pattern Making Class, Computer Design Class, Moulage Textile Design Industry, Fashion Research, Monumental Textile, Grading, Visual Merchandising dan Textile Printing.

Menariknya, di cabang LPTB Bali memiliki toko bernama ACAKACAK yang menampung kreasi alumni untuk dijual.

8. Istituto di Moda Burgo Indonesia

Dibentuk oleh Fernando Burgo pada tahun 1961 di Milan, Istituto di Moda Burgo resmi buka di Indonesia pada Agustus 2011.
Dilansir dari situs resminya, program diploma Istituto di Moda Burgo memiliki jurusan Fashion Design, Fashion Stylist, Dress Making, Pattern Making dan Accessories Design.

9. Arva School Of Fashion

Arva School Of Fashion merupakan salah satu sekolah yang membina mahasiswanya agar menjadi pengusaha yang handal.

Sekolah ini juga memiliki dua program studi yaitu, Pattern Making & Sewing dan Fashion Design. Para mahasiswa belajar dua program studi itu selama satu tahun.

Sekolah ini juga menyediakan beberapa kursus dengan waktu belajar yang lebih pendek seperti Islamic Fashion Design, Easy Sewing, Fashion Illustration, Kebaya dan Bridal.

Penutup

Demikian informasi Sekolah fashion designer di Indonesia. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :  Membuat Pertanyaan Dari Bacaan " Sembilan Bahaya Kabut Asap dan Cara Mengatasinya "

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.