Jawaban Lengkap IPAS Halaman 126 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 126 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada soal “Pertanyaan Esensial” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi BAB 5 tentang “Cerita Tentang Daerahku” Topik A “Seperti Apa Daerah Tempat Tinggalku Dahulu?”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 126 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 126 Kelas 4 SD/MI

Pertanyaan Esensial

1. Bagaimana cerita asal mula daerah tempat tinggal kalian?

Jawaban
Contoh Jawaban

Aku tinggal di Jawa Tengah, kerajaan yang mempengaruhi daerah tempat tinggalku adalah Kerajaan Kalingga. Kerajaan Kalingga adalah kerajaan bercorak Hindu Buddha yang berada di Jawa Tengah sekitar abad ke-6 Masehi. Sejarah Kerajaan Kalingga dapat diketahui dari jejak peninggalan yang ada saat ini.
Salah satu penguasa Kalingga yang terkenal mampu membawa kemajuan kerajaan yaitu Ratu Shima atau Dewi Wasuwari. Pada masa kepemimpinannya, Ratu Shima dikenal sebagai sosok yang tegas, berwibawa, dan adil, sehingga rakyatnya dapat hidup dengan aman, nyaman, serta berkecukupan. Kejayaan Kalingga ini dibuktikan dengan kemajuan di berbagai sektor seperti ekonomi, pertanian, militer, perdagangan, dan agama.

Baca Juga :  Download Contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) SD

Kerajaan Kalingga memiliki sejumlah peninggalan. Berikut peninggalan Kerajaan Kalingga:

– Prasasti Tuk Mas ditemukan di lereng barat Gunung Merapi yang berisi pesan mengenai hubungan manusia dengan dewa-dewa Hindu.
– Prasasti Sojomerto ditemukan di Desa Sojomerto, Jawa Tengah dan bertuliskan silsilah keluarga Dapunta Syailendra sebagai tokoh pencetus Kerajaan Kalingga.
– Candi Angin terletak di Kecamatan Keling yang menurut sejarah pernah menjadi tempat penyembahan karena di bagian bangunan candi terdapat sebuah pusaran angin.
– Candi Bubrah berlokasi di Desa Tempur, Jepara yang diduga menjadi pintu utama atau gapura sebelum menuju Candi Angin karena jaraknya hanya sekitar 500 meter.
– Puncak Songolikur adalah puncak tertinggi Gunung Muria di Jawa Tengah, peninggalan Kerajaan Kalingga. Di sana ditemukan banyak arca dan tempat pemujaan.

2. Siapa saja tokoh lokal yang memiliki peran dalam perkembangan daerah tempat tinggal kalian?

Jawaban
Tokoh lokal yang memiliki peran dalam perkembangan daerah tempat tinggal saya adalah para sesepuh dan tokoh masyarakat sekitar.

3. Apa sajakah hal yang berbeda dari daerah tempat tinggal kalian di masa dahulu dan kini?

Jawaban
Hal yang berbeda dari daerah tempat tinggal saya di masa lalu dan masa sekarang adalah

– Jalanan raya. Di masa lalu, jalan raya sempit dan tidak beraspal. Sekarang jalan raya di daerahku lebar dan semuanya diaspal.
– Telepon umum. Saat ini di daerahku sudah tidak dijumpai telepon umum dan juga telepon rumah. Orang-orang sekarang berkomunikasi menggunakan ponsel genggam.
– Di masa lalu, di daerahku penerang menggunakan lilin atau lampu minyak. Sekarang semua rumah menggunakan lampu yang memanfaatkan energi listrik.
– Di masa lalu, televisi di daerahku hanya satu dua. Saat ini hampir semua rumah punya televisi.
– Di masa lalu, orang-orang mengambil air di sumur. Sekarang, kebutuhan air bisa dihadirkan langsung di masing-masing rumah, dengan sumur buatan atau PAM.
– Di masa lalu, pekerjaan hampir semua orang di daerahku adalah petani. Di masa sekarang, hanya segelintir orang saja yang masih bekerja sebagai petani.

Baca Juga :  Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 128

4. Mengapa kita harus menjaga peninggalan sejarah daerah tempat tinggal?

Jawaban
– Menambah kekayaan atau aset sejarah yang dimiliki
– Menjadi sarana ilmu pengetahuan bagi warga
– Sebagai objek wisata bagi warga lokal dan luar daerah
– Objek penyampaian sebuah pemahaman tentang masa lalu kepada generasi mendatang
– Bisa memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa
– Sebagai objek penelitian atau edukasi
– Bukti nyata bahwa sejarah itu ada pada zaman dahulu dan bisa diamati peninggalannya saat ini

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 126 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat.

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 114-115 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 115,116,117 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 118-119 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 122 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 123-124 Kelas 4 SD/MI

Azis Setiawan

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jawaban Lengkap IPAS Halaman 126 Kelas 4 SD/MI yang dipublish pada 2024-03-17 di website Gurune.net

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.