Singkatan dalam bahasa inggris
Singkatan dalam bahasa inggris

12 Singkatan Bahasa Inggris yang Sering Muncul. Ini Maknanya!

gurune.net – 12 Singkatan Bahasa Inggris yang Sering Muncul. Ini Maknanya!. Halo sobat guru! Semakin derasnya arus globalisasi, berbahasa inggris kini menjadi hal yang lumrah. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, semuanya menggunakan bahasa inggris dalam  melakukan  percakapan sehari-hari hingga urusan formal pekerjaan.

Seringkali untuk mengefisienkan penulisan, beberapa istilah sering disebutkan dengan akronimnya. Pernahkah sobat guru mendapat pesan diawali dengan FYI, atau menjumpai singkatan lain seperi TBH, IMO, AKA, ASAP, dan lainnya?

Kali ini gurune berkesempatan untuk membahas akronim dalam Bahasa inggris. Check this out!

ASAP

ASAP merupakan singkatan dari ‘As Soon As Possible’ atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Secepat Mungkin’. Biasanya singkatan ini memberitahukan agar orang lain bisa sesegera mungkin melakukan sesuatu hal.

Contoh penggunaannya dalam kalimat berbahasa Inggris adalah :
a. Please send me the draft ASAP.
b. I need you to come to my room ASAP.

TBH

TBH merupakan singkatan dari ‘To Be Honest’ atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Sejujurnya’. Singkatan ini bisa kita gunakan ketika kita ingin menyampaikan sesuatu secara jujur.

Contohnya penggunaan dalam kalimatnya adalah :
a. TBH, I feel really lazy today and don’t wanna go to school.
b.  The party sucks, TBH!

FYI

FYI merupakan singkatan dari ‘For Your Information’ atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Untuk Informasi Anda’ atau “Informasi untuk Anda” . Singkatan ini kita gunakan ketika kita ingin seseorang mengetahui informasi yang kita ketahui. Biasanya kita menggunakan singkatan ini sebelum kita memberikan informasi kepada orang lain.

Baca Juga :  Jawaban Tempo Lagu Kupu-Kupu yang Lucu

Contoh penggunaan singkatan FYI dalam kalimat berbahasa Inggris.
a.  FYI, I will arrive in Jakarta tonigh.
b.  FYI, I’ll be flying to Yogyakarta tomorrow morning.

AKA

AKA merupakan singkatan dari ‘Also Known As’  atau “As Known As”. Dalam bahasa Indonesia memiliki arti  ‘Juga Dikenal Sebagai’. Singkatan AKA biasa kita gunakan ketika seseorang atau sebuah benda memiliki nama lain atau dikenal dengan sebutan tertentu.

Beberapa contoh penggunaan akronim ETA adalah :
a. Steve Jobs a.k.a The Founder of Apple Inc. died in 2011
b. Ridwan Kamil, a.k.a “Kang Emil”, is a governor of West Java.

ETA

ETA merupakan singkatan dari ‘Estimated Time of Arrival’ atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Perkiraan Waktu Kedatangan”. Singkatan ETA kita gunakan ketika kita ingin memberitahu seseorang perkiraan waktu akan tiba di tempat tujuan. Biasanya singkatan ini juga kita gunakan ketika kita mau mengunjungi sebuah tempat dan perlu menginformasikan kepada orang lain.

contoh penggunaan singkatan ETA dalam kalimat :
Their ETA is now 15 minutes. We should probably go to the railway station now

CMIIW

CMIIW merupakan singkatan dari “Correct Me If I’m Wrong”. Dalam bahasa, kita memaknainya dengan ‘mohon koreksi saya jika salah’. Singkatan ini bisa kita pakai ketika akan menyampaikan sebuah informasi yang memungkinkan adanya kesalahan. Sehingga kita meminta orang lain mengkoreksi dengan informasi yang benar.

IMHO / IMO

IMHO dan IMO merupakan singkatan dari “In My Humble Opinion” dan “In My Opinion”  . Singkatan ini biasa kita gunakan untuk mengungkapkan sebuah pendapat melalui pesan singkat. Keduanya memiliki arti ‘menurut pendapat saya’.

NM atau nvm

NVM merupakan singkatan dari Never Mind. Biasanya kita juga bisa menyingkat dengan nvm. Ketika kita menggunakan singkatan nvm, sobat guru perlu menuliskannya dengan huruf kecil. Sementara NM kita tulis dengan huruf besar.

Baca Juga :  Hukum Pemetaan Pikiran ( Mind Mapping )

Never mind sendiri bisa juga memiliki arti ‘sudahlah’ atau “tidak perlu dipikirkan” . Kata ini biasa kita gunakan untuk melupakan sesuatu hal dan biasanya bersifat negatif.

RSVP

Singkatan berikutnya adalah singkatan bahasa Inggris dengan kepanjangan bahasa Prancis. RSVP merupakan singkatan dari ‘Répondez s’il vous plaît’ atau yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Konfirmasi Untuk Kedatangan’.

Singkatan ini  digunakan ketika seseorang meminta sobat guru untuk mengkonfirmasi kedatangan ke suatu tempat atau acara. contoh penggunaan singkatan RSVP :
a. Please make sure that you include your name, phone number, and email address for the RSVP.
b. There will be no admission fee, but by invitation only, and an advance RSVP is required.

ICYMI

ICYMI merupakan singkatan dari “In Case You Missed It”. Singkatan ini memiliki arti ‘mungkin saja kau melewatkannya’ atau “Barangkali kamu terlupa”.  Biasanya singkatan ini kita gunakan ketika akan mengingatkan seseorang untuk hal-hal yang penting.

WDYT

Singkatan berikutnya yang juga sering kita temui adalah WDYT atau “What Do You Think”. Singkatan ini  yang memiliki arti ‘apa yang kau pikirkan’. WDYT biasanya digunakan ketika kita sedang meminta pendapat dengan orang lain terhadap sesuatu hal.

AFAIR

AFAIR merupakan singkatan dari “as far as I remember”. Singkatan ini digunakan saat kita hendak memberikan informasi, sedangkan Informasi yang kita berikan hanya sebatas yang kita tahu dan ingat.

Penutup

Nah, sobat guru! demikian informasi Singkatan Bahasa Inggris yang bisa gurune bagikan. Semoga dapat dipahami  dan bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.