Jawaban Lengkap IPAS Halaman 21 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 21 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada bacaan “Mari Refleksikan” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang “Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi” Topik C “Perkembangbiakan Tumbuhan”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 21 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 21 Kelas 4 SD/MI

Mari Refleksikan

1. Bagaimana cara tumbuhan berbunga berkembang biak?

Jawaban

Tumbuhan merupakan makhluk hidup, sama seperti yang lainnya yaitu berkembangbiak. Perkembangbiakan pada tumbuhan menggunakan benangsari dan putik. Benang sari dan putik adalah bagaian bunga sebagai alat perkembangbiakan bunga.

Benang sari sebagai alat kelamin jantan, sedangkan putik sebagai alat kelamin betina. Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki alat jantan (benang sari) dan alat betina (putik) secara bersama-sama dalam satu organ. Jadi bisa dikatakan bahwa bagian bunga ini adalah struktur reproduksi seksual pada tumbuhan yang berbunga.

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPAS Halaman 97-99 Kelas 4 SD/MI

Cara berkembang biak tumbuhan terbagi menjadi dua, yakni vegetatif dan generatif. Perkembangbiakan tumbuhan yang tidak memerlukan campur tangan manusia adalah perkembangbiakan secara alamiah. Sedangkan perkembangbiakan tumbuhan dengan bantuan manusia adalah perkembangbiakan buatan

2. Bagian bunga apa yang berperan dalam proses perkembangbiakan?

Jawaban

Bagian Bungan yang berperan dalam proses perkembangbiakan adalah bunga. Bunga memiliki dua organ reproduksi yaitu putik dan benang sari. Bagian ini merupakan alat kelamin jantan yang terdiri dari anter atau kepala sari untuk menyimpan serbuk sari, polen atau serbuk sari untuk penyerbukan, dan filamen atau tangkai sari untuk membantu proses reproduksi

3. Apa peran hewan dalam perkembangbiakan tumbuhan?

Jawaban

Peran hewan dalam perkembangbiakan tumbuhan adalah membantu penyerbukan, yakni membawa serbuk sari dan menjatuhkannya pada tumbuhan lain.

Berikut hewan yang membantu proses penyerbukan pada tumbuhan

– Lebah
– Kumbang
– Burung Kolibri
– Lalat
– Kelelawar
– Kupu-kupu
– Ngengat

4. Selain melalui serangga, menurut kalian apalagi yang bisa membantu terjadinya proses penyerbukan?

Jawaban

Hewan yang membantu penyerbukan pada tumbuhan selain serangga

Burung Kolibri
Beberapa burung juga berperan membantu penyerbukan tanaman, burung yang paling terkenal sebagai penyerbuk adalah burung kolibri. Bunga yang penyerbukannya dibantu oleh burung adalah yang memiliki kelopak melengkung, penyangga yang kuat untuk bertengger, warna cerah, dan nektar yang terletak jauh di dalam kelopak seperti bunga kelapa

Kelelawar
Kelelawar adalah hewan yang aktif di malam hari (nocturnal). Kelelawar bukan hanya membantu penyerbukan dengan nektar, tetapi juga memakan serangga yang ada pada bunga. Tanaman yang penyerbukannya paling dibantu oleh kelelawar adalah mangga, pisang, jambu biji, dan agave. Jadi, peran kelelawar sangatlah penting bagi tanaman.

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPAS Halaman 30 Kelas 4 SD/MI

5. Apa yang terjadi pada bunga setelah melakukan perkembangbiakan?

Jawaban

Setelah perkembangan terjadilah pembuahan. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan adalah terjadinya tumbuhan baru yang didahului dengan penyerbukan.

Berbeda dengan perkembangbiakan secara vegetatif, Perkembangbiakan vegetatif adalah perkembangbiakan tumbuhan tanpa proses penyerbukan. Perkembangbiakan vegetatif terbagi menjadi dua, yakni alami (tanpa bantuan manusia) dan buatan (dengan bantuan manusia)

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 21 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 5 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 9 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 14 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 16 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 20 Kelas 4 SD/MI

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.