Bacaan Bahaya Jajanan tidak sehat di Sekitar Sekolah

Gurune.net  – Sob, Apakah kamu termasuk anggota masyarakat yang peduli lingkungan? Peduli lingkungan yang bisa kamu lakukan di antaranya dengan menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, masih banyak kepedulian yang bisa kamu lakukan. Misalnya, ikut melestarikan adat dan budaya di lingkunganmu. Apakah peduli lingkungan merupakan kewajibanmu sebagai warga masyarakat? Apa bentuk kewajibanmu yang lain? Pada artikel Bacaan Bahaya Jajanan tidak sehat di Sekitar Sekolah, kita akan membahas bentuk kepedulian kita pada lingkungan. Yuk Kita bahas bersama.

Ayo Mencoba

Bagaimanakah kamu menjalankan kewajiban, baik di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat serta lingkungan bangsa dan negara? Coba ceritakan di depan teman-temanmu.

(Kalian ceritakan bagaimana kalian menjalankan kewajiban kalian di depan teman-teman. Ceritakan dengan bahasa yang jelas dan tegas. Kalian dapat menuliskan terlebih dahulu cara kalian menjalankan kewajiban kalian)

Ayo Berlatih

Tuliskan hal-hal berikut.

1.      Contoh kewajiban di rumah yang sudah kamu laksanakan.

Contoh kewajiban di rumah yang sudah dilaksanakan adalah

  • Belajar dengan giat
  • Membantu Orang Tua
  • Mematuhi nasehat oran tua dan menghormati mereka

2.      Manfaat yang kamu peroleh dengan melaksanakan kewajiban secara  bertanggung jawab.

Manfaat yang diperoleh adalah dapat melatih kita menjadi pribadi yang disiplin dan kita dapat memperoleh masa depan yang bagus.

3.      Hal-hal yang perlu diperbaiki dalam melaksanakan kewajiban.

Hal yang perlu diperbaiki adalah kita harus lebih disiplin dalam melaksanakan kewajiaban kita.

Tuliskan pada selembar kertas. Kemudian, ceritakanlah di depan teman-temanmu.

Setiap keluarga mempunyai peraturan yang dibuat secara bersama-sama oleh anggota keluarga dengan dipimpin kepala keluarga (ayah). Peraturan dalam keluarga mengikat semua anggota keluarga untuk melaksanakannya secara bertanggung jawab.

Dengan adanya kesadaran setiap anggota keluarga dalam melaksanakan kewajiban akan tercipta ketertiban, ketenangan, dan keharmonisan dalam keluarga. Kamu telah mengenal banyak kewajiban, baik kewajiban sebagai anggota keluarga, warga sekolah, maupun sebagai warga negara Indonesia.

Selain itu, kamu mempunyai kewajiban terhadap diri sendiri dan lingkungan. Contoh kewajiban terhadap diri sendiri adalah menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makan sehat. Cermati bacaan dengan judul “Bahaya Jajanan tidak sehat di Sekitar Sekolah”. Sebelum mencermati bacaan lakukan kegiatan berikut.

Ayo Berlatih

Ada bacaan dengan judul “Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah”. Coba temukan kata kunci pada judul tersebut. Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini.

Tuliskan juga perkiraan informasi yang terdapat pada teks berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.

(Kalian diminta untuk menuliskan kata kunci yang mungkin muncul dari judul bacaan Bahaya jajanan tidak sehat di sekitar sekolah. Dari judul diatas, kalian bisa menemukan kemungkinan kata kunci yang nantinya ada di dalam bacaan)

NoKata KunciPerkiraan informasi
1Jajanan Tidak SehatJajanan tidak sehat terbuat dari bahan bahan yang tidak baik untuk kesehatan
2Bahat KesehatanJajanan tidak sehat dapat membahayakan kesehatan kita

Ayo Membaca

Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah

Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah

Terik matahari seakan membakar siang. Sekelompok siswa SD berhamburan keluar dari sekolah. Di depan sekolah, berbagai jenis jajanan sudah berjajar menanti pelanggan ciliknya. Panasnya siang membuat para siswa tak segan merogoh uang di sakunya untuk membeli minuman dingin berwarna merah menyala. Sebagian lagi membeli bakso bertusuk lidi yang dicelup ke dalam saus yang tak kalah merah warnanya. Anak-anak tersebut tidak sadar betapa bahaya menanti mereka. Mereka tidak paham bahwa beberapa tahun ke depan merahnya sirup dan saus tersebut akan menggerogoti organ tubuh mereka.

Pengawasan Badan POM dalam lima tahun terakhir menunjukkan, masih banyak jajanan anak sekolah yang tidak sehat. Hasil pemantauan pangan jajanan anak berkisar 40-44 persen mengandung rhodamin, formalin, boraks, serta pemanis buatan dalam kadar tinggi seringkali ditemukan di antara jajanan di sekitar SD (Kompas, 31 Januari 2011). Sesungguhnya rhodamin adalah zat pewarna tekstil, sementara formalin adalah bahan pengawet yang juga dipakai untuk mengawetkan jenazah, dan boraks adalah bahan kimia yang kerap dipakai sebagai pencampur dalam pembuatan deterjen. Bayangkan reaksi organ tubuh kita ketika menerima bahan-bahan kimia berbahaya tersebut!

Lingkungan di sekitar sekolah patut mendapat perhatian khusus terhadap bahaya ini. Mengapa? Siswa sekolah dasar cenderung lebih mudah tertarik dengan makanan yang berwarna-warni cerah. Oleh karenanya, sangat diharapkan peran sekolah untuk menyediakan kantin yang menjual makanan sehat. Menyikapi hal ini BPOM menggalakkan aksi nasional menuju makanan jajanan anak sekolah yang aman, sehat, dan bergizi. Komunitas sekolah menjadi mitra yang akan  diberdayakan untuk bekerja sama menjalankan aksi ini. Untuk itu orang tua, siswa, dan sekolah perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya makanan bergizi serta mengenal tanda-tanda makanan yang tidak aman dikonsumsi. Mari kita ciptakan generasi sehat melalui makanan yang sehat!

Sumber: Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2015

Ayo Berlatih

Setelah membaca teks di atas apakah isi bacaan sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci berdasarkan perkiraanmu?

Ya, kata kunci yang saya perkirakan sebagian besar sesuai dengan bacaan tersebut

Kesimpulan

Mulai sekarang, perhatikan jajanan sekolah yang aman, sehat, dan bergizi demi memenuhi kewajibanmu menjaga kesehatan tubuh. Akan lebih aman, bawalah bekal dari rumah yang lebih sehat. Dengan demikian, kamu telah melaksanakan kewajiban terhadap diri sendiri.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar