Kunci Jawaban Ayo Kerjakan dan Pengayaan PAI Kelas 4 SD Halaman 127 Bab 7 Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah

Gurune.net – Kunci Jawaban Ayo Kerjakan dan Pengayaan PAI Kelas 4 SD Halaman 127 Bab 7 Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel ini akan disajikan informasi tentang materi jawaban tugas Ayo Kerjakan dan Pengayaan dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 127 Kurikulum Merdeka.

Pembahasan yang lengkap dengan kunci jawaban ini terdapat pada materi Bab 7 Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah. Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan terlebih dahulu pernyataan serta pertanyaan di bawah, lalu jawablah soal terkait.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sobat terhadap materi yang akan dibahas dalam bab ini. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya berikut ini.

Iman artinya percaya. Berikan contoh perbedaan percaya dan tahu

Ayo Kerjakan

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Iman artinya percaya. Berikan contoh perbedaan percaya dan tahu!

Jawab

Iman artinya percaya. Ada sahabatmu berkata, “Di saku celanaku ada uang sebanyak sepuluh ribu rupiah.” Hatimu membenarkan yang diucapkan sahabatmu. Itu berarti kamu percaya ada uang dalam saku.

Baca Juga :  Jawaban Aktivitas Kelompok Buatlah Poster Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul, PAI Kelas 4 SD Halaman 123

Tetapi jika sebelumnya kalian telah melihat uang itu di saku sahabatmu, lalu mendengar ucapan di atas, itu tidak dinamai percaya, tetapi tahu.

2. Mengapa Allah mengangkat seseorang menjadi rasul?

Jawab

Allah mengangkat seseorang menjadi rasul, karena memiliki empat sifat yang baik.

3. Tulislah contoh meneladani sifat wajib rasul!

Jawab

Contoh meneladani sifat wajib rasul yaitu dengan selalu berucap dan bertindak dengan benar, berani karena benar, menepati janji, menjaga titipan, dan rajin belajar. Jika sahabatmu bertanya tentang pelajaran, bantulah ia.

4. Tulislah contoh menghindari sifat mustahil rasul!

Jawab

Cara menghindari sifat-sifat mustahil rasul yaitu dengan selalu berucap dan bertindak dengan benar, berani karena benar, menepati janji, menjaga titipan, dan rajin belajar. Jika sahabatmu bertanya tentang pelajaran, bantulah ia.

5. Apa tujuan diutusnya rasul?

Jawab

Rasul diutus Allah Swt. dengan tugas khusus menyampaikan wahyu kepada manusia. Rasul diutus untuk menyampaikan pesan agar manusia selalu menyembah Allah tanpa syarat dan tanpa menyekutukan-Nya.

Rasul diutus dengan tugas menyampaikan pesan berupa kabar gembira dan kabar buruk. Kabar gembira bagi siapa pun yang beriman dan beramal saleh. Kabar buruk berupa peringatan agar menghindarkan diri dari amal buruk.

Rasul juga diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia. Rasulullah saw. bersabda: ”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia.” (H.R. al-Bukhari dan Muslim).

Carilah salah satu ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang rasul ulul azmi!

Pengayaan

1. Di antara 25 rasul, terdapat rasul-rasul pilihan. Mereka memiliki keteguhan hati yang kuat. Rasul-rasul ini dikenal dengan rasul ulul azmi. Mereka adalah Nabi Nuh a.s., Nabi Ibrahim a.s., Nabi Musa a.s., Nabi Isa a.s., dan Nabi Muhammad saw. Bacalah salah satu kisah teladan rasul ulul azmi!

Jawab

Baca Juga :  Daur Hidup Katak Kecoa, Capung, dan Nyamuk

Kisah keteladanan Nabi Musa berawal dari saat masih lahir di era kepemimpinan Raja Firaun yang kejam. Atas dasar ramalan bahwa akan lahir bayi laki-laki yang kelak akan menumbangkan Sang Raja, Firaun menyuruh untuk membinasakan bayi laki-laki yang lahir saat itu. Ibu Musa, Yukabad tidak ingin bayinya dibunuh, sehingga ia menghanyutkannya di sungai Nil.

Kemudian Musa ditemukan oleh keluarga Firaun. Bahkan atas permintaan istrinya, Firaun mencari wanita untuk menyusui anak temuan itu. Allah menyelematkan anak itu dan kembali di persusuan Yukabad.

Musa kemudian tumbuh cerdas dan tekun berdakwah. Ia selalu berhadapan dengan para penyihir istana dan selalu ada mu’jizat yang menyertainya. Hingga akhir dari perjuangan Nabi Musa adalah menyebrang di laut merah. Dan pasukan Firaun binasa.

2. Carilah salah satu ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang rasul ulul azmi!

QS As Syura Ayat 13:

شَرَعَ لَكُم مِّنَ ٱلدِّينِ مَا وَصَّىٰ بِهِۦ نُوحًا وَٱلَّذِىٓ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهِۦٓ إِبْرَٰهِيمَ وَمُوسَىٰ وَعِيسَىٰٓ ۖ أَنْ أَقِيمُوا۟ ٱلدِّينَ وَلَا تَتَفَرَّقُوا۟ فِيهِ ۚ كَبُرَ عَلَى ٱلْمُشْرِكِينَ مَا تَدْعُوهُمْ إِلَيْهِ ۚ ٱللَّهُ يَجْتَبِىٓ إِلَيْهِ مَن يَشَآءُ وَيَهْدِىٓ إِلَيْهِ مَن يُنِيبُ

Artinya: Dia telah mensyariatkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya). (QS. As Syura:13)

3. Ceritakan kembali kisah teladan yang telah kalian baca di depan kelas!

Ceritakan kembali jawaban nomor 1

Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan hijrah? Jawaban PAI Kelas 4 SD Halaman 93

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang telah disajikan tentang kunci jawaban PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 127 Kurikulum Merdeka bab 7 tentang Tujuan Diutusnya Rasul. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Disclaimer:

Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
Postingan ini tidak mutlak kebenarannya ya adik-adik.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.