Cara Menuliskan Persamaan Reaksi – Materi Kimia Kelas 10 Semester 2

gurune.net – Cara Menuliskan Persamaan Reaksi – Materi Kimia Kelas 10 Semester 2 . Sobat guru, dalam ilmu kimia pasti kita sering menjumpai berbagai macam reaksi. Ternyata, penulisan reaksi kimia mempunyai aturan khusus agar tidak terjadi salah baca dan kesalahan dalam memahami reaksi. Kali ini, gurune akan membahas tentang cara menuliskan persamaan reaksi. Materi ini sobat guru pelajari pada mata pelajaran kimia kelas 10 Semester 2.

Persamaan Reaksi

persamaan reaksi adalah penulisan reaksi dengan menyatakan lambang unsur atau rumus kimia senyawa yang terlibat dalam reaksi . Pada suatu reaksi kimia terdapat dua jenis zat yaitu pereaksi(reaktan)  dan hasil reaksi (produk). Rumus umum persamaan reaksi sebagai berikut :

reaksi kimia yang belum setara (jumlah atom unsur pada ruas kiri tidak sama dengan jumlah atom unsur ruas kanan). Perlu penyetaraan dulu agar reaksi kimia tersebut setara.

Untuk menyetarakan reaksi kimia sobat guru bisa baca uraian berikut :

a. Rumus kimia zat-zat

Zat-zat yang terlibat dalam reaksi kimia dinyatakan oleh rumus kimianya. Rumus pereaksi berada di ruas kiri dan hasil reaksi berada di ruas kanan. Kedua ruas dihubungkan oleh tanda panah yang menyatakan arah reaksi.

b. Koefisien reaksi

Koefisien reaksi menyatakan jumlah partikel dari setiap pereaksi dan produk reaksi. Pada contoh di atas, 2 molekul Na bereaksi dengan 1 molekul Cl2 menghasilkan 2 molekul NaCl. Koefisien reaksi 1 umumnya tidak ditulis.
Untuk menghitung jumlah atom unsur, sobat guru perhatikan berikut :

Contoh :

Pada suatu persamaan reaksi kimia berlaku ;  jumlah atom pada ruas kanan = jumlah atom pada ruas kiri

Sehingga, ika suatu reaksi kimia belum setara maka harus disetarakan dulu dengan urutan atom-atom yang disetarakan sebagai berikut :

Baca Juga :  Indikator Asam Basa Materi Kimia Kelas 11

Atom Logam – Atom Non Logam selain H dan O – Atom H – Atom O

 

c. Wujud zat

terkadang kita perlu mencantumkan wujud zat-zat yang terlibat dalam suatu reaksi. Wujud zat ditulis dengan singkatan dalam tanda kurung, sebagai subskrip pada belakang rumus kimia zat yang bersangkutan.

Cara Penyetaraan Persamaan Reaksi

 

Penutup

Demikian pembahasan Cara Menuliskan Persamaan Reaksi . Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.