Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.13 Pertukaran Oksigen dan Karbondioksida Melalui Difusi Paru Paru Manusia

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.13 Pertukaran Oksigen dan Karbondioksida Melalui Difusi Paru Paru Manusia – Halo sobat gurune, paru-paru merupakan organ penting dalam sistem pernapasan manusia, berfungsi sebagai jembatan vital antara tubuh kita dengan lingkungan eksternal. Salah satu proses paling penting yang terjadi di paru-paru adalah pertukaran oksigen (O2) dan karbondioksida (CO2) antara darah dan udara yang kita hirup. Mekanisme pertukaran ini dikenal sebagai difusi, yang memainkan peran krusial dalam memastikan tubuh manusia mendapatkan pasokan oksigen yang cukup dan menghilangkan limbah berupa karbondioksida.

Nah, kali ini kita akan belajar tentang pertukaran oksigen dan karbondioksida melalui difusi paru paru manusia. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.13 Pertukaran Oksigen dan Karbondioksida Melalui Difusi Paru Paru Manusia Halaman 47

Aktivitas 2.13

Amati Gambar 2.9 dengan saksama!

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.13 Pertukaran Oksigen dan Karbondioksida Melalui Difusi Paru Paru Manusia

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Soal Latihan 2.1

Berdasarkan Gambar 2.9 diskusikan dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Bandingkan konsentrasi oksigen di dalam alveolus dan sel darah merah di dalam pembuluh kapiler, manakah yang konsentrasi oksigennya lebih tinggi?

2. Bandingkan konsentrasi karbon dioksida di alveolus dan dalam sel darah merah dalam pembuluh kapiler, manakah yang konsentrasi karbon dioksidanya lebih tinggi?

3. Bagaimana perpindahan atau pergerakan oksigen dan karbon dioksida?

4. Apakah yang akan terjadi jika pertukaran oksigen dan karbon dioksida di alveolus dan kapiler darah tersebut terganggu? Faktor apa sajakah yang dapat menyebabkan gangguan pertukaran oksigen dan karbon dioksida? Perkuat pendapat Kalian dengan penjelasan konsep dari literatur/bahan bacaan yang tersedia.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Mendeskripsikan Gambar Secara Lisan

Jawaban :

1. Kosentrasi Oksigen di dalam alveolus lebih tinggi dibandingkan dengan kosentrasi Oksigen di dalam pembuluh darah.

2. Konsentrasi Karbondioksida di dalam kapiler darah lebih tinggi dibandingkan di dalam alveolus.

3. Terjadi pergerakan Oksigen dari alveolus menuju pembuluh darah kapiler dan terjadi pula perpindahan karbondioksida dari pembuluh kapiler menuju alveolus.

4. Jika pertukaran oksigen dan karbon dioksida di alveolus dan kapiler darah tersebut terganggu, maka proses respirasi akan terganggu atau tidak berjalan dengan baik, hal ini akan berdampak pada proses respirasi atau metabolisme sel. Akibatnya, proses pembentukan atp dapat terganggu. Faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan pertukaran adalah penyakit atau gangguan pada sistem respirasi.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.12 tentang Proses Difusi Sederhana

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.