Jawaban Lengkap IPAS Halaman 9 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 9 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya , salam giat belajar. Berikut jawaban tentang “Pertanyaan Esensial” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang “Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi” Topik B “Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan berikut hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan.

Jawaban IPAS Halaman 9 Kelas 4 SD/MI

Pertanyaan Esensial

1. Bagaimana tumbuhan mencari makanan?

Jawaban

Tumbuhan juga makhluk hidup, sama seperti manusia dan hewan tumbuhan juga membutuhkan makanan untuk dapat bertahan hidup. Namun, cara tumbuhan mendapatkan makanan berbeda dengan manusia atau makhluk hidup lainnya.

Tumbuhan dapat mendapatkan makanannya dengan cara memproduksinya sendiri. Energi cahaya dari matahari digunakan tumbuhan untuk memproduksi makanannya sendiri. Proses tumbuhan mendapatkan makanannya dengan cara menggunakan energi cahaya matahari disebut dengan fotosintesis.

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPAS Halaman 49-50 Kelas 4 SD/MI

Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan hijau. Proses fotosintesis bisa terjadi melalui proses biokimia pada klorofil tumbuhan dengan bantuan energi cahaya matahari. Selain energi cahaya matahari, fotosintesis juga membutuhkan bahan lainnya, seperti air, karbon dioksida, dan klorofil.

2. Apa perbedaan tumbuhan dan makhluk hidup lainnya?

Jawaban

Tumbuhan adalah makhluk hidup yang umumnya memiliki akar, batang, daun buah, biji, bunga. Peran tumbuhan sangat penting untuk makhluk hidup. Tumbuhan memiliki fungsi untuk menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen.

Oksigen inilah yang digunakan mahkluk hidup untuk bernapas. Selain itu, dengan adanya tumbuhan dapat membuat udara lebih bersih dan sejuk.

Perbedaannya dengan makhluk lain adalah

Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat seperti makhluk hidup lainnya. Namun, tumbuhan juga perlu makanan. Tumbuhan adalah makhluk dihidup yang mandiri. Untuk mendapatkan makanannya, tumbuhan akan membuatnya sendiri melalui fotosintesis.

Fotosintesis adalah proses yang dilakukan tanaman untuk membuat makanannya sendiri. Proses fotosisntesis tumbuhan dengan cara mengubah sinar matahari menjadi makanan atau energi. Tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri melalui proses biokimia pada klorofil dengan bantuan cahaya matahari.

Sedangkan pada Hewan untuk mencari makanan merekan akan berburu dan memangsa targetnya untuk bisa makan. Kemudian pada manusia perlu memasak atau membeli makanan untuk dirinya sendiri.

3. Mengapa fotosintesis adalah proses yang penting di Bumi?

Jawaban

Tumbuhan dapat mendapatkan makanannya dengan cara memproduksinya sendiri. Energi cahaya dari matahari digunakan tumbuhan untuk memproduksi makanannya sendiri. Proses tumbuhan mendapatkan makanannya dengan cara menggunakan energi cahaya matahari disebut dengan fotosintesis.

Sedangkan hasil dari fotosintesis adalah Oksigen ini bermanfaat bagi hewan dan manusia, agar dapat bernapas dan sel-sel tubuh tetap berfungsi dengan baik. Hidrogen adalah hasil fotosintesis yang digunakan lagi oleh tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang

Baca Juga :  Kunci Jawaban Menemukan Kata-Kata Dalam Teks “Sabana Sumba”

Sedangkan karbohidrat adalah senyawa yang terdiri atas satu atau lebih molekul gula sederhana yang merupakan bahan makanan penting dan sumber tenaga. Gula bagi makhluk hidup itu penting, karena dijadikan pasokan energi yang digunakan untuk beraktivitas sehari-harinya.

Dengan adanya fotosintesis membuat makhluk hidup bisa bernapas dan makan. Inilah yang membuat tanaman menjadi sangat penting di Bumi ini. Manusia dan hewan bergantung kepadanya.

Itulah mengapa fotosistesis sangat penting bagi di bumi.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 9 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Materi Proses Fotosintesis IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 5 Kelas 4 SD/MI
Bagian Tubuh Tumbuhan IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.