Beda Cara Kerja Sumur Bor Dan Sumur Bor Manual

gurune.netCara Kerja Sumur Bor Dan Sumur Bor Manual. Air merupakan hal yang tidak bisa dihilangkan dari kehidupan, hampir semua kegiatan membutuhkan air seperti mencuci, memasak dan masih banyak hal yang lain.

Namun pemerataan fasilitas yang belum terlaksana di semua wilayah membuat beberapa daerah, khususnya daerah yang masih terpencil mengalami kesulitan air.

Biasanya orang orang di pedalaman harus mengambil air di sungai atau sumber mata air lain untuk memenuhi kebutuhan airnya.

Sedangkan di kota sudah tersedia air ledeng yang tidak perlu susah payah mencarinya. Namun sekarang sumur bor menjadi primadona bagi beberapa kalangan diberbagai daerah dan referensi jasa  sumur bor ada disini.

Dan tak hanya di desa saja namun beberapa orang di kota juga menggunakan sumur bor ini, karena manfaatnya yang begitu banyak.

Apa Itu Sumur Bor

Bagi anda yang mungkin masih belum mengerti apa itu sumur bor dan bagaimana cara kerjanya anda perlu menyimak ulasan berikut hingga akhir. Sumur bor merupakan salah satu proses penggalian tanah yang dilakukan oleh beberapa orang dengan menggunakan alat tertentu guna mendapatkan sumber mata air yang terdapat pada tanah.

Sumber mata air ini perlu dilakukan penggalian tanah agar air dapat keluar dari dalam. Sebab dilakukannya pengeboran ini karena air di beberapa sumber mata air mengalami kekeringan, maka dari itu perlu dilakukan pengeboran untuk mengambil air dari dalam tanah. Karena jaman dulu hanya menggunakan cangkul dan membutuhkan waktu yang cukup lama dan sekarang lebih berkembang dengan adanya teknologi sumur bor ini.

Cara Kerja Sumur Bor Manual

Dahulu kala, setiap orang yang ingin membuat sumur bor tentu saja mereka akan menggunakan sistem manual.

Selain itu alat yang digunakan juga masih sederhana, dimana mata bor yang digunakan adalah pipa yang memiliki ukuran diameter mulai dari 3 sampai 4 cm serta panjang pipa untuk membuat sumur bor hanya 2 meter saja.

Mungkin menggunakan sumur bor ini menjadi pilihan alternatif bagi beberapa orang yang tidak ingin terlalu mengeluarkan banyak uang. Tentunya pada Cara kerja sumur bor manual ini akan sedikit lebih terjangkau daripada yang mesin. Manual maupun mesin tentunya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

  • Tidak terlalu banyak menggunakan alat. Tentu saja hal ini tidak begitu merepotkan kita untuk membuat sumur bor manual.
  • Alat yang digunakan seperti mata bor, pipa besi, pipa pemutar, kunci. Alat-alat yang dibutuhkan ini bisa didapatkan dengan mudah.
  • Biasanya hanya ada 3-5 orang saja yang bekerja.
  • Memiliki sistem pengerjaan secara borongan.
  • Harga lebih terjangkau daripada sumur bor mesin.

Cara Kerja Sumur Bor Mesin

Berikutnya ada sumur bor mesin yang tentu saja dalam proses pembuatan sumur bor mesin ini menggunakan mesin sebagai bantuannya.

Karena menggunakan mesin tentu saja prosesnya akan jauh lebih cepat dan hasilnya juga akan lebih sempurna karena yang mengerjakannya adalah mesin bukan manusia secara manual.

Sedikit berbeda dengan sumur bor yang manual tentunya, pada pembuatan sumur bor ini diperlukan mesin yang sudah ada tentunya. Namun beberapa orang memilih sumur bor sesuai dengan keadaan mereka walaupun memiliki fungsi yang sama, yaitu menghasilkan air untuk kebutuhan sehari hari.

Sementara untuk pembuatan sumur bor mesin tentu saja waktu yang dibutuhkan akan lebih singkat dan juga lebih cepat. Setidaknya hanya dalam waktu hitungan hari saja, sumur bor sudah bisa kita gunakan secara langsung. Karena menggunakan peralatan yang serba modern tentu saja kemampuan untuk bisa menembus bebatuan keras bukan menjadi masalah.

  • Menggunakan alat yang lebih banyak daripada yang manual. Hal ini karena bertujuan agar bisa menghasilkan sumur bor dalam waktu yang cepat dan juga hasil yang dihasilkan sempurna sehingga tidak mengecewakan.
  • Menggunakan alat seperti mata bor, pipa besi, mesin penggerak, penyangga pipa bor, tong air, selang dan mesin. Semua peralatan tersebut biasanya sudah disediakan oleh jasa pembuatan sumur bor terpercaya, jadi anda hanya tinggal terima jadi saja.
  • Hanya membutuhkan sekitar 3-4 pekerja saja. Tentu saja hal ini lebih menguntungkan bagi anda, karena semakin sedikit pekerja yang mengerjakan pembuatan sumur bor maka semakin tidak terbebani dengan biaya uang rokok atau makanan untuk pekerja tersebut.
  • Memiliki sistem pengerjaan secara borongan. Dengan begitu tentu saja bisa menguntungkan bagi kita yang ingin membuat sumur bor dengan mesin karena anda tidak perlu khawatir dengan biaya harian atau bayaran harian yang harus anda bayarkan untuk pembuatan sumur bor dengan mesin.
  • Memiliki harga yang lebih tinggi daripada yang manual tentunya. Hal ini wajar saja karena proses dan juga kualitas yang dihasilkan juga lebih bagus sumur bor yang dibuat dengan mesin.

Itulah beda cara kerja sumur bor mesin dan sumur bor manual, semoga bisa menjadi referensi jasa  sumur bor untuk anda.

Materi Terkait


Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.