Jawaban Lengkap IPAS Halaman 49-50 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 49-50 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada soal “Mari Cari Tahu” dan “Mari Refleksikan” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi tentang “Wujud Zat dan Perubahannya” Topik C “Bagaimana Wujud Benda Berubah?” C.1 Apa Itu Mencair dan Membeku?.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 49-50 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 49-50 Kelas 4 SD/MI

Mari Cari Tahu

Perubahan Wujud pada Lilin
Alat dan bahan:

  1. termometer;
  2. korek api;
  3. lilin.

Langkah Percobaan

1. Ukur suhu ruangan di sekitar kalian!

2. Nyalakan lilin, kemudian dekatkan termometer ke nyala api dan ukur suhunya (termometer tidak menyentuh api, hanya di dekatnya saja).

Jawaban

Lakukan sesuia dengan petunjuk

3. Perhatikan wujud lilin yang ada di sekitar api dan yang berada jauh dari api. Apakah ada perbedaan yang bisa kalian amati?

Jawaban
Lilin yang dekat dengan apai akan mengalami perubahan wujud dari padat menjdai cair atau meleleh dan yang jauh dari apai tidak mengalami perubahan wujud, berbeda dengan termometer yang mengalami kenaikan akibat didekatkan dengan lilin yang menyala.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Biologi SMA Kelas XI tentang Perbedaan Karakteristik Sel T dan Sel B

4. Matikan lilin lalu perhatikan apakah ada perubahan wujud lilin di sekitar api pada saat api menyala dengan wujud lilin pada saat api padam?

Jawaban
Lilin yang telah meleleh akan mengalami perubahan wujud dari cair menjadi padat atau membeku.

5. Nyalakan api pada pembakar spiritus menggunakan korek api!

6. Ambil sebatang lilin lalu panaskan lilin di atas pembakar spiritus lalu amati apa yang terjadi

Jawaban
Lilin akan mengalami perubahan wujud dengan meleleh atau mencair dari (padat menjadi cair)

Mari Refleksikan

1. Apa yang terjadi ketika lilin dipanaskan menggunakan api?

Jawaban
Lilin mengalami perubahan wujud dari padat menjadi mencair/meleleh ketika dipanaskan menggunakan api.
Lilin meleleh karena telah memenuhi energi aktivasi dan tekanan udara yang pas untuk berubah dari wujud padat menjadi wujud cair dengan menggunakan energi kalor dari api yang terdapat pada sumbu lilin

2. Mengapa lilin dapat kembali menjadi padat setelah didinginkan?

Jawaban
Lilin dapat kembali menjadi padat atau mengalami perubahan wujud daric air menjadi padat setelah didinginkan karena lelehan lilin tersebut jauh dari energi panas (api) sehingga suhunya menurun yang menyebabkan lelehan lilin tersebut akan kembali padat. Selain itu terjadi peristiwa pelepasan kalor yang mengakibatkan cairan lilin tersebut menjadi mengeras.

3. Menurut kalian apa faktor kunci yang menyebabkan suatu benda bisa berubah menjadi cair ataupun berubah menjadi padat?

Jawaban
Faktor kunci yang menyebabkan suatu benda bisa berubah menjadi cair ataupun berubah menjadi padat adalah Panas atau kalor atau Suhu.
Api merupakan sumber kalor. Jika suatu benda dipanaskan hingga temperatur tertentu benda itu bisa berubah wujud dari padat menjadi cair. Suhu yang dapat membuat lilin meleleh (mencair) dan membuat lilin membeku. Lilin yang diberikan suhu yang tinggi atau panas akan menjadi cair. Sedangkan lilin yang ditaruh di ruangan dingin akan membuat lilin membeku

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPAS Halaman 157 Kelas 4 SD/MI

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 49-50 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 41-42 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 43 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 44-45 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 48 Kelas 4 SD/MI

Azis Setiawan

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jawaban Lengkap IPAS Halaman 49-50 Kelas 4 SD/MI yang dipublish pada 2024-02-11 di website Gurune.net

Artikel Terkait

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.