Jurusan Teknologi Pangan Terbaik di Indonesia

gurune.net – Jurusan Teknologi Pangan Terbaik di Indonesia. Halo sobat guru! Kali ini gurune akan bagikan informasi mengenai jurusan teknologi pangan terbaik di Indonesia.

Kebutuhan pangan pasti akan tetap ada selama ada kehidupan manusia. Seiring dengan perkembangan zaman, variasi pengolahan bahan pangan juga terus meningkat. Hal ini membuat semakin banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan teknologi pangan karena peminatnya juga semakin banyak.

Jurusan Teknologi Pangan

Ilmu teknologi pangan mempelajari segala proses pengolahan bahan pangan menjadi makanan yang bisa dikonsumsi. Sobat guru akan mempelajari proses pengolahan makanan meliputi sortasi, pengawetan, pengemasan, distribusi, dengan menjaga dan memastikan hasil akhir tetap aman untuk dikonsumsi dan memenuhi standar gizi.

Jadi, Teknologi Pangan akan mempelajari semua aspek dalam ilmu pangan mulai dari fisik, biologis, maupun kimiawi. Selain itu sobat guru juga akan belajar berbagai macam hal yang berhubungan dengan proses pengolahan bahan pangan pascapanen menjadi makanan yang bisa dimakan.

Jurusan Teknologi Pangan Belajar Apa?

Karena makanan mempunyai aspek fisika, kimia, maupun biologi maka di tahun pertama, soba guru akan belajar fisika, biologi, kimia, dan dasar-dasar teknik.

Selanjutnya sobat guru akan belajar proses-proses yang digunakan untuk menghasilkan produk yang bisa dikonsumsi. Misalnya, reayasa Proses Pangan, Mikrobiologi dan Keamanan Pangan, Pangan dan Gizi, Pengemasan Pangan, Pengeringan dan Pendinginan, Teknologi Teh, Kopi dan Coklat, Teknologi Minyak Atsiri, Rempah dan Obat, Teknologi Fermentasi, Mikrobiologi Pangan dan Enzimonologi,

Karena berkaitan dengan teknologi, sobat guru juga akan belajar mengenai alat dan mesin yang digunakan dalam proses industri pangan, bagaimana merencanakan pendirian sebuah pabrik atau usaha dalam bidang pangan, serta kewirausahaan dibidang pangan.

Baca Juga :  Pengalaman di Sekolah Sesuai Sila Kedua Pancasila

Beberapa mata kuliah lain yang diperoleh pada jurusan ini adalah Satuan Operasi Industri Pangan, Evaluasi Sensori, Keamanan dan Sanitasi Pangan, Peraturan Pangan, Jaminan Pangan, Analisis Pangan, Metabolisme Komponen Pangan, Teknologi Pengemasan dan Penyimpanan Pangan, Teknologi Fermentasi Pangan, Teknologi Pengolahan Pangan, Bahan Tambangan Pangan, HACCP untuk Pengendalian Keamanan Pangan, dan lain-lain

Jurusan Teknologi Pangan Terbaik di Indonesia

Perguruan Tinggi

Jurusan Jenjang

Akreditasi

Universitas Sumatera Utara Ilmu Dan Teknologi Pangan S1 A
Institut Pertanian Bogor Teknologi Pangan S1 A
Universitas Jenderal Soedirman Teknologi Pangan S1 A
Universitas Padjadjaran Teknologi Pangan S1 A
Universitas Pasundan Teknologi Pangan S1 A
Universitas Katolik Soegijapranata Teknologi Pangan S1 A
Universitas Gadjah Mada Teknologi Pangan Dan Hasil Pertanian S1 A
Universitas Sebelas Maret Ilmu Teknologi Pangan S1 A
Universitas Diponegoro Teknologi Pangan S1 A
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Teknologi Pangan S1 Unggul
Universitas Hasanuddin Ilmu Dan Teknologi Pangan S1 Unggul
Universitas Brawijaya Ilmu Dan Teknologi Pangan S1 Unggul
Universitas Muhammadiyah Malang Teknologi Pangan S1 Unggul

sumber data : BAN-PT

Peluang Kerja Lulusan Teknologi Pangan

Peluang kerja bagi lulusan teknologi pangan sangalah terbuka lebar.

Lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri pangan terutama di bagian research and development dan juga pengawasan mutu produk.

Alumni teknologi pangan juga bisa bekerja di instansi pemerintahan seperti BPOM, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian.

Berbekal ilmu yang diperoleh di jurusan ini juga sobat guru sangat mempunyai peluang untuk menjadi wiraswasa di bidang pangan maupun supply bahan pangan.

Penutup

Demikian informasi Jurusan Teknologi Pangan Terbaik di Indonesia yang bisa gurune bagikan. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.