Jawaban Lengkap IPAS Halaman 145 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 145 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada soal “Mari Refleksikan” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi BAB 5 tentang “Cerita Tentang Daerahku” Topik C “Masyarakat di Daerahku”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 145 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 145 Kelas 4 SD/MI

Mari Refleksikan

1. Mata pencaharian apa yang dominan ada di daerah kalian?

Jawaban
Setiap daerah mata pencaharian masyarakatnya berbeda, seperti contoh di daerah pesisir pantai, mata pencaharian masyarakatnya sebagia besar adalah nelayan. Kemudian di daerah darataran rendah mata pencaharian masyarakatnya sebagian besar adalah petani padi, kalau di daerah dataran tinggi kebanyakan petani sayur.

2. Apakah bentang alam daerah kalian memengaruhi mata pencaharian di sana?

Jawaban
Tentunya saja sangat mempengaruhi, karena kenampakan alam/ bentang alam memiliki kaitan yang erat dengan ketersediaan sumber daya, dan umumnya dimanfaatkan masyarakat sebagai mata pencaharian utama

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPAS Halaman 40 Kelas 4 SD/MI

3. Apa perbedaan masyarakat di daerah kalian kini dengan dahulu?

Jawaban
Seiring waktu, akan ada pendatang yang memasuki suatu daerah.Ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, misalnya karena tuntutan pekerjaan hingga faktor pendidikan.Dengan masuknya pendatang, akan terjadi perubahan atau pergeseran budaya.Hal ini disebut sebagai akulturasi adalah percampuran dua kebudayaan atau lebih. Lalu apa lagi perbedaan masyarakat di daerah kalian kini dengan dahulu?

– Pekerjaan
Dahulu pekerjaan di deaerah saya menjadi pedagang atau petani. Kini terdapat perubahan, dimana pekerjaan di daerah saya menjadi beragam.

– Lebih Modern
Kini di daerah saya lebih maju dan modern, salah satunya karena adanya akses internet dan media sosial. Fashion juga menjadi salah satu perubahan yang terjadi di daerah saya.

– Lebih Mengenal Budaya Lain
Dengan masuknnya pendatang ke daerah saya, membuat saya mengetahui budaya lain. Saya jadi mengetahui budaya dan adat istiadat masyarakat pendatang

4. Hal menarik apa saja yang kalian dapatkan tentang adanya pendatang di daerah kalian?

Jawaban
Dengan masuknya pendatang ke daerah saya hadirnya keberagaman. Keberagaman tersebut termasuk bahasa dari pendatang tersebut. Enggak hanya itu, terjadi perubahan pekerjaan yang menjadi bervariasi.
Jika dahulu di daerah saya banyak yang bekerja menjadi pedagang dan petani, kini pekerjaan menjadi beragam. Dengan adanya pendatang tentu juga membawa hal positif. Salah satu hal positif dengan adanya pendatang yaitu semakin tingginya sikap toleransi dan perbedaan.

5. Menurut kalian, apa kelebihan dan kekurangan tentang keberadaan pendatang di daerah kalian?

Jawaban
Kekurangannya yaitu mereka kurang berinteraksi dengan masyarakat asli sekitar, sedangkan Kelebihannya yaitu masyarakat pendatang lebih inovasi dibanding masyarakat asli.

Baca Juga :  Penggunaan Benda Konduktor dan Isolator : Pembahasan dan Contoh Kunci Jawaban

6. Menurut kalian, sikap apa yang dapat dilakukan sebagai masyarakat untuk mendukung perkembangan daerah menjadi lebih baik?

Jawaban
Selalu mengikuti kegiatan yang diselenggarakan di daerah-nya masing-masing, ikut bergotong royong, selalu mensupport daerah-nya masing-masing, menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan, mendukung program pemerintah yang berkaitan dengan perkembangan daerah, dan masih banyak yang lainnya

7. Menurut kalian, seberapa penting kita perlu melestarikan dan menjaga budaya lokal? Mengapa?

Jawaban
Kebudayaan lokal harus dilestarikan agar kebudayaan tersebut tidak punah dan tidak diakui oleh negara lain, karena kebudayaan lokal dapat menjadi identitas dan warisan tak ternilai dari sebuah kelompok masyarakat atau negara.

8. Apa hal yang dapat diupayakan untuk menjaga adat budaya yang dimiliki daerah kalian, hingga dapat terus dinikmati oleh generasi berikutnya?

Jawaban
Hal yang dapat dilakukan untuk menjaga budaya daerah tetap terjaga dan dinikmati oleh generasiberikutnya adalah dengan cara: Mengenalkan budaya daerah seperti rumah adat dan baju adat kepada para pelajar di sekolah. Melestarikan penggunaan bahasa daerah. Melakukan pementasan seni budaya tradisional, seperti seni tarian daerah

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 145 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 134 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 135 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 138 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 140 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 142 Kelas 4 SD/MI

Azis Setiawan

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jawaban Lengkap IPAS Halaman 145 Kelas 4 SD/MI yang dipublish pada 2024-04-18 di website Gurune.net

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.