Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Perbedaan Difusi Sederhana dan DIfusi Terfasilitasi

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Perbedaan Difusi Sederhana dan DIfusi Terfasilitasi – Halo sobat gurune, dalam sel-sel organisme, perpindahan zat antara lingkungan eksternal dan internal memegang peran krusial dalam menjaga keseimbangan homeostasis. Salah satu mekanisme transportasi zat yang penting adalah difusi. Difusi adalah proses spontan pergerakan partikel zat dari konsentrasi tinggi menuju konsentrasi rendah hingga mencapai keseimbangan. Difusi dapat dibagi menjadi dua tipe utama: difusi sederhana dan difusi terfasilitasi. Meskipun keduanya melibatkan pergerakan molekul melalui membran sel, mekanisme dan karakteristik keduanya berbeda secara signifikan.

Difusi sederhana adalah proses transportasi zat melalui membran sel tanpa intervensi dari protein khusus sebagai pengantar atau pembawa molekul. Dalam difusi sederhana, partikel zat yang bergerak berukuran kecil, non-polar, atau lipofilik dapat melewati lapisan fosfolipid membran sel. Karena mekanisme ini tidak memerlukan energi tambahan dan terjadi berdasarkan perbedaan konsentrasi, difusi sederhana dianggap sebagai proses pasif.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan difusi sederhana meliputi perbedaan konsentrasi, ukuran molekul, suhu, dan tebalnya membran. Semakin besar perbedaan konsentrasi antara kedua sisi membran, semakin cepat laju difusinya. Ukuran molekul juga memainkan peran penting; molekul yang lebih kecil memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk berdifusi melalui lapisan fosfolipid membran.

Difusi terfasilitasi melibatkan pergerakan zat melalui membran sel dengan bantuan protein pembawa (carrier protein) atau protein saluran (channel protein). Protein pembawa berinteraksi secara selektif dengan zat yang akan diangkut, sedangkan protein saluran membentuk pori-pori yang memfasilitasi pergerakan partikel zat tertentu. Proses ini membantu zat-zat yang sulit larut dalam lipid, seperti gula dan ion, untuk berpindah melintasi membran sel.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.14 Difusi Terfasilitasi

Baca Juga :  Program Tahunan Terbaru PJOK Untuk Jenajang SD

Berbeda dengan difusi sederhana, difusi terfasilitasi membutuhkan energi dalam bentuk gradien elektrokimia untuk membantu partikel zat bergerak melawan konsentrasi. Oleh karena itu, difusi terfasilitasi dapat berlaku sebagai proses pasif atau aktif tergantung pada kondisi dan tipe protein yang terlibat.

Nah, kali ini kita akan belajar tentang perbedaan difusi sederhana dan difusi terfasilitasi. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Perbedaan Difusi Sederhana dan DIfusi Terfasilitasi Halaman 50

Latihan 2.1

Berdasarkan jawaban Kalian terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut, dapatkah Kalian menjelaskan perbedaan antara difusi sederhana dan difusi terfasilitasi?

Tabel 2.4 Perbedaan Difusi Sederhana dan DIfusi Terfasilitasi.

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Perbedaan Difusi Sederhana dan DIfusi Terfasilitasi

Jawaban :

1. Pembeda Perantara

  • Difusi Sederhana : Tanpa melalui perantara.
  • Difusi Terfasilitasi : Melalui perantara (transporter/protein integral).

2. Pembeda Ukuran Partikel

  • Difusi Sederhana : Partikel yang ukurannya cenderung kecil yang bisa melewati pori membran sel.
  • Difusi Terfasilitasi : Partikel yang ukurannya cenderung lebih besar yang tidak bisa melewati pori membran sel.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.13 Pertukaran Oksigen dan Karbondioksida Melalui Difusi Paru Paru Manusia

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.