Jawaban Lengkap IPAS Halaman 106-107 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 106-107 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada soal “Mari Mencoba” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi BAB 4 tentang “Mengubah Bentuk Energi” Topik B “Energi yang Tersimpan”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 106-107 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 106-107 Kelas 4 SD/MI

Mari Mencoba

Yuk, kita lakukan beberapa percobaan untuk lebih memahami apa itu energi potensial. Perhatikan instruksinya terlebih dahulu sebelum memulai.

Energi Potensial pada Lilin
Alat dan bahan

  1. Lilin 1 batang.
  2. Korek api.
  3. Wadah untuk menyimpan lilin.

Keamanan
Harap berhati-hati saat melakukan percobaan dengan api. Selalu fokus dan ikuti instruksi. Minta bantuan guru kalian jika merasa kesulitan.

Langkah Percobaan

1. Nyalakan lilin dengan korek api dan simpan pada wadah lilin.

2. Setelah melakukan percobaan jawablah pertanyaan berikut pada buku tugas.

a. Energi apa yang tersimpan oleh batang lilin dan korek api?

Baca Juga :  Apakah perbedaan peranan pembuluh nadi dan pembuluh balik?

Jawaban
Energi yang tersimpan oleh batang lilin dan korek api adalah Lilin dan korek menyimpan energi kimia yang dapat menyala jika dipanaskan atau digesekkan

b. Jika keduanya dalam keadaan mati, apakah kalian melihat energi dari benda ini?

Jawaban
Saat keadaan mati atau tidak dinyalakan seperti tidak ada energi yang tampak.

c. Energi apa yang terbentuk saat korek api dan lilin dinyalakan?

Jawaban
Energi panas dan energi cahaya. Sebab, saat tangan didekatkan ke lilin atau korek api yang menyala akan terasa panas dan menjadi sumber cahaya yang menerangi. Misalnya saat mati lampu.

d. Transformasi energi apa yang terjadi pada kegiatan ini?

Jawaban
Transformasi energi yang terjadi yaitu energi kimia menjadi energi panas dan cahaya

3. Matikan lilin dan catat hasil diskusi pada buku tugas

Penjelasan

Gesekan, Proses Pertama Menyalakan Api dari Batang Korek

Coba kalian menangkupkan dua tangan dan menggosoknya! Itu namanya gesekan. Semakin digosok, pasti permukaan tangan teman-teman menjadi hangat. Saat ada di tempat dingin, kita bisa melakukannya untuk membantu menghangatkan tubuh.
Ini karena gesekan mengubah energi kinetik (gerak) menjadi energi termal (panas). Gesekan ini adalah proses penting dalam menciptakan api dari batang korek, teman-teman. Di sisi kardus kemasan batang korek, ada bagian berwarna cokelat atau kemerahan. Bagian kemasan ini jika digesekkan ke batang korek akan menghasilkan api. Kok bisa, ya?
Rupanya, di bagian sisi kardus kemasan batang korek ini diberi sedikit bubuk kaca supaya permukaannya kasar. Sehingga saat kita menggesek batang korek pada sisi kemasan tercipta gesekan yang bisa mengubah energi gerak jadi energi panas. Energi panas ini akan memulai proses kedua menyalanya api dari batang korek, yaitu reaksi kimia.
Saat batang korek api digesekkan, ada energi panas yang tercipta. Energi panas ini membuat rantai fosfor merah patah, teman-teman. Kemudian, sebagian fosfor merah itu berubah menjadi senyawa kimia yang disebut fosfor putih. Fosfor putih inipun bereaksi dengan oksigen di sekitarnya dan membuat lebih banyak energi panas.
Tapi, untuk membuat api menyala, ada tiga hal yang dibutuhkan, yaitu bahan bakar, panas, dan oksigen

Baca Juga :  Persejen Nomor 4 Tahun 2021 ( File Download )

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 106-107 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 96 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 97-99 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 100-101 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 102 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 105 Kelas 4 SD/MI

Azis Setiawan

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jawaban Lengkap IPAS Halaman 106-107 Kelas 4 SD/MI yang dipublish pada 2024-02-14 di website Gurune.net

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.