Jawaban Lengkap IPAS Halaman 142 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 142 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada soal “Pertanyaan Esensial” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi BAB 5 tentang “Cerita Tentang Daerahku” Topik C “Masyarakat di Daerahku”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 142 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 142 Kelas 4 SD/MI

Pertanyaan Esensial

1. Bagaimana kehidupan masyarakat di daerah tempat tinggal kalian?

Jawaban
Sebagian besar penduduk masih banyak yang tergantung pada alam dan memanfaatkan hasil dari alam. Penduduk daerah pegunungan juga banyak yang memanfaatkan suhu udara yang dingin untuk menanam sayuran dan tanaman perkebunan. Sedangkan penduduk di wilayah dataran rendah mengandalkan penghasilan mereka pada bidang pertanian.

2. Apa pengaruh kondisi geografis terhadap mata pencaharian penduduknya?

Jawaban
Kondisi geografis adalah keadaan di permukaan Bumi yang dilihat dari aspek letak, relief, iklim, cuaca, tanah, dan sumber daya.” Bisa juga diartikan bahwa kondisi geografis merupakan keadaan suatu wilayah yang dilihat dari beberapa aspek geografis.

Baca Juga :  Membuat daftar pertanyaan dan jawaban menggunakan kata tanya apa, siapa, di mana, bagaimana, dan mengapa dari bacaan Musyawarah

Mata pencarian penduduk sangat berkaitan dengan lokasi tempat ia tinggal. Artinya jika penduduk tinggal di desa, mata pencariannya sebagai petani. Begitu pula dengan di sekitar pantai, masyarakatnya akan bekerja sebagai nelayan. Ataupun penduduk yang hidup di daerah dataran tinggi yang mengandalkan mata pencahariannya pada bidang perkebunan.

Adapun pengaruh kondisi geografis terhadap mata pencarian penduduk adalah kondisi ini membedakan karakteristik pekerjaan penduduk. Karena manusia akan bekerja dengan mengandalkan sumber daya di sekitarnya. Oleh karena itu, kondisi geografis sangat memengaruhi mata pencarian penduduk.

Perbedaan letak, relief, hingga budaya tempat tinggal mengharuskan manusia untuk mau atau tidak mau beradaptasi dengan lingkungannya. Jika disimpulkan, pengaruh kondisi geografis terhadap mata pencarian penduduk adalah perbedaan karakteristik pekerjaan dan adaptasi manusia

3. Apa pengaruh masyarakat pendatang terhadap kehidupan masyarakat di daerah tempat tinggal kalian?

Jawaban
Pengaruh masyarakat pendatang
– Kehadiran pendatang membuat jenis pekerjaan di daerah saya menjadi lebih beragam.
– Ada percampuran budaya terhadap daerah tempat tinggal mu karena kedatangan oleh pendatang dari budaya lain atau bisa di sebut masyarakat asing.

4. Bagaimana sikap yang baik menghadapi kehadiran masyarakat pendatang?

Jawaban
Sikap yang baik untuk menghadapi masyarakat pendatang adalah harus bersikap baik dan ramah terhadap masyarakat pendatang. Membantu saat dia mengalami kesusahan dan menjaga kerukunan.

Contoh sikap yang baik menghadapi kehadiran masyarakat pendatang
– Membantu mereka mencari rumah, pekerjaan, dan pendidikan.
– Memberikan panduan untuk membantu mereka menyesuaikan diri dengan budaya setempat
– Berbagi pengetahuan dan informasi tentang daerah.
– Menghormati keberagaman dan budaya mereka.
– Berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat yang menyatukan pendatang dengan penduduk asli.
– Melibatkan mereka dalam kegiatan masyarakat dan komunitas

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas AD-K8-05 Meringkas Data dengan Pivot Tables

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 142 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 133 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 134 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 135 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 138 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 140 Kelas 4 SD/MI

Azis Setiawan

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jawaban Lengkap IPAS Halaman 142 Kelas 4 SD/MI yang dipublish pada 2024-04-18 di website Gurune.net

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.