Download Capaian Pembelajaran (CP) Lengkap Fase A – F

Download Capaian Pembelajaran (CP) Lengkap Fase A – F – Setelah diperkenalkannya Kurikulum Merdeka, istilah Capaian Pembelajaran (CP) sering kali didengar. Tetapi sebenarnya apa itu CP? Capaian Pembelajaran merujuk pada standar kompetensi minimum yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam setiap Mata Pelajaran yang mereka pelajari dalam Kurikulum Merdeka.

Jika sebelumnya dalam Kurikulum 2013, kita mengenal istilah Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), maka dalam Kurikulum Merdeka, konsep tersebut digantikan dengan istilah Capaian Pembelajaran (CP). Capaian Pembelajaran terdiri dari kumpulan kompetensi dan cakupan materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.

Baca Juga: Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XII Uji Kompetensi BAB I

Kurikulum Merdeka memiliki enam fase Capaian Pembelajaran, mulai dari fase A hingga fase F, yang mencakup seluruh mata pelajaran di jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SDLB, SMPLB, SMALB, Paket A, Paket B, dan Paket C). Pembagian fase dalam Capaian Pembelajaran ini ditetapkan oleh pemerintah, namun sekolah memiliki fleksibilitas dalam menentukan strategi, metode, dan pendekatan untuk mencapainya.

Ketentuan Capaian Pembelajaran (CP)

Capaian Pembelajaran (CP) dalam Revisi 2022 Kurikulum Merdeka untuk setiap Mata Pelajaran termasuk ketentuan sebagai berikut:

1. Capaian Pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diuraikan dalam Lampiran I.
2. Capaian Pembelajaran untuk jenjang SD/MI/Program Paket A, SMP/MTs/Program Paket B, dan SMA/MA/Program Paket C dijabarkan dalam Lampiran II (yang sedang anda baca).
3. Capaian Pembelajaran untuk Mata Pelajaran Kelompok Kejuruan di SMK/MAK terdapat dalam Lampiran III.
4. Capaian Pembelajaran untuk SDLB, SMPLB, dan SMALB dijelaskan dalam Lampiran IV.

Baca Juga: Apa Hubungan Informatika dengan Matematika

Pembahasan mengenai CP Revisi 2022 Kurikulum Merdeka untuk setiap jenjang dan mata pelajaran dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

Baca Juga :  Buku Daftar Nilai Kelas 1 SD/MI K-13 Revisi Lengkap Semester 1 dan 2

1. Rasionalitas capaian pembelajaran.
2. Tujuan Mata Pelajaran.
3. Karakteristik Mata Pelajaran.
4. Elemen dan Deskripsi elemen untuk setiap Mata Pelajaran.

Selain itu, Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran diatur berdasarkan Fase, yaitu:

– Fase A: Kelas I dan II SD/MI dan Program Paket A.
– Fase B: Kelas III dan IV SD/MI dan Program Paket A.
– Fase C: Kelas V dan VI SD/MI dan Program Paket A.
– Fase D: Kelas VII, VIII, dan IX SMP/MTs dan Program Paket B.
– Fase E: Kelas X SMA/MA dan Paket C.
– Fase F: Kelas XI dan XII SMA/MA dan Paket C.

Selain itu, terdapat juga Capaian Pembelajaran untuk Mata Pelajaran Tingkat Lanjut.

Download Capaian Pembelajaran (CP) Tiap Fase

Untuk informasi yang lebih lengkap, silakan akses Lampiran Surat Keputusan Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Nomor 033/H/KR/2022. Di bawah ini, Anda dapat mengunduh Lampiran I, II, III, dan IV dari Capaian Pembelajaran (CP) Revisi 2022 Kurikulum Merdeka untuk setiap mata pelajaran mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, hingga SLB. Selain itu, terdapat juga Capaian Pembelajaran Tingkat Lanjut untuk setiap mata pelajaran. Berikut adalah tautan unduhnya:

– Lampiran I: [tautan unduhan Lampiran I]
– Lampiran II: [tautan unduhan Lampiran II]
– Lampiran III: [tautan unduhan Lampiran III]
– Lampiran IV: [tautan unduhan Lampiran IV]

Baca Juga: Download Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum Merdeka SMP Terbaru Gratis

Dengan mengakses Lampiran-lampiran tersebut, Anda dapat memperoleh informasi lebih rinci mengenai Capaian Pembelajaran (CP) Revisi 2022 Kurikulum Merdeka untuk berbagai mata pelajaran dan tingkatan pendidikan, sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan Anda.

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPAS Halaman 72 Kelas 4 SD/MI

Penutup

Dengan adanya revisi terbaru dari Kurikulum Merdeka pada tahun 2022, diharapkan sistem pendidikan di Indonesia dapat semakin berkembang dan memberikan dampak yang positif bagi peserta didik. Melalui implementasi Capaian Pembelajaran yang terperinci dan komprehensif, diharapkan peserta didik dari berbagai jenjang pendidikan, baik dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut, dapat mengembangkan kemampuan dan potensi diri secara maksimal sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Pemerintah dan berbagai pihak terkait terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui berbagai kebijakan yang berfokus pada peningkatan Capaian Pembelajaran dan kualitas proses pembelajaran secara keseluruhan. Dengan memastikan bahwa setiap peserta didik memperoleh pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan zaman, diharapkan Indonesia dapat menghasilkan generasi yang kompeten dan siap menghadapi tuntutan global di era yang semakin dinamis ini.

Baca Juga: Download Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Lengkap SD, SMP, SMA

Sebagai penutup, penting bagi semua pihak terkait, termasuk pemerintah, sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat, untuk terus bekerja sama dalam mendukung dan memperkuat implementasi Kurikulum Merdeka, termasuk Capaian Pembelajaran yang telah direvisi. Dengan kolaborasi yang solid dan komitmen yang kuat, diharapkan pendidikan di Indonesia dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan bangsa yang berkelanjutan dan inklusif.

Arina S

Blogger full time yang sudah mendalami dunia blog sejak 2020 dan berusaha mempelajari dengan lebih baik lagi

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.