6 Tipe Guru Yang di Sukai Siswa

gurune.net – 6 Tipe guru yang disukai siswa. Bagi seorang guru tentunya memiliki karakter dan keinginan yang berbeda – beda. Sebagian guru memilih cuek kepada siswanya dan tidak mau dekat dengan siswa dengan alasan kewibawaan. Akan tetapi banyak guru yang berusaha dekat dengan siswanya.

Alasan ingin lebih dekat dengan siswanya banyak juga. Salah satu keuntungan guru dekat dengan siswa yaitu guru lebih mudah memotivasi siswa, guru lebih bisa memahami karakteristik siswa.

Untuk yang kedua, usaha tersebut akan terasa mudah jika seorang guru memiliki 6 Hal ini.

7 tipe guru yang disukai siswa
tipe guru yang disukai siswa

6 Cara Agar Guru disukai Siswanya

Berikut cara yang sudah umum dilakukan guru agar mereka disukai siswanya.

Humoris

Cara pertama yang banyak dilakukan oleh guru – guru kita yaitu humoris. Apasi humoris…? Humoris adalah orang yang memiliki rasa humor, atau lucu. Sedangkan humor sendiri artinya sikap yang cenderung dilakukan untuk membangkitkan rasa gembira dan memicu gelak tawa. Istilah ini berasal dari istilah medis Latin kuno, yang mengajari bahwa keseimbangan cairan dalam tubuh manusia, yang dikenal sebagai humor, yang diatur oleh kesehatan dan emosi manusia. ( wikipedia ).

Lha untuk guru yang memiliki sifat seperti ini, pasti banyak dinantikan siswa. Sebab cara pembawaan guru tipe ini sangat menyenangkan. Pembelajaran tetap jalan, akan tetapi guru tipe ini bisa mencairkan suasana dan tawa.

Tentu sangat didambakan sekali guru seperti ini.

Ramah & Selalu Senyum

Siapa yang tidak menyukai dengan orang – orang yang selalu seyum dan penuh keramahan. Sebagai seorang guru wajib memiliki tipe ini jika ingin dekat dengan siswa dan teman sejawat.

Bisa dibayangkan, jika bertemu seorang guru yang bawaanya ” Cemeberut ” terus – terusan dan cuek dengan siswanya. Pasti akan menjadi bahan gunjingan siswa – siswanya, guru yang memiliki sifat tersebut banyak tidak disukai siswa.

Rapi dalam Dalam Bepenampilan

Guru sebagai sosok yang bisa digugu atau dipercaya dan ditiru atau ditirukan. Sosok guru dituntut untuk selalu berpenampilan yang rapi dan bersih dalam berpenampilan, baik dirumah maupun tempat tugas.

Rapi disini maksudhnya yaitu teratur,baik dan bersih. Guru dituntut untuk selalu berpenampilan rapi, sebab apa siswa adalah peniru terbaik. maka wajib bagi guru untuk menjaga penampilanya untuk tetap rapi.

Menguasai Materi Ajar

Untuk hal ini wajib dimiliki oleh seorang guru. Artinya apa, jika guru saja materi pembelajaran yang akan dia tidak paham apalagi anak. Maka menurutku Menguasai Materi Ajar menjadi hal dasar.

Siswa akan sangat mengagumi guru dengan tipe ini. Biasanya dibelakang mereka pada membicarakan kehebatan – kehebatan gurunya.

Penuh Kreatifitas ( Banyak Ide )

Guru yang kreatif membuat anak tidaklah bosan saat belajar. Banyak hal baru yang disampaikan saat mengajar.

Tidak hanya itu saja, biasanya guru tipe ini memberikan tugas yang unik dan menarik. Dan jenis tugas yang diberikan benar – benar disukai oleh anak. Maka guru dengan penuh kreatifitas saat mengajar menjadi salah satu tipe guru dambaan siswanya.

Rajin memberikan Nilai

Bagian ini sangat penting diperhatikan untuk rekan – rekan guru. Siswa sudah bersusah payah mengerjakan tugas, giliran jamnya guru tersebut tugas tersebut tidak jadi dikoreksi dan dinilai. Maka siswapun kesal dan kecewa.

Menjadi guru yang rajin menilai tugas anak, menjadi salah satu guru yang disukai siswa. Disini siswa menjadi merasa bangga, puas dan dihargai.

Itulah sob 6 Tipe guru yang disukai oleh siswa. Semoga guru – guru semua diIndonesia selalu ramah, murah senyum dan menjadi idola anak didiknya. Yuk baca artikel artikel gurune yang lain.

Satu pemikiran pada “6 Tipe Guru Yang di Sukai Siswa”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.