Gugus Fungsi Senyawa Hidrokarbon Materi Kimia Kelas 12 SMA/MA

Kimiawan terdahulu, menyebut senyawa yang ada di hewan dan tumbuhan dengan senyawa organik. Setelah diteliti, ditemukan bahwa semua senyawa organic yang ada di alam, memiliki kesamaan yakni mengandung unsur karbon dan hidrogen. secara umum senyawa yang mengandung unsur karbon dan hidrogen disebut dengan senyawa hidrokarbon.

Perhatikan senyawa hidrokarbon berikut:

Kedua senyawa diatas memiliki jumlah unsur Karbon ( C) dan Hidrogen (H) yang sama, namun memiliki sifat yang sangat berbeda. Hal ini disebabkan karena satu atom -H pada gambar pertama digantikan dengan gugus –OH pada gambar kedua. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya perbedaan yang signifikan pada senyawa karbon diatas.

-OH adalah salah satu gugus fungsi. Gugus Fungsi adalah atom atau gugus atom yang menjadi ciri khas suatu senyawa dimana hal ini menentukan struktur dan sifat suatu senyawa. Senyawa dengan gugus fungsi sama biasanya mempunyai karakteristik yang mirip sehingga disatukan pada golongan yang sama.

Tabel Gugus Fungsi


Ket: R = Alkil

 Gugus fungsi itulah yang merupakan bagian paling reaktif jika senyawa tersebut bereaksi dengan senyawa lain.  Sehingga jika senyawa hidrokarbon ini direaksikan dengan senyawa lain, gugus fungsilah yang akan mengalami perubahan.

Selamat belajar, semoga bermanfaat!

Baca Juga :  Administrasi Yang Harus Disiapkan Guru SD di Tahun Pelajaran 2019/2020 K-13 Revisi 2018