Penemu Al Jabar Al – Khawarizmi

Gurune.net – Tahukah kamu siapa AL- Khawarizi ? Al – Khawarizmi salah satu tokoh yang ahli dalam bidang Matematika, sebetulnya tidak hanya matematika saja. Al- Khawarizmi juga seorang ahli Astronomi, Astrologi dan geografi. Beliau lahir pada tahun 780 Masehi di Uzbekistan kalau sekarang. Karya – karya Al – Khawarizmi di dunia sains sudah sangat banyak. Beliau juga sosok yang aktif di dunia Pendidikan, karirnya menjadi seorang dosen pernah beliau jalani yaitu di sekolah kehormatan Baghdad, Iraq.

Al - Khawarizmi
Al – Khawarizmi

Al-Khawarizmi merupakan sosok ilmuwan yang sangat cerdas, banyak hal yang sudah beliau temukan. Salah satu karya yang terkenal dan terpakai hingga kini adalah ” Al-Jabar “.

Hampir semua sekolah didunia mengajarkan ilmu Al-Jabar. Al- Jabar merupakan cabang ilmu matematika yang dipakai untuk memecahkan berbagai permasalahan dalam ilmu matematika yang penerapanya menggunakan simbol – simbol yang digunakan sebagai pengganti konstanta dan variable.

” Al-Jabr ” atau Al- Jabar mempunyai arti penyelesaian.

Selain ahli dalam matematika Al-Khawarizmi juga merupakan ilmuan dalam ilmu falaq atau ilmu astronomi. Beliau pun menulis buku tentang ilmu falak yang berjudul Zīj Al-Sindhind “tabel astronomi”. Zij Al-Sinshind adalah buku yang berisi 37 simbol pada kalkulasi kalender astronomi dan 116 tabel dengan kalenderial, astronomial dan data astrologial.

Selain Al-jabar ilmu lain yang di temukan oleh Al-Khawarizmi

adalah Algoritma. Ilmu ini berkembang pesat, kini menjadi ilmu wajib yang harus dikuasai oleh para mahasiswa yang mengambil jurusan pemrograman komputer. 

Algoritma adalah ilmu dalam matematika berupa langkah – langkah logis dalam penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.

Sedangkan dalam kitab Al- Jabar di susun berupa penyelesaian persamaan linear dan kuadrat dengan menyederhanakan persamaan menjadi salah satu dari enam bentuk standar (di sini b dan c adalah bilangan bulat positif) sumber id.wikipedia.org.

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPAS Halaman 61-62 Kelas 4 SD/MI



kuadrat sama dengan akar (ax2 = bx)

kuadrat sama dengan bilangan konstanta (ax2 = c)

akar sama dengan konstanta (bx = c)

kuadrat dan akar sama dengan konstanta (ax2 + bx = c)

kuadrat dan konstanta sama dengan akar (ax2 + c = bx)

konstanta dan akar sama dengan kuadrat (bx + c = ax2)

Yuda Candra

Guru yang juga mendalami dunia blogger dan sudah berkecimpung di dunia blog sejak 2016. Saat ini menjadi editor di beberapa website. Memilki hobby menulis baik pada dunia pendidikan maupun di dunia teknologi informasi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.