Tutorial Desain Grafis Untuk Anak SD

TUTORIAL DESAIN GRAFIS UNTUK ANAK SD

Gurune.net – Menggambar adalah kegiatan yang paling dinanti oleh anak – anak di Sekolah Dasar di kelas. Kita Sebagi seorang guru harus bisa mengarahkan sifat dasar positif tersebut untuk bisa dikembangkan lebih tidak sekedar menggambar manual semata tapi lebih ke era sekarang yaitu belajar Desain Grafis melalui media komputer dan lainya. Kali ini gurune akan sedikit berbagi bagaimana caranya mengenalkan pembelajar grafis sederhana untuk anak Sekolah Dasar.

Sebelumnya gurune kenalkan dulu sob apa saja yang harus disiapkan. Pertama yang jelas laptop atau komputer,software grafis ( Photoshop, CorelDRAW, Inscape, Gimp dll ) bisa didownload dulu sob. Kali ini gurune akan menerangkan pembelajaran Desain grafis untuk anak SD lewat CorelDRAW dulu.CorelDRAW bisa digunakan untuk membuat logo, karakter animasi vektor, membuat brosur, desain kalender, poster, sketsa foto, dan hal-hal yang berkaitan dengan desain vektor lainnya. CorelDraw juga menyediakan template khusus yang memudahkan pengguna untuk membuat desain tertentu sesuai kebutuhan.

tampilan software corel draw

Sebelum dimulai gurune juga akan menyampaikan ni istilah – istilah yang harus kita sampaikan kepada anak. Fokus ke Corel Draw ya. Corel adalah software grafis yang berbasis vector sob apa yang dimaksud dengan vector? berdasarkan yang gurune kutip dari laman tekhnoslogi Gambar vektor adalah format file grafis berdasarkan ekspresi matematika yang terdiri dari titik (anchor point), garis (line), dan bentuk (shape).Gambar vektor juga punya istilah yang biasa disebut dengan anchor point. Maksudnya anchor point adalah setiap titik (node) saling dihubungkan untuk membuat bentuk-bentuk tertentu. Anchor point tersebut bisa ditambahkan, dihapus, atau dipindahkan jalur garisnya untuk membuat bentuk-bentuk tertentu sesuai keinginan.Gambar vektor tidak akan blur atau pecah ketika diperbesar. Ukuran aslinya akan tetap terjaga tanpa ada penurunan kualitas sedikitpun.

Dalam desain grafis, vektor biasa digunakan untuk membuat:

  • Logo
  • Icon
  • Illustrasi
  • Infografik
  • Font
  • Pattern
  • Element pada halaman website
  • Kartu nama, brosur, poster, dsb

Setelah perkenalanya selesai yuk kita mulai sob bagaimana si Pembelajaran Desain Grafis Untuk Anak SD yang pas?

Sebab kita mau mengajarkan ke anak yang jelas jelas masih pemula kita akan belajar yang mudah dulu saja sob.

Langkah – langkahnya :

Pertama

Jelas buka dulu sofware CorelDRAW nya sob, klik saja dua kali icont yang ada di dekstop laptop atau komputer sobat yang ada logo corelnya ya.

Kedua

Yang akan kita buat berupa desain kartun beruang ni. maka gunakan Tool Ellipse ada di bagian kiri sob tu ada contohnya di foto bawah

Ketiga

Buatlah dua elips dari Tool tadi sob. Ellipse Toll lihat contohnya dibawah ini..!

Keempat

Seleksi kedua objek elips tadi dengan cara pencet Shift+kedua objek tadi lalu lepas dan arahkan kursor ke bagian atas gunakan Tool Weld untk menggabungkan kedua objek tersebut. ada diatas biasanya sob ada contoh gambarnya.


Kelima

Selanjutnya buatlah lingkaran lagi ada 2 lingkaran sob satu kecil satu sedang


Keenam 

Warnai lingkaran yang nomer satu yasob dan lakukan juga seleksi lingkaran nomer 2  dengan tool fron minus back lokasi toolnya ada di samping weld yang tadi yasob.Selanjynya buat bagian muka sob sistemnya sama tuk setengah lingkaran dimuka juga dengan teknik potong menggunakan intersect

Ketujuh

Buatlah bagian mata satu persatu yasob gubakan ellipse Toll

Kedelapan

masih sama ni meneruskan bagian mata ellipse Toll

Kesembilan

Setelah jadi semua sisi kiri kita coba potong ya sob dengan crop Tool tujuanya adalah nanti kita akan mirordan dengan menduplikat hasil crop tadi.lihat gambar dibawah ya. Setelah di crop dan di duplikat lanjutkan ke miror tol kaya dibawah sob dan hasilnya gabungin ya

ini crop Tool sob

ini mirror

Kesepuluh

Finishing heheh tinggal warnai pakai fill colour yang banyak warnaya tusob samping apa bawa, kasih bingkai dan tulisan jadilah ” PANGUGUG ” hehehe gabungan PAnda dan GUGUG alias si anjing.

Selamat mencoba yasob. Jika bisa dipraktekan dikelas sampai jadi kabari yasob dari sekolahan mana. 

Tinggalkan komentar