Jawaban Lengkap IPAS Halaman 82 Kelas 4 SD/MI

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 82 Kelas 4 SD/MI — Hai sobatku semuanya, salam giat belajar. Berikut jawaban pada soal “Mari Refleksikan” Muatan Pelajaran IPAS kelas 4 SD/MI. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan adik adik semuanya dapat memahami materi Bab 3 tentang “Gaya di Sekitar Kita” Topik C “Benda yang Elastis”.

Lebih baik adik adik membaca dan memahami materinya terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal. Karena soal yang ada pada buku siswa berasal dari materi materi tersebut. Semakin adik adik sering membaca dan memahami materinya akan memudahkan dalam menyelesaikan soal- soalnya.

Setelah adik adik memahami materi barulah adik-adik mengerjakan soal yang terdapat dibawah ini. Sebelum adik adik mencocokkan dengan kunci jawaban yang telah kami sediakan, ada baiknya adik-adik mengerjakan dahulu soal tersebut secara mandiri maupun diskusi dengan teman.

Kami juga menyediakan pembahasan soal. Dan pembahasan jawaban lengkap IPAS Halaman 82 Kelas 4 ini hanya berfungsi sebagai pembanding dan menyakinkan jawaban adik adik semuanya dangan jawaban yang sudah adik adik kerjakan sebelumnya.

Jawaban IPAS Halaman 82 Kelas 4 SD/MI

Mari Refleksikan

1. Mengapa benda elastis bisa menghasilkan gaya?

Jawaban
Benda elastis bisa menghasilkan gaya karena benda elastis adalah benda yang lentur. Benda ini dapat mempertahankan bentuknya dan kembali menjadi bentuk semula. Saat kembali ke bentuk semua benda elastis akan memberikan gaya dorong

2. Apa pengaruh gaya pegas terhadap gerak benda?

Jawaban
Pengaruh gaya pegas terhadap gerak benda adalah Adanya perubahan bentuk menjadi lebih panjang beban sampai batas tertentu (merenggang). Gaya pegas akan berpengaruh terhadap gerak suatu benda saat beban atau gaya dilepaskan, maka benda elastis akan kembali ke bentuk semula.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Membuat Kalimat Efektif

3. Apakah kalian tahu contoh benda elastis selain karet? Apa kegunaan benda tersebut?

Jawaban
Selain karet, contoh benda elastis lainnya adalah per. Per adalah benda elastis yang banyak digunakan dalam benda pegas. Misalnya pada pulpen makanik. Per dalam pulpen mekanik bisa membuat ujung pulpen masuk dan keluar katika tombolnya ditekan.

Penjelasan

Benda elastis merupakan benda yang bisa mempertahankan bentuknya ke bentuk aslinya setelah diberi gaya. Ini karena, benda elastis dikenal sangat lentur sehingga kembali ke semula. Secara umum benda elastis akan menghasilkan gaya yang dikenal dengan gaya pegas.
Gaya pegas merupakan gaya yang terdapat pada benda pegas atau elastis sehingga membuat pegas memanjang atau memendek.

Benda elastis di dalam kehidupan sehari-hari

Trampolin
Benda elastis yang pertama ialah trampolin yang digunakan berolahraga melompat-lompat. Umumnya yang melompat atau bermain trampolin akan memantul ke atas karena gaya pegas.

Timbangan
Benda elastis yang kedua ialah timbangan yang digunakan banyak orang untuk mengetahui berat. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya gaya pegas di dalam timbangan.

Kendaraan Bermotor
Kendaran bermotor yang digunakan banyak orang juga masuk kategori benda elastis. Ini karena, motor memiliki suspensi yang berada dekat dengan roda kendaran. Suspensi membuat pengendara tetap stabil meski jalan tak rata.

Pulpen Mekanik
Pulpen mekanik yang sering digunakan para siswa di sekolah juga bagian benda elastis. Pulpen mekanik memiliki gaya pegas yang berfungsi mengeluarkan dan memasukkan ujung tinta. Umumnya pulpen mekanik menggunakan per sehingga bisa keluar masuk ketika ingin di gunakan.

Penutup

Demikian pembahasan tentang Jawaban Lengkap IPAS Halaman 82 Kelas 4 SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan diatas dapat membantu adik adik semuanya dalam belajar serta dapat dijadikan pembanding bagi jawaban yang sudah dikerjakan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berlatih agar lebih cepat dalam memahami materi. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Jawaban Lengkap IPAS Halaman 21 Kelas 4 SD/MI

Catatan  :

  1. Konten ini dibuat untuk membantu serta membandingkan dengan hasil pekerjaan sendiri.
  2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi siswa siswi untuk mengeksplorasi jawaban lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Baca Juga :

Jawaban Lengkap IPAS Halaman 75-76 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 77 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 79 Kelas 4 SD/MI
Jawaban Lengkap IPAS Halaman 81-82 Kelas 4 SD/MI

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.