Kunci Jawaban Sifat-Sifat Rasul, PAI Kelas 4 SD Halaman 121

Gurune.net – Kunci Jawaban Sifat-Sifat Rasul, PAI Kelas 4 SD Halaman 121. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel ini akan disajikan informasi tentang materi Sifat-Sifat Rasul dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 121 Kurikulum Merdeka.

Pembahasan yang lengkap dengan kunci jawaban ini terdapat pada materi Bab 7 tentang Sifat-Sifat Rasul. Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan terlebih dahulu pernyataan serta pertanyaan di bawah, lalu jawablah soal terkait.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sobat terhadap materi yang akan dibahas dalam bab ini. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya berikut ini.

Sifat-Sifat Rasul

Allah mengangkat seseorang menjadi rasul, karena memiliki empat sifat yang baik. Tahukah kalian, apa sajakah empat sifat baik yang dimiliki rasul?

Ayo, bermain tepuk sifat-sifat Rasul!

Ayo, bermain tepuk sifat-sifat Rasul!

Anak-Anak, tahukah kalian, apa arti sifat wajib rasul?

Rasul memiliki empat sifat wajib artinya empat sifat yang harus dimiliki rasul. Apa sajakah empat sifat wajib bagi rasul? Ya, sidik, tablig, amanah, dan fatanah, disingkat STAF.

Kebalikan dari sifat wajib bagi rasul yaitu sifat mustahil. Anak-Anak, tahukah kalian apa arti sifat mustahil bagi rasul? Sifat mustahil bagi rasul artinya sifat yang tidak boleh dan tidak mungkin dimiliki rasul. Apa sajakah sifat mustahil bagi rasul? Ya, kizib, kitman, khianat dan baladah.

Sidik artinya berucap dan bertingkah laku yang benar. Rasul tidak pernah berbohong (kizib). Tablig artinya menyampaikan seluruh wahyu kepada umatnya dan tidak menyembunyikannya sedikit pun (kitman). Amanah artinya dapat dipercaya. Rasul tidak mengkhianati manusia dalam sikap atau titipan yang diamanatkan kepada-Nya. Terakhir, fatanah artinya cerdas. Dengan kecerdasannya, rasul memahami dengan baik apa yang diwahyukan kepadanya. Apa yang disampaikannya benar-benar sesuai dengan wahyu yang diterimanya. Dengan kecerdasannya pula, para rasul selalu bertindak dan bersikap dengan bijaksana. Rasul tidak pernah salah paham (baladah).

Baca Juga :  Jawaban dari Bacaan Pentingnya Bertegur Sapa

Pasangkan sifat wajib bagi rasul dan artinya!

Jawaban Aktivitasku PAI Kelas 4 SD Halaman 122

1. Pasangkan sifat wajib bagi rasul dan artinya!

Sidiq, artinya benar atau selalu berkata Jujur

Amanah, artinya dapat dipercaya atau Terpercaya dan tidak pernah mengingkari sesuatu

Tabligh, artinya Menyampaikan wahyu kepada seluruh umat atau pengikutnya

Fatanah, artinya Cerdas, pandai serta bijaksana

2. Pasangkan sifat wajib dan sifat mustahil bagi rasul!

Berikut arti dan pasangan selengkapnya:

Sifat wajib rasul siddiq artinya benar, pasangan sifat mustahilnya adalah khizib artinya dusta.

Sifat wajib rasul amanah artinya dapat dipercaya, pasangan sifat mustahilnya adalah khiyanah artinya curang.

Sifat wajib rasul tabligh artinya menyampaikan (wahyu Allah), pasangan sifat mustahilnya adalah kitman artinya menyembunyikan (tidak menyampaikan).

Sifat wajib rasul fatanah artinya cerdas, pasangan sifat mustahilnya adalah baladah artinya bodoh.

Anak-Anak, apa yang bisa kalian lakukan setelah mengetahui sifat-sifat Rasul? Bagaimana caranya?

Ya, kita meniru sifat-sifat wajib rasul dan menghindari sifat-sifat mustahil rasul. Caranya dengan selalu berucap dan bertindak dengan benar, berani karena benar, menepati janji, menjaga titipan, dan rajin belajar. Jika sahabatmu bertanya tentang pelajaran, bantulah ia.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang telah disajikan tentang kunci jawaban PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 138 Kurikulum Merdeka bab 7 tentang Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Disclaimer:

  • Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  • Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  • Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.