Materi Proses Fotosintesis IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Materi Proses Fotosintesis IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka – Halo sobat gurune, kali ini kita akan mengulas materi IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka BAB 1 tentang “Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi” Topik B “Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi”.

Mari, belajar Bersama!

Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi

Topik B “Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi

Pada pembelajaran sebelumnya kita telah membahas tentang bagian dari tumbuhan, dimana bagian tumbuhan terdiri dari akar, batang, daun, bunga, buah, biji. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana tumbuhan mencari makan dan untuk apa tumbuhan mencari makanan?

Terus bagaimana tumbuhan mencari makanan?

Sama seperti makhluk lainnya, tumbuhan juga membutuhkan makanan. Menurut buku Intisari Biologi Dasar (2019) karya Siti Pramitha Retno Wardhani, tumbuhan memiliki kemampuan untuk membuat makanannya sendiri. Sehingga tumbuhan disebut organisme autotrof. Tumbuhan mencari makanannya melalui proses fotosintesis.

Berdasarkan penjelasan diatas, tumbuhan mencari makanan melalui proses fotosintesis. Lalu, apa itu fotosistesis?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, fotosintesis adalah pemanfaatan energi cahaya matahari oleh tumbuhan berhijau daun atau bakteri untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat. Dari proses fotosintesis itulah tumbuhan mengahasilkan karbohidrat.

Kemudian, bagaimana proses fotosintesis pada tumbuhan? Berikut penjelasannya

Proses Fotosintesis

Pertama, jika kadar karbondioksida dan sinar matahari yang melimpah maka tumbuhan dapat melakukan fotosistesis. Kemudian stomata akan membuka untuk menyerap karbon dioksida, sedangkan klorofil akan menyerap cahaya.

Bersamaan dengan itu, air yang berasal dari bawah tanah, akan diserap oleh akar untuk dibawa ke daun. Proses terjadinya fotosintesis terjadi di daun tumbuhan, khususnya pada bagian bernama kloroplas.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal dari Cerita Garuk-Garuk

Kloroplas merupakan jenis organel plastid, yang ditemukan dalam sel-sel tumbuhan dan eukariota yang berfotosintesis lainnya. Letak kloroplas lebih tepatnya pada jaringan palisade yang berbentuk bulat atau lonjong, dan tersebar dalam cairan sitoplasma.

Kloroplas mengandung dua jenis pigmen yaitu klorofil dan karatenoid. Klorofil inilah yang memberikan tampilan warna hijau. Jadi, kloroplas adalah jaringan pembungkus klorofil yang merupakan zat hijau daun. Inilah alasan mengapa fotosintesis terjadi di kloroplas, karena terdapat zat hijau daun.

Fotosintesis bertujuan untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi oksigen dan hidrogen. Hidrogen dibutuhkan tumbuhan untuk bertumbuh dan berkembang, sedangkan oksigen dilepaskan ke luar.

Hasil Fotosintesis

Hampir semua makhluk hidup bergantung pada energi yang dihasilkan dalam proses fotosintesis. Akibatnya fotosintesis menjadi sangat penting bagi kehidupan di bumi. Lalu, apa saja hasil dari proses fotosintesis? Berikut adalah hasil dari proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan.

1. Oksigen ini bermanfaat bagi hewan dan manusia, agar dapat bernapas dan sel-sel tubuh tetap berfungsi dengan baik.

Hidrogen adalah hasil fotosintesis yang digunakan lagi oleh tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang

Sedangkan karbohidrat adalah senyawa yang terdiri atas satu atau lebih molekul gula sederhana yang merupakan bahan makanan penting dan sumber tenaga.

Gula bagi makhluk hidup itu penting, karena dijadikan pasokan energi yang digunakan untuk beraktivitas sehari-harinya.

Penutup

Demikianlah Materi Proses Fotosintesis IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. Semoga apa yang kami ulas di atas dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahun untuk sobat gurune semuanya. Jangan lupa untuk selalu belajar dan nantikan ulasan dari kami selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 5 Kelas 4 SD/MI
Bagian Tubuh Tumbuhan IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Baca Juga :  Download Rangkuman Materi US Matematika Kelas 6 SD TP 2022/2023
Pencarian Populer : buku ipa kelas 4 kurikulum merdeka yudistira

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.