Tekanan Darah pada Sistem Peredaran Darah Manusia. Materi IPA SMP Kelas 8

gurune.net – Tekanan Darah pada Sistem Peredaran Darah Manusia. Darah pada manusia berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh melalui pembuluh darah . Peredaran darah agar mencapai ke seluruh bagian tubuh memerlukan tekanan. Tekanan yang terdapat pada pembuluh darah memiliki prinsip kerja seperti hukum Pascal. Hal ini karena tekanan pada pembuluh darah merupakan tekanan yang berada pada ruang tertutup.

Tekanan pada pembuluh darah berprinsip kerja seperti hukum pascal. Ketika jantung memompa darah, darah mendapat dorongan sehingga dapat mengalir melalui pembuluh darah kemudian memberi dorongan pada pembuluh darah yang disebut tekanan darah.

Agar tekanan darah tetap terjaga, maka pembuluh darah harus terisi penuh oleh darah. Bila terjadi kehilangan darah akibat kecelakaan atau penyakit, tekanan darah dapat hilang, sehingga darah tidak dapat mengalir menuju sel-sel di seluruh tubuh. Akibatnya, sel-sel tubuh akan mati karena tidak mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi.

Tekanan darah diukur menggunakan alat sphygmomanometer atau  tensimeter.

Pengukuran Tekanan darah

Tekanan darah diukur dalam pembuluh nadi (arteri) yang terdapat di lengan atas. Tekanan darah yang normal berkisar antara 120/80 mmHg.

Angka pertama disebut angka sistol menunjukkan tekanan saat bilik berkontraksi dan darah terdorong keluar dari bilik jantung melalui pembuluh arteri.

Angka kedua disebut angka diastole yaitu yang lebih rendah adalah hasil pengukuran tekanan saat bilik relaksasi dan darah masuk menuju bilik jantung, tepat sebelum bilik-bilik ini berkontraksi lagi,

Menurut Pascal tekanan yang diberikan kepada zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan besar yang sama. Dengan demikian, tekanan darah yang berada pada bagian aorta, akan sama dengan tekanan yang ada pada arteri atau pembuluh nadi yang ada di lengan atas atau di bagian tubuh yang lainnya.

Baca Juga :  Induksi Magnet dan Gaya Lorentz. Materi IPA SMP Kelas 9

Semoga bermanfaat!

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.