Jawaban Lengkap IPAS Halaman 114-115 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 114-115 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada soal “Mari Mencoba” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi BAB 4 tentang “Mengubah Bentuk Energi” Topik C “Energi yang Bergerak”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 114-115 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 114-115 Kelas 4 SD/MI

Mari Mencoba

Tidak semua pergerakan energi bisa kita lihat dengan mata. Namun ,ada beberapa percobaan yang membantu kalian mempelajarinya dengan lebih mudah.

Percobaan 1: Energi Cahaya

Alat dan bahan

  1. Kotak dus dengan ukuran cukup besar, seperti dus makanan atau sepatu.
  2. Kertas hitam untuk alas.
  3. Gunting/cutter.
  4. Pensil.
  5. Senter.
  6. Penggaris

Langkah Percobaan:

1. Buatlah lubang kecil ukuran 0,5-1 cm pada sisi depan dan belakang kardus. Pastikan lubang dalam posisi yang sama. Gunakan penggaris sebagai alat bantu.

2. Pastikan dus tidak dalam kondisi tertutup dan kalian bisa melihat bagian dalam dus.

3. Simpan dus di atas kertas hitam.

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPAS Halaman 61 Kelas 4 SD/MI

4. Nyalakan senter dan arakan sinarnya ke lubang pada dus.

5. Amati bagian dalam dus dan cahaya di lubang yang lain.

6. Diskusikan dengan kelompok kalian pertanyaan berikut.

a. Transformasi energi apa yang terjadi pada senter?

Jawaban
Senter memanfaatkan perubahan energi yaitu perubahan energi kimia dari baterai menjadi energi cahaya yang terang

b. Apa yang terlihat pada bagian dalam dus saat disinari dengan senter?

Jawaban
Seharusnya akan terlihat sinar lurus

c. Apa yang terlihat pada lubang satunya saat disinari dengan senter?

Jawaban
Ada cahaya yang keluar dari lubang, seharusnya cahaya terlihat lurus

d. Bisakah kalian mengamati pergerakan cahayanya? Ke mana cahaya bergerak?

Jawaban
Ya bisa, pergerakan cahaya bisa diamati dari sumber datangnya cahaya ke arah lurus di depannya

7. Tuliskan hasil diskusi pada buku tugas.

Penjelasan

Cahaya adalah sinar atau terang yang memungkinkan mata menangkap bayangan benda-benda di sekitarnya. Sifat cahaya antara lain :

Cahaya Dapat Merambat Lurus

Cahaya bersifat dapat merambat lurus. Sifat ini dapat terlihat saat senter disorotkan ke depan, maka cahaya senter akan merambat lurus sesuai arah yang dituju. Rambatan cahaya dapat menembus benda bening atau transparan, contohnya adalah seperti kaca jendela rumah.
Sementara itu, sejumlah benda lainnya dapat meneruskan rambatan cahaya yang datang dan menyebarkan sebagian lainnya. Benda ini dinamakan benda translusens. Contohnya adalah seperti kain gorden tipis dan beberapa jenis plastik.

Cahaya dapat menembus benda bening
Cahaya bisa menembus benda yang bening. Hal ini bisa terjadi karena benda bening mampu meneruskan cahaya. Contohnya, pada siang hari cahaya dari sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam rumah melalui jendela kaca. Cahaya dapat digabungkan dari dua gelombang atau lebih.

Baca Juga :  Download Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) SD Lengkap Kurikulum Merdeka

Cahaya dapat dipantulkan
Ketika cahaya mengenai permukaan yang datar dan licin, cahaya akan mengalami pemantulan teratur, contohnya pada cermin. Ketika bercermin di cermin datang, orang bisa melihat pantulan dirinya sama besar dengan aslinya karena cahaya dipantulkan oleh cermin tersebut.
Sementara itu, pemantulan pada cermin cekung memiliki sifat bayangan lebih besar dari ukuran benda asli. Adapun sifat bayangan pada cermin cembung yaitu lebih kecil dari ukuran asli benda.
Ketika cahaya mengenai permukaan kasar, terjadi pemantulan baur (difus). Contoh, sebuah ruangan terkena cahaya pada siang hari membuatnya tidak gelap meskipun lampu tidak dinyalakan. Sebab, cahaya Matahari dipantulkan oleh benda-benda di ruangan tersebut.

Cahaya dapat dibiaskan
Pembiasan cahaya adalah peristiwa pembelokan cahaya saat merambat dari satu medium ke medium lain yang punya indeks bias berbeda. Pembiasan terjadi karena ada perbedaan kelajuan gelombang cahaya saat merambat di dua medium berbeda.
Contoh sifat cahaya dapat dibiaskan yaitu saat berenang dan meletakkan sebilah tongkat ke dalam air yang terkena cahaya matahari, maka tongkat akan tampak lebih besar dari ukuran sebenarnya.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 114-115 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 105 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 106-107 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 108-110 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 110 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 113 Kelas 4 SD/MI

Azis Setiawan

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jawaban Lengkap IPAS Halaman 114-115 Kelas 4 SD/MI yang dipublish pada 2024-03-16 di website Gurune.net

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.