Jawaban Lengkap IPAS Halaman 163 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 163 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada soal “Pertanyaan Esenisal” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi BAB 6 tentang “Indonesiaku Kaya Budaya” Topik C “Manfaat Keberagaman dan Melestarikan Keberagaman Budaya”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 163 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 163 Kelas 4 SD/MI

Pertanyaan Esenisal

1. Apa manfaat keberagaman budaya di Indonesia?

Jawaban
Keberagaman budaya bisa jadi salah satu alasan untuk mewujudkan persatuan bangsa karena ada upaya saling menghargai dan menghormati budaya yang berbeda. Jika disikapi dengan baik dan bijak, keberagaman sosial budaya bisa membawa manfaat untuk mewujudkan integrasi bangsa.

Manfaat keberagaman sosial budaya suatu bangsa, di antaranya:

Menjadi Identitas Bangsa di Mata Dunia
Keberagaman sosial budaya suatu bangsa bisa mendorong terbentuknya identitas khusus yang membedakan bangsa yang satu dengan bangsa lainnya. Identitas suatu bangsa akan membuat sebuah bangsa dikenali oleh bangsa lainnya. Hal ini akan menjadi salah satu cara untuk mempromosikan kekayaan atau keberagaman budaya sebuah bangsa di mata global.

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPAS Halaman 122 Kelas 4 SD/MI

Menjadi Aset Wisata
Berkaitan dengan poin pertama, kekayaan dan keberagaman sosial budaya bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang datang berkunjung ke sebuah negara. Hal ini bisa membawa keuntungan bagi negara lewat pemasukan devisa dari penukaran mata uang asing para wisatawan.

Mendekatkan Persaudaraan antara Masyarakat
Meski dianggap sebagai jurang pemisah antara masyarakat yang berbeda suku dan budaya, jika dihadapi dengan kepala dingin dan pengertian, perbedaan sosial budaya bisa jadi sarana memperkuat persaudaraan. Budaya yang berbeda tentunya akan mendorong sikap saling menghargai dan menghormati antar masyarakat. Hal ini menjadi salah satu faktor yang penting dalam mewujudkan sebuah integrasi nasional.

Mendorong Nasionalisme
Rasa memiliki yang muncul dari kesadaran keberagaman sosial budaya yang dimiliki sebuah bangsa akan memunculkan rasa nasionalisme. Perasaan ini merupakan sebuah ungkapan kebanggaan individu terhadap kekayaan asli bangsanya sendiri.

Sumber Ilmu dan Pengetahuan
Keberagaman sosial budaya suatu bangsa akan jadi sumber pengetahuan berharga, tak hanya bagi masyarakat lokal tapi juga untuk wisatawan mancanegara yang menaruh perhatian pada seni dan budaya tertentu.
Budaya enggak hanya dinikmati oleh penduduk asli tapi juga menjadi sumber ilmu dan pengetahuan berharga bagi orang-orang asing yang ingin mempelajari atau mengamatinya. Rasa memiliki yang muncul dari kesadaran keberagaman sosial budaya yang dimiliki sebuah bangsa akan memunculkan rasa nasionalisme.

2. Bagaimana cara melestarikan keberagaman budaya di Indonesia?

Jawaban
Memahami cara melestarikan budaya di Indonesia merupakan hal penting, berikut 3 cara melestarikan keberagaman budaya di Indonesia

Mengenalkan Budaya
Cara melestarikan budaya di Indonesia yang pertama ialah mengenalkan budaya Indonesia atau budaya di daerah. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menghadiri dan mendukung pertunjukan kebudayaan. Selain itu, kamu bisa mengajarkan tarian hingga musik tradisional kepada orang sekitar wilayah tempat tinggalmu.

Baca Juga :  Administrasi Yang Harus Disiapkan Guru SD di Tahun Pelajaran 2019/2020 K-13 Revisi 2018

Memahami Budaya Sendiri
Cara melestarikan budaya di Indonesia selanjutnya ialah memahami budaya itu sendiri dengan mempelajarinya. Secara umum budaya setiap daerah berbeda-beda satu dengan lainnya. Memahami budaya bisa dengan mempelajari sejarah, bahasa daerah, pakaian adat, rumah adat, hingga kesenian.

Tidak Terpengaruh Budaya Asing
Cara melestarikan budaya di Indonesia berikutnya ialah tak terpengaruh budaya asing yang masuk ke dalam negeri. Terutama dengan adanya teknologi, budaya asing seperti K-pop atau lainnya mudah diterima masyarakat luas.
Melupakan budaya sendiri bisa menjadi salah satu penyebab budaya Indonesia semakin terasingkan. Kamu tak dilarang untuk melihat tren dunia yang ada, tetapi jangan meninggalkan kebudayaan Indonesia. Oleh sebab itu, kamu bisa lebih mempelajari budaya di Indonesia agar tak meninggalnya

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 163 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga:

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 153-154 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 154 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 157 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 158-159 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 162 Kelas 4 SD/MI

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.