Sumber Energi di Indonesia

Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak sumber energi. Sumber energi mulai dari minyak dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). Sumber-sumber energi tersebut tersebar di

seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia.nKesemuanya harus dimanfaatkan secara bijak demi kesejahteraan penduduknya.

A. Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut juga tidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya,

minyak dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam, dan hasil

tambang lainnya.

Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal dari tumbuhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun. Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.

B. Sumber Energi yang Dapat Diperbarui

Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara

terus-menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. Ada pula sumber energi yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia. Meskipun demikian, kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya. Contoh sumber energi ini adalah air, matahari, hewan dan tumbuhan.

A y o B e r l a t i h

Matahari merupakan sumber energi yang terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama makhluk hidup. Kegiatan ini akan memudahkanmu memahami manfaat energi matahari bagi kehidupan manusia.

Buatlah peta konsepnya dengan mengisi kolom kolom berikut.

Manfaat Energi Matahari:

  • Bagi Manusia: pembangkit listrik, kesehatan tulang, energi tanpa batas, proses pengeringan, penghilang rasa sakit paska operasi.
  • Bagi Hewan: menghangatkan tubuh, mempercepat pencernaan makanan, menguatkan tulang, petunjuk arah saat terbang, mengeringkan bulu.
  • Bagi Tumbuhan: proses fotosintesis, untuk pertumbuhan kecambah, membantu mengeringkan biji, membantu pertumbuhan bunga dan daun, mengaktifkan klorofil dalam tanaman.
  • Bagi Alam: memberikan suhu yang hangat bagi lingkungan, membantu proses daur air, membantu mengatur kelembaban lingkungan, penerangan alami, pengatur tata surya Galaksi Bima Sakti.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar