Cara Membuat Google Form

Cara Membuat Google Form dengan Google Drive

Sebelum memulai cara membuat Google Form, kamu harus terlebih dulu mempunyai akun Google yang bisa dibuat gratis di Google Accounts.

  1. Buka Google Drive, kemudian klik “New” di sebelah kiri atas seperti gambar.
    cara membuat google form akses google form 1
  2. Setelah muncul beberapa pilihan layanan Google, pilih “Google Forms” dan kamu sudah bisa mulai membuat Google Form sesuai keperluanmu.
    cara membuat google form akses google form 2

 

Cara Membuat Google Form Melalui Link Google

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk membuat Google Form melalui link Google:

  • Klik link berikut ini untuk membuat Google Form. Klik Disini
  • Pada halaman utama Google Form, pilih formulir kosong (blank) atau gunakan template yang ada.
  • Form terbuat dan kamu akan memasuki halaman editor untuk menyesuaikan formulir.

Setelah berhasil membuat Google Form baru, kamu dapat mengikuti langkah berikut ini untuk menambahkan pertanyaan.

  1. Tentukan tujuanmu membuat formulir, di contoh ini adalah Latihan Soal IPA Kelas 7 Semester 1. Setelah itu, berikan judul formulir dan deskripsi yang mewakili tujuan formulir.

  2. Langkah selanjutnya adalah membuat daftar pertanyaan. Ada beberapa jenis jawaban yang bisa kamu pilih, seperti jawaban pendek, panjang, pilihan ganda, checkbox, tanggal, waktu (jam), unggah file, dan sebagainya, yang akan menentukan jenis respon pengisi formulir.

    Di contoh berikut, kita akan mencoba mengambil data peserta menggunakan fitur yang disediakan Google Form, seperti nama, dan sebagainya.

  3. Klik ikon “+” di sebelah kanan untuk menambahkan pertanyaan baru.

  4. Tentukan apakah pertanyaanmu wajib dijawab atau tidak.                                                               

  5. (Opsional) Tambahkan gambar dengan mengklik icon seperti pada kotak merah di gambar berikut

  6. Dalam pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda atau checkboxes, kamu bisa menambahkan pilihan bebas yang bisa diisi sendiri oleh pengisi formulir, caranya dengan mengklik ‘add “Other”’ seperti contoh di bawah ini.

  7. Ada beberapa jenis jawaban lain yang bisa kamu minta ke pengisi formulir sesuai kebutuhanmu, seperti skala linear yang biasanya digunakan untuk kuesioner atau unggah file (File Upload) untuk meminta data berupa konten visual, audio, atau video.

    cara membuat google form jenis jawaban

  8. Jika diperlukan, jangan lupa meminta informasi pribadi untuk bertukar informasi seperti nomor telepon, akun media sosial, atau email.

    cara membuat google form request more info

  9. Kamu juga bisa membagi section pertanyaan sesuai keperluanmu. Caranya, klik icon yang terletak di paling bawah seperti di gambar berikut, lalu masukkan judul dan deskripsi baru untuk section baru ini.

  10. Setelah formulirmu jadi, kamu bisa melakukan preview dengan mengklik icon mata seperti pada gambar berikut dan halaman yang dituju akan muncul di tab baru.

    cara membuat google form preview

  11. Untuk mengubah tampilan formulir, kamu bisa mengedit tampilannya dengan mengklik icon palet cat seperti pada gambar berikut.

Baca Juga :  8 Etos Kerja Profesional yang harus dimiliki seorang guru

Cara Membuat kunci jawaban Google Form

Kunci jawaban merupakan bagian yang paling penting ketika membuat kuis, dengan menentukan kunci jawaban dan poin setiap soal, Anda tidak perlu lagi melakukan pemeriksaan secara manual.

Ikuti langkah-langkah berikut, untuk menentukan jawaban, dan poin setiap soal.

Pertama klik pada salah satu soal yang akan Anda berikan jawaban.

Kemudian klik tombol Answer key dibawah daftar pilihan jawaban soal Anda.

Selanjutnya pilih salah satu jawaban yang dianggap benar, dengan cara mengklik pada pilihan jawaban tersebut.

Setelah Anda memilih jawaban yang benar, berikan jumlah poin jika peserta menjawab dengan benar, dan terakhir klik tombol Done.

Membuat Section Sesuai Soal Yang Ditampilkan

Daftar soal yang banyak dapat membuat form Anda terlihat lebih panjang, untuk membuat lebih pendek, Anda bisa menggunakan fitur Section.

