Jurusan Rekam Medik dan Informasi Kesehatan

gurune.net – Jurusan Rekam medik dan informasi kesehatan . Halo sobat guru! Kali ini gurune akan membahas jurusan rekam medik dan informasi kesehatan. Rekam medik menjadi salah satu jurusan yang tidak banyak orang ketahui. Padahal jurusan ini sangat diperlukan di setiap fasilitas kesehatan.

Jurusan Rekam Medik dan Informasi Kesehatan

Jurusan rekam medik merupakan salah satu jurusan pada rumpun kesehatan.

Rekam medik atau rekam medis merupakan berkas maupun dokumen yang berisi catatan khusus terkait identitas pasien, pemeriksaan, juga pengobatan dan tindakan maupun pelayanan lainnya yang telah diterima oleh pasien tersebut pada berbagai instansi kesehatan. Sehingga, rekam medis menjadi bagian yang vital pada fasilitas kesehatan.

Melalui rekam medis seorang dokter dapat mempelajari dan mengenali kondisi pasien dengan baik dari data pencatatan riwayat penyakit, perawatan, pengobatan, dan tindakan medis lainnya yang dialami seorang pasien.

Pada jurusan ini, Sobat guru akan belajar hal yang berhubungan dengan pengkodean karena nantinya harus melakukan kode diagnosis penyakit maupun tindakan pasien dalam kode internasional.

Di jurusan ini pula, sobat guru akan mempelajari sistem pencatatan dan pelaporan yang terintegrasi dengan teknologi sistem informasi yang terus mengalami perkembangan.

Peluang Kerja Rekam Medik

Lulusan jurusan rekam medis mempunyai peluang kerja yang cukup spesifik. Sehingga sobat guru tak perlu bingung memilih profesi karena bidang rekam medis memang sudah memiliki posisi tersendiri baik di rumah sakit atau klinik. Sehingga peluang kerja lulusan rekam medik pasti tak jauh dari fasilitas kesehatan.

Daftar jurusan rekam medik terbaik di Indonesia

Di Indonesia jurusan rekam medic dan informasi kesehatan hanya ada pada jenjang D-III. Kali ini gurune akan bagikan daftar perguruan tinggi yang membuka jurusan rekam medic dan sudah mendapat akreditasi A dari BAN-PT.

Baca Juga :  Cara Menggambar Pemandangan Indah di Indonesia

Perguruan Tinggi

Jurusan

Jenjang

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang, Malang Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan

D-III

Politeknik Piksi Ganesha, Bandung Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan

D-III

Universitas Duta Bangsa Surakarta, Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan

D-III

Universitas Esa Unggul, Jakarta Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan

D-III

Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan

D-III

Universitas Dian Nuswantoro Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan

D-III

Penutup

Demikian informasi yang bisa gurune bagikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.