Buatlah Peta Konsep Tentang Salam Bersama Kelompok Kecilmu! PAI Kelas 4 SD Halaman 136

Gurune.net – Buatlah Peta Konsep Tentang Salam Bersama Kelompok Kecilmu! PAI Kelas 4 SD Halaman 136. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel ini akan disajikan informasi tentang materi jawaban tugas Buatlah Peta Konsep Tentang Salam Bersama Kelompok Kecilmu! dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD Halaman 136 Kurikulum Merdeka.

Pembahasan yang lengkap dengan kunci jawaban ini terdapat pada materi Bab 8 Aku Anak Saleh. Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan terlebih dahulu pernyataan serta pertanyaan di bawah, lalu jawablah soal terkait.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sobat terhadap materi yang akan dibahas dalam bab ini. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya berikut ini.

Lakukan aktivitas berikut bersama kelompok kecilmu!

Aktivitas Kelompok

Peta Konsep

1. Buatlah peta konsep tentang salam bersama kelompok kecilmu! Kalian dapat berkreasi dalam bentuk, warna, tulisan atau gambar. Kalian dapat menggunakan beragam media: kertas bekas, kertas karton, atau paparan menggunakan teknologi informasi.

2. Paparkan hasil belajar kelompokmu!

Buatlah peta konsep tentang salam bersama kelompok kecilmu!

Salam

Arti Salam

Salam artinya damai. Salam juga berarti pernyataan hormat, tabik, atau ucapan assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam bukan sekadar ungkapan kasih-sayang, tetapi memberikan juga alasan dan logika kasih-sayang yang diwujudkan dalam bentuk doa pengharapan agar anda selamat dari segala macam duka-derita. Tidak seperti kebiasaan orang Arab yang mendoakan untuk tetap hidup, tetapi Salam mendoakan agar hidup dengan penuh kebaikan.

Salam mengingatkan kita bahwa kita semua bergantung kepada Allah. Tak satupun makhluk yang bisa mencelakai atau memberikan manfaat kepada siapapun juga tanpa perkenan Allah.

Perhatikanlah bahwa ketika seseorang mengatakan kepada anda, “Aku berdoa semoga kamu sejahtera.” Maka ia menyatakan dan berjanji bahwa anda aman dari tangan (perlakuannya), lidah (lisannya), dan ia akan menghormati hak hidup, kehormatan, dan harga diri Anda.

Baca Juga :  Membuat Karya Kaligrafi Asmaulhusna, Jawaban Aktivitas Kelompok PAI Kelas 4 SD Halaman 29

Ucapan Salam

Assalamualaikum (bahasa Arab: ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ ʾas-salāmu ʿalaykum) merupakan salam dalam Bahasa Arab, dan digunakan oleh kultur Muslim.

Frasa lengkapnya adalah ʾas-salāmu ʿalaykum wa-rahmatu -llāhi wa-barakātuhū (ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ). Salam ini termasuk dalam sunnah Nabi Islam Muhammad. Untuk yang mengucapkan salam, hukumnya adalah Sunnah. Sedangkan bagi yang mendengarnya, wajib untuk menjawabnya dengan Wa’alaikumussalam.

Kapan Salam Disampaikan

Salam merupakan salah satu kebiasaan dan tradisi masyarakat beragama di Indonesia untuk kemudian disampaikan saat bertemu dengan orang lain. Adapun ucapan salam bagi setiap umat beragama memiliki sejumlah perbedaan. Namun, biasanya ucapan salam semua agama akan disebutkan dalam sambutan maupun pidato formal.

Jawaban Salam

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, salam berdasarkan agama Islam selalu diucapkan dalam setiap pembukaan acara. Salam juga selalu diucapkan oleh setiap umat Islam ketika bertemu. Meski salam sudah menjadi bagian dari keseharian umat Islam, namun masih banyak yang ragu apakah jawaban salam yang diberikan sudah benar atau belum.

Jawaban salam yang sering terdengar adalah waalaikumsalam atau waalaikumussalam.

Siapa yang Mendahului Salam

Rasulullah mendahului menyapa dan menyampaikan salam ketika bertemu dengan siapa pun, laki-laki, perempuan atau anak-anak. Menurut Rasul, orang yang memulai salam adalah orang yang paling utama di sisi Allah.

Rasulullah saw. juga mengajarkan, “Hendaklah orang yang berkendaraan memberi salam kepada orang yang berjalan kaki, orang yang berjalan kaki memberi salam kepada orang yang duduk, kelompok orang yang sedikit memberi salam kepada kelompok yang banyak, dan kelompok orang yang muda memberi salam kepada kelompok yang tua.” (Riwayat al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah r.a.).

Bagaimana Menyebarkan Salam dapat Menjadikan Kita Saling Menyayangi?

Salam berarti ucapan assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam berarti penghormatan atau tabik. Salam juga berarti damai. Ketika mengucapkan assalamu alaikum, di dalam benak kita juga berkata, “Saya menjaga keselamatanmu, maka kamu juga harus menjaga keselamatanku. Mari kita menjaga perdamaian.”

Baca Juga :  Materi dan Pembahasan Bacaan Mimpi Seorang Laskar Pelangi

Menyampaikan salam hukumnya sunnah. Jika mendengar ucapan salam, maka kita wajib menjawabnya. Berarti, “jika saya mengajak damai, maka kalian wajib menjaga damai juga.” Atau “jika kalian mengajakku damai, maka saya wajib menjaga damai juga.” Negara kita adalah negara yang beragam suku, bahasa, dan agama.

Walaupun berbeda-beda, kita tetap memiliki tujuan yang sama, yaitu Indonesia yang aman dan damai. Kita wajib menjaga negara kita agar tetap aman dan damai.

Mengapa Perlu Menyampaikan Salam?

Dengan mengucapkan salam, berarti seseorang telah mendoakan orang lain agar selamat. Salam juga merupakan bentuk sapaan terhadap orang lain. Islam sangat menganjurkan untuk mengucapkan salam, mengingat ucapan salam di dalamnya terkandung doa. Salam dalam hal ini mengandung dua hal sekaligus yaitu doa dan sapaan.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang telah disajikan tentang kunci jawaban PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 136 Kurikulum Merdeka bab 8 tentang Aku Anak Saleh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Disclaimer:

  • Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  • Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  • Postingan ini tidak mutlak kebenarannya ya adik-adik.
Ngabdul Manan

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Buatlah Peta Konsep Tentang Salam Bersama Kelompok Kecilmu! PAI Kelas 4 SD Halaman 136 yang dipublish pada 2023-01-28 di website Gurune.net

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.