Benarkah Perilaku Farhan? Berikan Alasan untuk Memperkuat Jawabanmu! Jawaban PAI Aktivitas Kelompok Kelas 4 SD Halaman 50

Gurune.net – Benarkah Perilaku Farhan? Berikan Alasan untuk Memperkuat Jawabanmu! Jawaban PAI Aktivitas Kelompok Kelas 4 SD Halaman 50. Halo sobat gurune, dalam pembahasan artikel ini akan disajikan informasi tentang kunci jawaban penjelasan lengkap mengenai pertanyaan Aktivitas Kelompok Ayo berdiskusi! Farhan menghadiri pemakaman tetangganya yang berbeda agama dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD Halaman 50 Kurikulum Merdeka.

Pembahasan yang lengkap dengan kunci jawaban ini terdapat pada materi Bab 3 Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman. Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat perhatikan terlebih dahulu pernyataan serta pertanyaan di bawah, lalu jawablah soal terkait.

Pembahasan soal ini bertujuan untuk mengukur pemahaman sobat terhadap materi yang akan dibahas dalam bab ini. Mari kita simak bersama pembahasan selengkapnya berikut ini.

Aktivitas Kelompok

Ayo berdiskusi!

Materi diskusi:

Farhan tinggal di pemukiman yang penduduknya beraneka ragam agamanya. Suatu hari ada tetangga yang berbeda agama meninggal dunia. Farhan menghadiri pemakaman tetangganya tersebut.

Benarkah perilaku Farhan? Berikan alasan untuk memperkuat jawabanmu!

Tatacara diskusi:

  • Buatlah dua kelompok (pro dan kontra)!
  • Dua kelompok duduk saling berhadapan.
  • Kelompok pro menyampaikan pandangan dan argumentasinya.
  • Kelompok kontra memberikan sanggahan dan argumentasinya.
  • Kelompok lain memberikan respon (pertanyaan, tanggapan atau sanggahan).

Contoh Jawaban Pro dan Jawaban Kontra

Jawaban pro:

  1. Memang seharusnya kita saling menghormati perbedaan agama dan budaya antara satu sama lain, terutama dalam situasi seperti ini di mana tetangga Farhan meninggal dunia. Menghadiri pemakaman tetangga yang berbeda agama menunjukkan sikap toleransi dan kepedulian, serta membantu membangun hubungan yang harmonis di antara anggota masyarakat.
  2. Islam mengajarkan bahwa semua manusia adalah saudara seiman dan memiliki tanggung jawab untuk saling membantu dan menyayangi. Dalam kasus ini, tindakan Farhan menghadiri pemakaman tetangganya yang berbeda agama menunjukkan bahwa dia menjalankan ajaran Islam dengan baik dan menghargai kehidupan orang lain.
Baca Juga :  Jawaban dari Bacaan Kaptain Pattimura

Jawaban kontra:

  1. Islam mengajarkan bahwa pemakaman seharusnya dilakukan sesuai dengan ajaran agama yang dianut oleh orang yang meninggal. Dalam hal ini, Farhan seharusnya tidak menghadiri pemakaman tetangganya yang berbeda agama, karena itu bisa dianggap sebagai tindakan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip agama Islam.
  2. Meskipun toleransi dan menghargai perbedaan agama penting, menghadiri pemakaman tetangga yang berbeda agama bisa menimbulkan kesalahpahaman di kalangan umat Islam dan memperburuk hubungan antara masyarakat yang berbeda agama. Oleh karena itu, tindakan Farhan ini bisa dianggap kurang tepat dan perlu dipertimbangkan lebih lanjut.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan yang telah disajikan tentang kunci jawaban PAI Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 4 SD halaman 50 Kurikulum Merdeka Bab 3 Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Disclaimer:

  • Jawaban dan pembahasan pada postingan ini mungkin akan berbeda dengan jawaban sumber lain.
  • Jadikan postingan ini sebagai salah satu bahan referensi dalam menjawab soal bukan sebagai acuan utama dan satu-satunya.
  • Postingan ini tidak mutlak kebenarannya ya adik-adik.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.