Jika Anda ingin menambahkan section klik tombol Add section (tombol dua balok) disamping kanan form Anda.

Setelah menambahkan section, tuliskan judul dan deskripsinya, selanjutnya drag beberapa form input yang akan Anda masukkan pada section tersebut.

Mengatur Limit Berapa Kali Menjawab Soal

Idealnya setiap peserta menjawab soal hanya satu kali, namun pada aplikasi Google Form jika tidak diatur terlebih dahulu, setiap peserta bisa mengerjakan soal berulang kali.

Agar peserta hanya bisa menjawab satu kali, Anda harus mengatur limit response.

Untuk mengaturnya klik tombol Settings disamping tombol Send pada menu bagian atas.

Selanjutnya pada Requires sign in, Anda checklist Limit to 1 response, kemudian klik tombol Save.

Membuat Spreadsheet Untuk Rekap Nilai Dari Jawaban Setiap Soal

Setelah selesai membuat soal dan daftar jawaban, selanjutnya Anda buat Spreadsheet untuk merekap nilai setiap peserta.

Baca Juga :  9 Strategi Pembelajaran Pada Era Edukasi 4.0

Untuk membuat file Spreadsheet, Anda klik menu Respones, kemudian klik tombol Create Spreadsheet yang berwarna hijau.

Cara Membagikan Google Form

Usai membuat Google formulir, cara menggunakan Google Form berikutnya adalah membagikan formulirmu melalui beberapa media, seperti email, link Google Drive, atau menambahkan embed di website, ini caranya:

Membagikan Melalui email atau link:

  1. Klik tombol “Send” di sebelah kanan atas seperti pada gambar
  2. Setelah itu, akan muncul pilihan media membagikan formulir, “Send via”. Pilih icon surat untuk pengiriman melalui email dan icon rantai untuk membagikan dalam bentuk link atau tautan.

 

Memeriksa Hasil Isian Google Form

Jika sudah mengikuti cara membuat Google Form, membagikan formulirmu hingga mengumpulkan data yang kamu perlukan, kamu bisa segera mengecek hasil respon pengisi formulir di menu Response, ikuti cara mudahnya:

  1. Di halaman dashboard Google Form, pilih “Responses”. Hasil respon ini nantinya bisa kamu lihat dalam bentuk ringkasan (summary), per pertanyaan, atau jawaban per individu. Gunakan sesuai keperluanmu.

     

  2. Kamu bisa segera menginput data ke Google Spreadsheet atau mengirim hasil respon ke format lain, seperti .csv atau segera mencetak hasil respon yang sudah ada.

Berbagai Fungsi Google Form

Ketika masuk ke halaman dashboard Google Form, kamu akan menemukan beberapa templat rekomendasi yang bisa digunakan untuk membuat formulir. Namun, selain beberapa rekomendasi Google, ada beberapa fungsi Google Form lain yang bisa kamu manfaatkan, misalnya:

  • Sebagai formulir pendataan kontak

Biasanya informasi ini digunakan untuk mengoleksi data berupa email demi tujuan pemasaran atau informasi kontak keanggotaan.

  • Sebagai formulir pendaftaran kerja

Tanpa perlu membuat formulir menggunakan format sejenis Google Docs, kamu hanya perlu memasukkan pertanyaan dan jenis jawaban kandidat karyawan yang kamu inginkan.

  • Sebagai formulir isian reservasi event

Baca Juga :  Tingkat Kelangkaan Kartu Yu-Gi Oh! Forbidden Memories

Tanpa perlu mengirimkan format pendaftaran secara manual, kamu bisa mengirimkan link yang berisi formulir untuk meminta data, bahkan memberikan informasi yang diperlukan dari Google Form.

  • Sebagai kuesioner

Kuesioner bisa untuk berbagai tujuan, seperti kritik, saran, pertanyaan, umpan balik (feedback) untuk evaluasi, bahkan untuk penelitian ilmiah.

  • Sebagai formulir pendaftaran lomba

Menggunakan pilihan “File upload”, kamu juga bisa menggunakan formulir Google Form untuk mengumpulkan file yang dibutuhkan, baik untuk perlombaan, perekrutan karyawan, atau apa pun sesuai keperluanmu.

  • Sebagai formulir pembelian produk

Tanpa perlu melakukan pencatatan manual, kamu bisa menyertakan Google Form juga untuk para pembeli produkmu. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan website toko online agar pembeli bisa langsung melakukan pembelian dan data mereka pun otomatis tersimpan di database-mu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.