Upgrade SSD atau RAM Pilih Mana Terlebih Dahulu

Upgrade SSD atau RAM Pilih Mana Terlebih Dahulu

Banyak orang mengirim pesan, Bang mending Upgrade RAM atau Ganti Harddisk ke SSD? Pertanyaan itu muncul karena mungkin teman saya ini memiliki budget pas-pasan sehingga baru mampu untuk membeli salah satunya saja.

Agar tidak salah pilih, maka anda harus cermat ketika melakukan upgrade spesifikasi Komputer PC ataupun Laptop. Hal ini agar hasil yang didapatkan maksimal sesuai budget yang dikeluarkan dan tidak ada upgrade yang sia-sia.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu RAM dan SSD beserta pengaruhnya dalam meningkatkan performa komputer. Simak artikel berikut ini…

RAM (Random Acces Memory)

RAM bertugas sebagai cache yang sangat cepat untuk CPU kamu dan sebagai penyimpanan data yang sangat sedikit dibandingkan HDD atau SSD. Ia hanya menyimpan data sementara dari kinerja sistem operasi dan data dari aplikasi yang sedang kamu gunakan.

Upgrade SSD atau RAM

Semakin banyak RAM yang kamu miliki, semakin cepat kamu mengakses apapun. Seperti yang sudah dikatakan di atas, RAM tidak menyimpan data secara permanen, ketika tidak ada aliran listrik yang masuk seperti saat kamu mematikan komputer, data yang disimpan di RAM akan hilang.

Poin intinya, dengan semakin besar RAM, kamu bisa semakin cepat mengakses apapun, maksudnya itu bukan seberapa cepat buka aplikasi dan file di Windows ya, namun lebih kearah seberapa banyak multitasking yang bisa dikerjakan oleh perangkat yang kamu gunakan, jadi misalkan nih saya menggunakan RAM 16 GB, dengan ukuran seperti itu, saya bisa membuka Tab di Chrome hingga Puluhan, dan membuka banyak aplikasi sekaligus. Jika RAM digunakan misalkan 4GB kebawah, diambil oleh system sekitar 1.5 – 2 GB maka sisa sekitar 2 GB, belum lagi RAM yang di Shared dengan VGA, jadi dengan RAM yang kecil tentunya akan sedikit mengurangi produktifitas dalam bermultitasking.

Baca Juga :  Generasi Processor Intel dari Generasi Pertama Hingga Terbaru

Lalu berapa RAM yang dibutuhkan untuk perangkat Windows 10?  menggunakan RAM Minimal 4 GB sudah sangat cukup jika hanya ingin menggunakan keperluan harian, seperti Browsing, Nonton Youtube, Edit Photoshop, atau Edit Videp Ringan, Main Game juga usah lumayan lah, namun itu tentunya sesuai dengan kebutuhan kamu juga, kamu punya RAM gede gede buat apa kalo cuma dipake buka Office, sama buka Google Chrome buat internetan.

Keuntungan Upgrade RAM

  • Menambah performa komputer dalam membuka banyak program
  • Mengatasi masalah berkaitan dengan Low memory
  • Meningkatkan kemampuan Multitasking
  • Menghindari bottleneck ketika CPU berjalan cepat namun tidak di imbangi dengan kapasitas RAM yang cukup (hal ini dapat menjadikan komputer lambat)

SSD (Solid State Drive)

Setelah mengenal apa itu RAM, kini kita bahas apa itu Solid State Drive atau biasa di sebut SSD. SSD adalah suatu perangkat penyimpanan data yang menggunakan modul Flash Memory berkecepatan tinggi dengan IC terintegrasi di dalamnya. Berbeda dengan harddisk, SSD tidak memiliki piringan (disk) didalamnya sehingga dinilai lebih tahan goncangan dan lebih cepat.

Karena adanya IC dan sistem memori, maka SSD dinilai lebih cepat hingga 20x lipat dari Harddisk konfensional. SSD sendiri ada beberapa jenis, ada yang paling murah yaitu tipe Sata, kemudian ada tipe socket M.2 Sata ada juga yang tercepat yaitu SSD tipe M.2 NVMe.

Upgrade SSD atau RAM. Samsung SSD 980 PRO PCIe 4.0 NVMe Gen 4 - 250GB

Karena memiliki kecepatan yang tinggi, hampir menyamai kecepatan RAM maka SSD dinilai dapat meningkatkan performa dan responsifitas perangkat komputer. Ketika kita membuka aplikasi atau game, hanya perlu waktu beberapa detik saja.

Semakin cepat SSD yang digunakan maka semakin responsif performa komputer ketika membuka program atau melakukan copy paste data.

SSD (Solid State Drive)

Keuntungan menggunakan SSD

  • Menambah performa komputer secara drastis, hingga 4x lipat dari sebelumnya
  • Mempercepat proses buka tutup program
  • Mempercepat booting
  • Meningkatkan kecepatan Copy Paste Data
  • Meningkatkan Kecepatan Render dan Save file
Baca Juga :  Download dan Cara Reset Printer L210

Mending Pilih RAM atau SSD?

RAM vs SSD, itulah pertanyaan utama nya. Menurut saya, itu tergantung kebutuhan anda. Apakah anda butuh komputer yang mampu membuka banyak program atau membutuhkan komputer yang cepat dan responsif.

Jika ingin komputer anda bisa membuka aplikasi atau game banyak secara bersamaan, maka upgrade ram adalah solusinya. Namun, jika anda ingin komputer anda lebih cepat dan responsif maka upgrade ke SSD solusinya.

Banyak orang yang keliru, ketika laptop atau PC mereka lemot dan sering lag, namun yang di upgrade adalah RAM. Sebenarnya tidak salah, ram tetap perlu namun itu tidak akan menambah kecepatan ataupun performa yang signifikan.

Harusnya, jika komputer atau laptop dirasa sudah lamban, maka utamakan untuk upgrade SSD terlebih dahulu, setelah itu baru upgrade RAM.

Kesimpulan Pilih Upgrade SSD Atau RAM Terlebih dahulu

Jadi, jika budget anda terbatas maka upgrade prioritas utama agar performa PC dan Laptop meningkat yaitu mengganti Harddisk dengan SSD. Hal ini dapat mengatasi perangkat komputer anda yang lemot dan sering not responding. Selain mengganti harddisk, anda dapat menggunakan keduanya, jadi anda menggunakan SSD sebagai Boot Drive (DISK C) dan Harddisk sebagai tempat menyimpan data (DISK D).

Setelah anda memiliki budget lebih, baru anda bisa mengupgrade RAM menjadi lebih besar agar performa multitasking meningkat.

tapi itu juga tergantung kebutuhan utama kalian apakah kalianlebih membutuhkan SSD atau RAM terlebih dahulu jiga budget kalian memadai pilih upgrade keduanya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.