Jawaban Lengkap IPAS Halaman 140 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 140 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada soal “Mari Refleksikan” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi BAB 5 tentang “Cerita Tentang Daerahku” Topik B “Daerahku dan Kekayaan Alamnya”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 140 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 140 Kelas 4 SD/MI

Mari Refleksikan

1. Menurut kalian, apa kekayaan daerah kalian yang paling penting? Mengapa?

Jawaban
Menurut saya adalah danau dan waduk karena dapat karena menjadi sumber perekonomian untuk masyarakat sebagai sarana pariwisata atau dapat memenuhi kebutuhan masyarakat daerah akan kebutuhan air bersih.

Dengan tersedianya kebutuhan air yang melimpah akan mempengaruhi pada sektor pertania. Jika air tidak ada maka para petani tidak dapat mengairi sawahnya. Dengan kondisi seperti itu akan menyebabkan terjadinya gagal panen. Namun, jika tersedia air dengan volume yang banyak maka para petani dapat mengairi sawahnya dan bisa menghasilkan padi dengan kualitas bagus.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Menemukan Kata-Kata Dalam Teks “Sabana Sumba”

2. Menurut kalian, adakah keterkaitan antara kenampakan alam/ bentang alam daerah tempat tinggal kalian dengan potensi kekayaan alam yang dimiliki daerah kalian? Coba ceritakan dengan singkat.

Jawaban
Ada. Misalnya bentang alam sangat berkaitan erat dengan ketersediaan kekayaan alam yang ada di sana. Seperti di daerah saya yang termasuk dalam wilayah dataran rendah yang cocok untuk pertanian. Masyarakat di daerah saya mayoritas merupakan petani, selain itu juga ada sebagian yang melakukan aktivitas perkebunan.

3. Apa saja yang sudah dilakukan masyarakat daerah kalian untuk memanfaatkan kekayaan alam di daerah tempat tinggal kalian?

Jawaban
Memanfaatkan sumber daya alam yang ada dengan maksimal, menggunakan sumber daya alam dengan bijak, tidak melakukan eksploitasi sumber daya alam, menggunakan sumber daya alam seperlunya, melakukan pembaharuan sumber daya alam, misalnya menanam pohon di wilayah hutan yang sudah diambil kayunya, mengelola lahan pertanian atau perkebunan atau peternakan yang ada, mengolah sumber daya alam yang ada supaya bisa memiliki nilai untuk diekspor contohnya teh, kopi, dan tembakau, dan turut menjaga kelestarian sumber daya alam yang menjadi sumber kehidupan daerah.

4. Menurut kalian, seberapa penting mengelola kekayaan alam dengan bijak? Mengapa?

Jawaban
Sangat penting, supaya kekayaan alam dapat termanfaatkan dengan baik, tetap terjaga ketersediaannya dan juga kualitasnya. Selain itu, jika kita dapat mengelola kekayaan alam dengan baik akan berimbas kepada generasi berikutnya yang juga bisa menikmati kekayaan alam.

5. Apakah menurut kalian masyarakat di daerah tempat tinggal kalian sudah bijak dalam mengelola kekayaan alamnya dengan baik?

Jawaban
Sudah karena mereka melakukan penghijauan dan reboisasi untuk menjaga kelestarian aneka jenis flora, serta untuk mencegah terjadinya erosi dan banjir.

Baca Juga :  Bagian Tubuh Tumbuhan IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

6. Menurut kalian, apa hal yang dapat diupayakan untuk menjaga kelestarian kekayaan alam yang dimiliki daerah kalian, hingga dapat terus dinikmati oleh generasi berikutnya?

Jawaban
Caranya dengan memanfaatkan dengan bijak, tidak serakah dalam penggunaannya serta melakukan proses daur ulang serta pengolahan limbah agar pencemaran lingkungan bisa ditekan

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 140 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 133 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 134 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 135 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 138 Kelas 4 SD/MI

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.