Hikmah Hijrah Nabi Muhammad SAW

gurune.net – Hikmah Hijrah Nabi Muhammad saw. Setelah kita mempelajari Cerita Bergambar ( cergam ) dan Intisari Cerita Kisah Perjalanan Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah.

Kali ini kita akan membahas materi lanjutan dari materi sebelumnya, yaiti tentang Hikmah Hijrah Nabi Muhammad saw.

Apa saja teladan dan hikmah hijrah Nabi Muhammad SAW ?

mari kita ulas disini…

Kisah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah memiliki nilai sejarah yang sangat berpengaruh dalam perjalanan dakwah Islam dan kehidupan kaum muslimin. Sejak Nabi Muhammad saw. dan para sahabat tinggal di Madinah
dakwah Islam terus berkembang dan mengalami kemajuan yang pesat. Tahukah kalian hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah? Banyak pelajaran dan hikmah dari kisah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah, antara lain:

Peristiwa 1

Pada peristiwa hijrah ini Nabi Muhammad saw. bersama Abu Bakar melakukan perencanaan yang matang sebagai usaha untuk keselamatan. Sedangkan ketika berada di gua Ṡūr Nabi saw. dan Abu Bakar memasrahkan diri kepada Allah Swt. secara penuh.

Pelajaran/hikmah

Setiap Muslim hendaknya mampu menempatkan usaha dan kepasrahan kepada Allah Swt. dalam menghadapi
suatu peristiwa.

Teladan

Ulet dan tawakal

Peristiwa 2

Sikap Nabi Muhammad saw. yang menolak menerima hadiah unta dari Abu Bakar padahal sebelumnya beliau menerima hadiah-hadiah bahkan menganjurkan untuk saling bertukar hadiah.

Pelajaran/hikmah

Ini memberi pelajaran bahwa dalam berjuang, seseorang harus dapat memberi segala yang dimilikinya hingga cita-cita perjuangan Islam tercapai. Tidak menanti hadiah dan imbalan atas perjuangan itu.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Tujuan Diutusnya Rasul, PAI Kelas 4 SD Halaman 124

Teladan Ikhlas dan rela berkorban

Peristiwa 3

Keterlibatan semua kelompok dalam hijrah ini.Kelompok lelaki dewasa, Abu Bakar dan ‘Amir bin Fuhairah; pemuda, yakni Abdullah putra Abu Bakar, remaja yakni Ali bin Abi Talib, perempuan yakni Asma’ putri Abu
Bakar dan yang terakhir non Muslim yaitu Abdullah bin Uraiqiṭ.

Pelajaran/hikmah

Perlunya keterlibatan semua kelompok dalam upaya mencapai cita-cita bersama.

Teladan

Kerjasama

Akhir Kata

Itulah hikmah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah yang dapat kita ambil pelajaran dari perjalanan Nabi ke Madinah. Semoga bermanfaat.

Pesan Moral

Kata-kata pertama Nabi Muhammad saw. saat tiba di Quba menjelaskan kepada orang Islam tentang tanggung jawab mereka yang paling mendasar:

Tebarkan kedamaian (salām), beri makan orang yang kelaparan, hormati hubungan kekeluargaan, salatlah saat orang tertidur lelap, maka engkau akan memasuki surga dengan kedamaian (bissalām).

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.