Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.14 Difusi Terfasilitasi

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.14 Difusi Terfasilitasi – Halo sobat gurune, difusi terfasilitasi adalah salah satu mekanisme penting dalam dunia biologi yang memungkinkan substansi untuk menyebar dari satu tempat ke tempat lain melintasi membran sel. Proses ini terjadi melalui bantuan protein pengangkut khusus yang disebut transportor, yang berperan sebagai pintu gerbang selektif dalam sel. Dengan adanya difusi terfasilitasi, berbagai molekul dan ion penting, seperti glukosa, asam amino, dan ion logam, dapat masuk dan keluar sel dengan efisien.

Nah, kali ini kita akan belajar tentang difusi terfasilitasi. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.14 Difusi Terfasilitasi Halaman 48

Difusi Terfasilitasi

Selain difusi sederhana yang telah dijelaskan sebelumnya, ada difusi lain yaitu difusi terfasilitasi (facilitated diffusion). Cermati ada dua kata yang tersusun yaitu difusi dan terfasilitasi. Sebelumnya Kalian telah memahami konsep difusi. Bagaimana dengan terfasilitasi?

Apa yang dimaksud dengan difusi terfasilitasi? Zat apa sajakah yang pergerakannya difasilitasi? Mengapa zat tertentu harus “difasilitasi” pergerakannya?

Aktivitas 2.14

Pelajari Gambar 2.10 berikut ini. Ingat kembali struktur membran plasma yang sudah Kalian pelajari di bab sebelumnya.

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.14 Difusi Terfasilitasi

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Aktivitas 2.13 Pertukaran Oksigen dan Karbondioksida Melalui Difusi Paru Paru Manusia

Apakah Kalian tahu peran glukosa dalam tubuh? Glukosa berperan sebagai sumber energi sel.

Berdasarkan Gambar 2.10 jawab pertanyaan berikut ini!

1. Bagaimana perbandingan konsentrasi glukosa di luar dan di dalam sel?

2. Perhatikan arah panah pergerakan glukosa, dari mana glukosa bergerak?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Inggris Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka Halaman 88

3. Komponen apa dari struktur membran plasma yang dilalui glukosa ketika bergerak?

4. Mengapa pergerakan glukosa harus difasilitasi oleh komponen tertentu dari struktur membran plasma?

5. Mungkinkah terjadi gangguan terhadap pergerakan glukosa? Apakah yang terjadi jika terdapat gangguan terhadap proses pergerakan glukosa ketika melintasi membran plasma?

Jawaban :

1. Perbandingan konsentrasi glukosa di luar dan di dalam sel : konsentrasi glukosa di luar sel lebih tinggi dibandingkan di dalam sel.

2. Arah panah pergerakan glukosa yaitu dari luar sel menuju ke dalam sel.

3. Komponen dari struktur membran plasma yang dilalui glukosa ketika bergerak adalah Protein integral atau glucose transporter.

4. pergerakan glukosa harus difasilitasi oleh komponen tertentu dari struktur membran plasma karenakan ukuran glukosa yang lebih besar dibandingkan dengan pori-pori yang ada pada membran plasma atau membran sel.

5. Mungkin saja, apabila protein integral yang membawa glukosa rusak, maka pegerakan glukosa dapat terganggu. Glukosa tidak bisa masuk ke dalam sel, akibatnya energi atau atp tidak dapat dihasilkan. Hal ini akan berdampak pada kekurangan energi bagi tubuh.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI Soal Latihan 2.1

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.
Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.