Jawaban dari Bacaan Angsa dan Telur Emas

Angsa dan Telur Emas

Aesop

Alkisah, ada seorang petani sederhana memiliki seekor angsa. Angsa yang dimiliki petani bukan sekadar angsa biasa, melainkan angsa yang cantik dan istimewa. Keistimewaannya adalah angsa milik petani menghasilkan telur emas. Petani senang memiliki angsa istimewa itu. Setiap pagi petani bisa mengambil telur emas di kandang. Petani membawa telur emas dari angsa miliknya ke pasar. Petani menjual telur emas dengan harga tinggi. Dalam waktu singkat petani berubah menjadi kaya.

Kekayaan ternyata tidak membuat petani lebih bersyukur dan tetap rendah hati. Sebaliknya, kekayaan membuat petani serakah. Petani menginginkan angsa bisa menghasilkan telur emas lebih banyak lagi dalam waktu singkat. Petani tidak sabar dan ingin cepat menjadi orang kaya raya. Ketidaksabaran petani terhadap angsa miliknya muncul karena angsa hanya memberikan sebuah telur setiap hari. Petani merasa dia tidak akan cepat menjadi kaya dengan cara begitu.

Setiap hari sepulang dari pasar, petani menghitung uangnya. Suatu hari, setelah menghitung uangnya, sebuah gagasan muncul di kepala petani. Petani berpikir bahwa ia akan mendapatkan semua telur emas dalam diri angsa sekaligus dengan cara memotong angsa. Gagasan petani pun dilaksanakan. Betapa kaget dan sedihnya petani ketika tidak menemukan satu telur pun dalam perut angsa. Angsa istimewanya terlanjur mati dipotong. Hanya penyesalan yang bisa petani rasakan saat ini. Keinginan petani menjadi kaya raya semakin jauh dari angan-angannya.

Sumber: http://www.ceritakecil.com/cerita-dan-dongeng/Angsa-dan-Telur-Emas-54

Dari cerita diatas kita dapat mengambil hikah atau pembelajaran. Kita sebagai manusia harus mensyukuri yang sudah dimiliki. Jangan serakah hanya karena ingin cepat kaya. Sesungguhnya Tuhan sudah mengatur rezeki manusia. “Barang siapa yang telah memiliki sesuatu dengan berlimpah, tetapi serakah dan menginginkan yang lebih lagi, akan kehilangan semua yang dimilikinya”.

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan cerita “Angsa dan Telur Mas” di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

  1. Apa inti dari teks cerita tersebut?

Inti dari cerita tersbut adalah tentang seorang petani yang memiliki angsa istimewa. Angkas tersebut dapat bertelur emas setiap hari. Petani yang tamak ingin mendapatkan emas lebih banyak lagi agar cepat kaya dengan memotong angsa tersebut.

  • Siapakah tokoh utama dalam cerita tersebut?

Tokoh utama dalam cerita tersebut adalah petani

  • Bagaimanakah sikap yang dimiliki tokoh utama?

Sikap petani sebagai tokoh utama adalah tamak dan tidak pernah merasa cukup

  • Bagaimanakah seharusnya sikap tokoh utama atas nikmat yang sudah ia peroleh?

Sikap yang seharusnya dimiliki oleh petani adalah bersyukur dengan nikmat yang sudah diperoleh

  • Apa yang akan kamu lakukan jika menjadi tokoh utama dalam cerita tersebut?

Jika saya menjadi tokoh utama alam cerita tersebut, saya akan bersyukur terhadap rezeki yang saya peroleh dan akan merawat angsa tersebut dengan baik

Pada dasarnya, cerita fiksi adalah cerita rekaan. Isi cerita fiksi dibuat berdasarkan hasil olahan imajinasi atau daya pikir pengarangnya secara artistik dan intens. Cerita fiksi diwarnai oleh kultur, pengalaman batin, filosofi, religiositas, dan latar belakang pengarang lainnya. Selain itu, cerita fiksi diolah berdasarkan pandangan, tafsiran, kecerdikan, wawasan, dan penilaian pengarang terhadap berbagai peristiwa, baik peristiwa nyata maupun peristiwa hasil rekaan semata.

Ayo Berdiskusi

Banyak cerita fiksi yang dapat kamu baca di perpustakaan sekolah atau di toko-toko buku. Buatlah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, setiap anak mencari lima judul cerita fiksi, baik di perpustakaan sekolah, di toko-toko buku, maupun dari internet. Mintalah pendampingan kakak atau orang tua pada saat mengakses internet. Cerita yang diperoleh setiap siswa, hendaknya dibaca oleh 4 anak anggota kelompok. Setelah kelima anak membaca cerita yang diperoleh, berdiskusilah mengenai inti cerita. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kotak tabel berikut.

NoJudul CeritaTokoh dalam CeritaSifat Tokoh dalam CeritaInti Cerita dari Hasil Diskusi
1Angsa dan Telur MasPetaniSerakahCerita tentang seorang petani yang memiliki angsa istimewa. Angsa bertelur emas. Petani ingin angsanya banyak bertelur supaya ia cepat kaya.
2SangkuriangSangkuriang dan Dayang SumbiSangkuriang (pemarah), Dayang Sumbi (baik hati)Sangkuriang membangun sebuah bendungan, dengan sebuah siasat Dayang Sumbi menggagalkan usahanya. Sehingga Sangkuriang marah dan menjebol bendungan serta menendang perahu.
3Malin KundangMalin Kundang, ibu malin Kundang, Istri Malin KundangMalin Kundang(angkuh, pemarang), Ibu Malin Kundang (baik, sabar, penyayang), Istri Malin Kundang (percaya)Malin Kundang dikutuk ibunya menjadi batu karena durhaka dan tidak mau mengakui ibunya
4Bawang Merah Bawang PutihBawang Merah, Bawang Putih, Ibu Bawang MerahBawang Merah (iri hati), Bawang Putih (baik hati), Ibu Bawang Merah (iri hati)Bawang Putih mempunyai labu emas, dari nenek sihir karena iri Bawang Merah memintanya juga tetapi yang diperoleh Bawang Merah adalah labu berisi ular berbisa
5Lutung KasaungLutung Kasaung, PurbasariLutung Kasaung (suka menolong), Purbasari (baik hati)Purbasari di usir dari Istana dan bertemu dengan Lutung Kasarung. Dengan dibantu Lutung Kasarung, Purbasari berhasil merebut tahta kembali

Materi Terkait


Tinggalkan komentar