Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Komponen Darah

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Komponen Darah – Halo sobat gurune, darah adalah cairan hidup yang sangat penting bagi kelangsungan hidup setiap makhluk hidup, termasuk manusia. Dalam tubuh manusia, darah berperan sebagai jaringan cair yang mengalir melalui sistem vaskular, mengantarkan oksigen, nutrisi, dan zat-zat penting lainnya ke seluruh organ dan jaringan. Berikut adalah komponen-komponen darah dan perannya :

Sel darah merah atau eritrosit merupakan komponen darah yang paling banyak jumlahnya. Tugas utama eritrosit adalah mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan membawa karbon dioksida kembali ke paru-paru untuk dibuang. Sel darah merah mengandung pigmen bernama hemoglobin yang memberikan warna merah pada darah dan memungkinkan oksigen terikat dan dilepaskan saat melewati jaringan tubuh.

Sel darah putih atau leukosit adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Fungsinya adalah melawan infeksi dan menjaga tubuh dari invasi patogen seperti bakteri, virus, dan jamur. Leukosit dapat berpindah dari pembuluh darah ke dalam jaringan untuk mencari dan menghancurkan agen penyebab penyakit, serta berperan dalam proses peradangan dan penyembuhan luka.

Trombosit adalah komponen darah kecil yang berfungsi dalam proses pembekuan darah. Saat terjadi luka atau kerusakan pada pembuluh darah, trombosit akan berbondong-bondong untuk membentuk bekuan darah dan mencegah kebocoran. Proses pembekuan darah ini penting untuk menghentikan perdarahan dan memulai proses penyembuhan.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Pembuluh Kapiler

Plasma darah adalah bagian cair dari darah yang menyusun sekitar 55% dari total volume darah. Plasma mengandung air, protein, garam, hormon, dan berbagai zat-zat lain yang membawa nutrisi dan bahan kimia esensial ke seluruh tubuh. Selain itu, plasma juga berperan dalam pengangkutan limbah dari sel-sel tubuh ke organ pengeluaran seperti ginjal.

Baca Juga :  Kunci Jawaban IPA SMA Kelas X tentang Teknik Kultur Jaringan

Nah, kali ini kita akan membahas soal tentang komponen darah. Pembahasan soal ini terdapat pada buku Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum Merdeka. Berikut adalah pembahasan soal selengkapnya !

Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Komponen Darah Halaman 102

Latihan 4.2

Jelaskan komponen mana yang berperan dalam pengangkutan zat! Zat apa saja yang dapat diangkut oleh darah?

Jawaban :

Sel darah merah dan plasma darah berperan dalam proses pertukaran zat. Sel darah merah mengangkut gas (sebagian besar oksigen dan sebagian kecil karbondioksida), sementara plasma darah mengankut zat makanan, hormon, obat dan sampah metabolisme.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat disajikan. Semoga dengan pembahasan soal di atas dapat mempermudah sobat dalam belajar.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Struktur pembuluh darah

Disclaimer :

  1. Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  2. Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  3. Postingan ini tidak mutlak kebenarannya.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.