Tahapan Siklus Hidup Kucing dan Ayam

Apakah kamu memiliki hewan peliharaan seperti Udin? Apa saja hewan peliharaanmu itu? Bagaimana kamu memeliharanya? Amatilah hewan peliharaan di sekitarmu. Apakah hewan-hewan peliharaan itu mempunyai anak?

Perhatikan gambar beberapa hewan peliharaan berikut!

Gambar-gambar tersebut menunjukkan bahwa ada anak-anak hewan dan ada hewan yang sudah dewasa. Artinya, hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan. Ada tahapan-tahapan yang dilalui oleh hewan itu, dari anak-anak hewan menjadi hewan dewasa. Ayo, mencari tahu tahapan-tahapan pertumbuhan hewan!

Ayo Membaca!

Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Hewan dan manusia mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan membentuk sebuah siklus hidup atau daur hidup.

Hewan mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda. Ada jenis hewan yang mengalami perubahan bentuk disetiap tahap hidupnya. Namun, ada pula hewan yang tidak mengalami.

Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti mengalami metamorfosis. Sedangkan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti tidak mengalami metamorfosis.

Di antara hewan yang mengalami metamorfosis, ada hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, ada juga yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya dinamakan mengalami metamorphosis sempurna. Sedangkan hewan yang mengalami perubahan bentuk hanya pada beberapa tahap tumbuh kembangnya dinamakan mengalami yang tidak sempurna

(Sumber: IPA Kelas 4 SD, Pusbuk 2009)

Ayo Berdiskusi!

  1. Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!
  • Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar. Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.
  • Buatlah kesimpulan tahapan siklus hidup hewan.

Tahapan siklus hidup hewan sebagai berikut.

Tahapan siklus hidup kucing

  1. Anak kucing. Kucing dinamakan anak kucing ketika usia 0 – 16 minggu. Dalam masa itu anak kucing meminum ASI sebagai sumber makanan. Stelah 8 minggu gigi bayi sudah akan muncul dan bayi akan belajar makan makanan yang berjenis padat. Pada masa ini juga anak kucing mulai melakukan kontak yang sempurna, tetapi dalam permainan dan perilaku terhadap predator masih berkembang.
  2. Kucing ramaja. Kucing remaja dimulai dari usia 17 minggu sampai 1 tahun. Pada tahap ini kucing berkembang kea rah pendewasaan dan perilaku bermain mulai berkurang.pada tahap ini organ-organ reproduksi mulai berfungsi dengan baik dan terjadi kematangan seksual.
  3. Kucing dewasa. Fase dewasa berlangsung pada usia 1 – 6 tahun. Pertumbuhan kucing akan melambat dan berhenti. Diusia 3 tahun perkembangan sosialnya telah sempurna.

Tahapan siklus hidup ayam

  1. Telur. Telur merupakan wadah organic yang mengandung zigot dimana embrio kerkembang dan bertahan hidup dan akan menetas bila mencapai waktunya setelah melalui proses pengeraman.umumnya masa pengeraman akan berlangsung selama 21 hari.
  2. Anak ayam. Perkembangan anak ayam yang baru menetaas mulai dikenall saat berusia minimal 3 hari. Setelah hari ketiga anak ayam akan mulai menampakkan cir-ciri dari perubahan buku sayap.
  3. Ayam dewasa. Seekor ayam dewasa biasanya akan mulai memasuki masa reproduksi awal dalam hidupnya.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar