Penemu Al Jabar Al – Khawarizmi

Gurune.net – Tahukah kamu siapa AL- Khawarizi ? Al – Khawarizmi salah satu tokoh yang ahli dalam bidang Matematika, sebetulnya tidak hanya matematika saja. Al- Khawarizmi juga seorang ahli Astronomi, Astrologi dan geografi. Beliau lahir pada tahun 780 Masehi di Uzbekistan kalau sekarang. Karya – karya Al – Khawarizmi di dunia sains sudah sangat banyak. Beliau juga sosok yang aktif di dunia Pendidikan, karirnya menjadi seorang dosen pernah beliau jalani yaitu di sekolah kehormatan Baghdad, Iraq.

Al - Khawarizmi
Al – Khawarizmi

Al-Khawarizmi merupakan sosok ilmuwan yang sangat cerdas, banyak hal yang sudah beliau temukan. Salah satu karya yang terkenal dan terpakai hingga kini adalah ” Al-Jabar “.

Hampir semua sekolah didunia mengajarkan ilmu Al-Jabar. Al- Jabar merupakan cabang ilmu matematika yang dipakai untuk memecahkan berbagai permasalahan dalam ilmu matematika yang penerapanya menggunakan simbol – simbol yang digunakan sebagai pengganti konstanta dan variable.

” Al-Jabr ” atau Al- Jabar mempunyai arti penyelesaian.

Selain ahli dalam matematika Al-Khawarizmi juga merupakan ilmuan dalam ilmu falaq atau ilmu astronomi. Beliau pun menulis buku tentang ilmu falak yang berjudul Zīj Al-Sindhind “tabel astronomi”. Zij Al-Sinshind adalah buku yang berisi 37 simbol pada kalkulasi kalender astronomi dan 116 tabel dengan kalenderial, astronomial dan data astrologial.

Selain Al-jabar ilmu lain yang di temukan oleh Al-Khawarizmi

adalah Algoritma. Ilmu ini berkembang pesat, kini menjadi ilmu wajib yang harus dikuasai oleh para mahasiswa yang mengambil jurusan pemrograman komputer. 

Algoritma adalah ilmu dalam matematika berupa langkah – langkah logis dalam penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.

Sedangkan dalam kitab Al- Jabar di susun berupa penyelesaian persamaan linear dan kuadrat dengan menyederhanakan persamaan menjadi salah satu dari enam bentuk standar (di sini b dan c adalah bilangan bulat positif) sumber id.wikipedia.org.



kuadrat sama dengan akar (ax2 = bx)

kuadrat sama dengan bilangan konstanta (ax2 = c)

akar sama dengan konstanta (bx = c)

kuadrat dan akar sama dengan konstanta (ax2 + bx = c)

kuadrat dan konstanta sama dengan akar (ax2 + c = bx)

konstanta dan akar sama dengan kuadrat (bx + c = ax2)

Materi Terkait


Tinggalkan komentar