Jawaban Bab 8 Aku Anak Saleh PAI Kelas 4 SD Halaman 129-135

Gurune.net – Jawaban Bab 8 Aku Anak Saleh PAI Kelas 4 SD Halaman 129-135. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel ini akan disajikan informasi tentang materi jawaban tugas dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD Halaman 129-132 Kurikulum Merdeka.

Pembahasan yang lengkap dengan kunci jawaban ini terdapat pada materi Bab 8 Aku Anak Saleh. Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan terlebih dahulu pernyataan serta pertanyaan di bawah, lalu jawablah soal terkait.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sobat terhadap materi yang akan dibahas dalam bab ini. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya berikut ini.

Bab 8 Aku Anak Saleh

Anak-Anak, tahukah kalian, apakah agama itu?

Salah seorang sahabat pernah bertanya kepada Rasulullah saw., “Apakah agama itu?” Beliau menjawab, “Akhlak yang baik.” (H.R. Bukhari)

Hadis ini mengajarkan kepada kita bahwa kesalehan seseorang dapat diamati dari perilaku sehari-hari. Semakin saleh seseorang, seyogianya semakin baik pula akhlaknya.

Kalian masih ingat, bukan, bahwa Rasulullah memiliki sifat yang baik? Rasulullah saw. adalah teladan dan contoh paling sempurna bagi kita. Beliau selalu berucap dan bertindak benar (sidik), menyampaikan kebenaran (tablig), terpercaya (amanah), dan cerdas (fatanah). Anak yang saleh adalah anak yang selalu meneladani dan mencontoh akhlak Rasulullah saw.

Baca Juga :  Jawaban Aktivitas Kelompok Buatlah Poster Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul, PAI Kelas 4 SD Halaman 123

Jadi jelas, ya, anak saleh selalu berperilaku baik. Kali ini kita akan belajar tentang perilaku baik yang patut dimiliki, yaitu menyebarkan salam dan senang menolong orang lain. Kita juga akan belajar tentang perilaku buruk yang patut dihindari, yaitu ciri-ciri munafik.

A. Salam

Amati gambar berikut!

Gambar 8.3 Aktivitas anak

Berilah komentar gambar tersebut dalam aktivitas berikut!

Aktivitas Kelompok

1. Bagaimana sikap kalian ketika hendak pergi ke sekolah?

Jawab

Mencium tangan orang tua sebelum berangkat sekolah merupakan salah satu contoh penanaman budi pekerti anak.

2. Bagaimana sikap kalian jika bertemu dengan sahabat?

Jawab

Saling menyapa dengan memberikan salam dan menanyakan kabar jika bertemu dengan sahabat.

3. Bagaimana sikap kalian jika memulai menelepon?

Jawab

Memberikan ucapan salam yang lengkap lalu berbicara dengan jelas, tegas, terkesan ramah, hangat dan bersahabat.

4. Bagaimana sikap kalian jika bertamu ke rumah sahabat?

Jawab

Usahakan untuk mengucapan salam yang lengkap lalu menyapa siapapun yang ada di rumahnya ketika kamu datang dan menjabat tangan mereka. Sebisa mungkin jangan membuat rumahnya berantakan.

5. Mengapa kita perlu menyampaikan salam?

Jawab

Karena salam merupakan doa, baik bagi yang mengucapkan maupun yang mendengarkan.

Bacalah Kisah Berikut!

Jabir bin Abdullah mengisahkan bahwa setelah dia memeluk Islam, Nabi Muhammad saw. selalu menyambut kedatangannya dan selalu menyapanya sambil tersenyum. Abdullah bin Haris pun mengisahkan bahwa dia belum pernah melihat orang yang lebih sopan daripada Nabi saw.

Rasulullah selalu mendahului menyapa. Rasul menyampaikan salam ketika bertemu dengan siapa pun, laki-laki, perempuan atau anak-anak. Jika seseorang ingin berbicara dengannya, Nabi saw. tidak pernah berpaling dari orang itu hingga orang itu pergi. Setiap kali berjabatan tangan dengan siapa pun, Nabi tidak pernah melepaskan tangan orang itu hingga orang itu sendiri melepaskannya.

Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan hijrah? Jawaban PAI Kelas 4 SD Halaman 93

Sumber: Afzalur Rahman, Ensiklopedi Muhammad: Muhammad sebagai Pribadi Mulia, 9.

Menyampaikan salam termasuk perilaku yang terbaik. Dikisahkan, seseorang bertanya kepada Rasulullah, mana ajaran Islam yang terbaik? Rasulullah saw. menjawab, “Memberi makan kepada fakir miskin dan memberi salam kepada orang yang engkau kenal dan orang yang belum engkau kenal. (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin ‘Amr r.a.).

Anak-Anak, tahukah kalian, apakah salam itu?

Salam artinya damai. Salam juga berarti pernyataan hormat, tabik, atau ucapan assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Anak-Anak, bagaimana ucapan salam itu? Kapan ucapan salam disampaikan? Bagaimana jawaban salam? Siapa yang lebih dahulu mengucapkan salam?

Ucapan salam yang lengkap yaitu:

Ucapan salam yang lengkap

Artinya:

“Semoga keselamatan, kasih sayang dan keberkahan Allah tercurah kepada kalian.”

Salam disampaikan ketika kita bertemu. Salam diucapkan ketika hendak berpamitan atau berpisah. Salam diucapkan ketika masuk rumah. Salam diucapkan ketika hendak bertamu ke rumah orang lain. Salam diucapkan juga ketika memulai menelepon.

Orang yang mendengar ucapan salam hendaknya menjawab dengan ucapan serupa. Berikut jawaban salam yang lengkap.

 jawaban salam yang lengkap

Artinya:

“Semoga keselamatan, kasih sayang dan keberkahan Allah tercurah juga kepada kalian.”

Jika mendengar ucapan salam, maka kita wajib menjawabnya. Allah Swt. berfirman:

 (Q.S. An-Nisa/4: 86)

Terjemah:

“Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya.” (Q.S. An-Nisa/4: 86)

Lalu siapa yang lebih dahulu menyampaikan salam? Dari kisah di atas, kita menjadi tahu bahwa Rasulullah mendahului menyapa dan menyampaikan salam ketika bertemu dengan siapa pun, laki-laki, perempuan atau anak-anak. Menurut Rasul, orang yang memulai salam adalah orang yang paling utama di sisi Allah.

Rasulullah saw. juga mengajarkan, “Hendaklah orang yang berkendaraan memberi salam kepada orang yang berjalan kaki, orang yang berjalan kaki memberi salam kepada orang yang duduk, kelompok orang yang sedikit memberi salam kepada kelompok yang banyak, dan kelompok orang yang muda memberi salam kepada kelompok yang tua.” (Riwayat al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah r.a.).

Baca Juga :  Belajar Gerakan Silat Tendangan

Bagaimana kesan kalian dengan ajaran Islam tentang salam? Indah, bukan? Anak-Anak, Rasulullah juga mengajarkan, “Maukah kalian aku tunjukkan suatu perbuatan, jika kalian melakukannya, maka kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.”

Bagaimana menyebarkan salam dapat menjadikan kita saling menyayangi? Salam berarti ucapan assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam berarti penghormatan atau tabik. Salam juga berarti damai. Ketika mengucapkan assalamu alaikum, di dalam benak kita juga berkata, “Saya menjaga keselamatanmu, maka kamu juga harus menjaga keselamatanku. Mari kita menjaga perdamaian.”

Menyampaikan salam hukumnya sunnah. Jika mendengar ucapan salam, maka kita wajib menjawabnya. Berarti, “jika saya mengajak damai, maka kalian wajib menjaga damai juga.” Atau “jika kalian mengajakku damai, maka saya wajib menjaga damai juga.”

Negara kita adalah negara yang beragam suku, bahasa, dan agama. Walaupun berbeda-beda, kita tetap memiliki tujuan yang sama, yaitu Indonesia yang aman dan damai. Kita wajib menjaga negara kita agar tetap aman dan damai.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang telah disajikan tentang kunci jawaban PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 129-135 Kurikulum Merdeka bab 8 tentang Aku Anak Saleh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Disclaimer:

Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
Postingan ini tidak mutlak kebenarannya ya adik-adik.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.