Jawaban Lengkap IPAS Halaman 154 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 154 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada soal “Mari Refleksikan” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi BAB 6 tentang “Indonesiaku Kaya Budaya” Topik A “Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 154 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 154 Kelas 4 SD/MI

Mari Refleksikan

1. Apa kebiasaan masyarakat yang masih terlihat di lingkungan kalian?

Jawaban
Salah satu kebiasaan masyarakat yang masih terlihat dilingkungan adalah kebiasaan masyarakat dalam menggunakan bahasa daerah atau Bahasa jawa. Selain itu juga masih ada beberapa tadisi masyarakat lainnya yang masih dilesatarikan samapai sekarang di beberapa daerah yaitu

Tradisi Syawalan
Tradisi Syawalan adalah salah satu tradisi yang dilakukan selama 7 hari setelah merayakan hari raya Idul Fitri. Masyarakat setempat menjuluki tradisi syawalan dengan nama tradisi lebaran ketupat

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPAS Halaman 106-107 Kelas 4 SD/MI

Tradisi Wetonan
Tradisi wetonan adalah upacara yang dilakukan guna menyambut bayi yang baru lahir. Tradisi wetonan ini dilakukan supaya nantinya bayi tersebut akan terhindar dari bahaya serta bisa mendapatkan rezeki serta keberuntungan yang lebih

Upacara Ruwatan
Upacara ruwatan juga masih dilestarikan hingga sekarang sebagai tradisi Jawa Tengah.

Upacara Larung Saji
Upacara larung saji dilakukan dengan cara menghanyutkan beberapa bahan makanan berupa hasil panen dan hewan sembelihan ke lautan dengan menggunakan perahu. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur pada Sang Pencipta akan hasil laut yang telah diberikan kepada para nelayan. Selain itu, upacara ini juga dilakukan guna mendoakan keselamatan para nelayan agar bisa melaut dengan selamat.

Upacara Tingkeban
Upacara tingkeban adalah upacara yang dilakukan usia kandungan baru berusia tujuh bulan.

2. Apa manfaat dan fungsi kearifan lokal yang ada di daerah kalian?

Jawaban
Manfaat dan fungsi kearifan lokal yang ada di daerah saya adalah dapat memberikan pandangan dan nilai-nilai bermanfaat untuk menjalankan kehidupan. Manfaat dan fungsi dari kearifan lokal lainnya adalah menjadi ciri utama sebuah masyarakat yang mencakup adat dan istiadat

3. Bagaimana sikap kalian terhadap perbedaan kearifan lokal yang ada?

Jawaban
Sikap kita terhadap perbedaan kearifan lokal yang adalah dengan menghargai setiap perbedaan yang ada dan toleransi terhadap perbedaan.

4. Bagaimana cara melestarikan kebiasaan masyarakat yang unik agar tetap lestari?

Jawaban
Cara melestarikan kebiasaan masyarakat yang unik agar tetap lestari adalah sebagai berikut.

– Dengan menggunakan produk lokal.
– Mempromosikan kebiasaan masyarakat.
– Mengambil nilai-nilai positif dari kebiasaan masyarakat.

5. Apa yang akan kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari setelah mempelajari kearifan lokal ini?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Matematika Latihan 5.3 Kelas 9 Halaman 303

Jawaban
Setelah mempelajari kearifan lokal ini saya akan menerapkan hal-hal positif yang bermanfaat, seperti lebih mengutamakan produk lokal yakni kebiasaan minum jamu, memakai batik, kemudian berperilaku yang sopan dan bertutur kata yang baik.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 154 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 140 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 142 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 145 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 152 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 153-154 Kelas 4 SD/MI

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.