Temukan Pesan Pokok yang Terkandung di Dalam Hadist Riwayat Ahmad dari Dari Abu Naḍrah! Jawaban Aktivitasku 2 PAI Kelas 4 SD Halaman 17

Gurune.net – Temukan Pesan Pokok yang Terkandung di Dalam Hadist Riwayat Ahmad dari Dari Abu Naḍrah! Jawaban Aktivitasku 2 PAI Kelas 4 SD Halaman 17. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel ini akan disajikan informasi tentang kunci jawaban Aktivitasku 1 dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD Halaman 17 Kurikulum Merdeka.

Pembahasan yang lengkap dengan kunci jawaban ini terdapat pada materi Bab 1 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman. Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan terlebih dahulu pernyataan serta pertanyaan di bawah, lalu jawablah soal terkait.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sobat terhadap materi yang akan dibahas dalam bab ini. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya berikut ini.

(HR.Ahmad dari Dari Abu Naḍrah)

Artinya:

Telah menceritakan kepadaku orang yang pernah mendengar khutbah Rasulullah saw. ditengah-tengah hari tasyriq, beliau bersabda: “Wahai sekalian manusia! Rabb kalian satu, dan ayah kalian satu (maksudnya Nabi Adam). Ingatlah! Tidak ada kelebihan bagi orang Arab atas orang Ajam (non-Arab) dan bagi orang Ajam atas orang Arab, tidak ada kelebihan bagi orang berkulit merah atas orang berkulit hitam, bagi orang berkulit hitam atas orang berkulit merah kecuali dengan ketakwaan. Apa aku sudah menyampaikan?” mereka menjawab: Iya, benar Rasulullah saw. telah menyampaikan.” (HR.Ahmad dari Dari Abu Naḍrah).

Aktivitasku 2

Baca teks hadis dan fahami artinya dengan baik, kemudian temukan pesan pokok yang terkandung di dalamnya!

Jawaban:

Pesan pokok yang terkandung dalam hadis tersebut adalah persamaan hak antara semua manusia tanpa memandang ras, suku, atau warna kulit, dan bahwa satu-satunya hal yang membedakan manusia di antara satu sama lain adalah tingkat ketakwaan mereka kepada Allah SWT. Rasulullah saw. ingin menyampaikan bahwa semua manusia sama di hadapan Allah, dan tidak ada kelebihan apapun yang dapat diperoleh seseorang berdasarkan faktor-faktor seperti keturunan, bahasa, atau warna kulit. Pesan ini sangat penting dalam membangun sikap toleransi, persaudaraan, dan kesetaraan di antara semua manusia, serta menolak diskriminasi dan rasisme.

Baca Juga :  Jawaban Luas dan Keliling Bangun Gabungan

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang telah disajikan tentang kunci jawaban PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 17 Kurikulum Merdeka Bab 1 Mari Mengaji dan Mengkaji Q.S. Al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis tentang Keragaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Disclaimer:

  • Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  • Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  • Postingan ini tidak mutlak kebenarannya ya adik-adik.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.